First Online Shopping Experience

Untuk pertama kalinya dalam hidup, gue ngerasain juga yang namanya belanja online.  Awal mulanya sih gara-gara temen kantor gue yang kebetulan mejanya sebelahan ama gue dan kalo lagi iseng dia suka banget buka2 situs online shopping buat beli tas atau baju. Trus minta pendapat gue, “Eh, In, tas ini lucu nggak?” atau “In, syalnya bagusan warna apa?” dll, pertama-tama sih masih gue jawab ala kadarnya, lama-lama penasaran juga akhirnya berbagai pertanyaan gue keluarkan, seperti :

“gimana sih caranya belanja online?”

“trus pesen barangnya gimana? Bayarnya gimana?”

“kalo udah transfer duitnya, trus gimana kita tau dia udah nerima pembayaran kita atau belum?” trus kalo kita diboongin gimana? Kalo barangnya nggak nyampe atau stoknya nggak ada gimana?” kalau cacat, gak sama ama yg di website gimana? “ and so on (oke yang ini sih pertanyaan ke-parnoan gue yah )

“trus barangnya nyampe berapa lama?”

“untungnya apa? Ruginya apa?bedanya ama beli langsung ke toko apa?”  and so on and so on.

Tapi tetep nggak mau nyoba. Alesannya sih simpel : gue ngeri. Ngeri barangnya gak nyampe tapi duit gue ilang, ngeri ditipu, ngeri cyber-crime pas login di web-nya, dll. Ditambah gue juga not into clothes, bags or shoes sampe segitunya harus pesen online, maka kegiatan online shopping ini gak pernah menarik minat gue untuk mencobanya.

Sampe suatu ketika,  lagi iseng2 browsing Twitter, gue nemu Twitternya KemangDVD, dan ternyata ini adalah nama sebuah usaha jualan DVD film2 yang konsepnya online shopping. Setelah gue follow, gue iseng liat link web mereka, dan terhubunglah gue dengan situs belanja online Tokopedia.  Intinya kalo gue mau beli DVD di KemangDVD itu, musti belanja online dan buka account di Tokopedia.

Oke, niat awal sih mau survey2 dulu, toko itu punya DVD apa aja, trus harganya berapaan, trus review dari orang-orang yang udah beli apa, sampe semua informasi detail kayak pembayaran dan pengirimannya gimana gue explore lebih jauh. Hasilnya : gue mulai tertarik. Hmm, pas liat2 katalog filmnya, ada beberapa film (banyak sih sebenernya), film yang either udah lama gue pengen nonton tapi nggak nemu2 DVDnya atau film yang udah pernah gue tonton, bagus, tapi gue nggak punya DVDnya. Akhirnya gue iseng2 bikin list dari katalog itu, trus daftar jd member, trus pesen, bayar saat itu juga (pake mobile banking) dan mulai deh tahap berikutnya : RESAH.

Oke, untungnya, mereka sangat amat rapih manajemennya. Jadi kita dapet notification e-mails gitu setiap transaksi yang berhasil, mulai dari pembayaran, hingga pengiriman dan barang udah sampe ke tangan kita. Trus bisa nulis Direct Message langsung ke pihak KemangDVD-nya untuk tanya-tanya. Sehingga rasa percaya gue dengan mereka pun secara alamiah terbangun.

Gue pesen dan bayar hari Jumat, trus dapet konfirmasi kalau semua pesenan gue ada (Aseeeeeekkkk!) 🙂 :-), trs mereka janjikan hari Selasa barang akan dikirim ke alamat kantor gue. Hari demi hari berlalu, sampailah hari Selasa, gue mulai resah. Duh mana ya kok belum nyampe2,sampe nanya2 OB dan resepsionis kantor gue kali-kali aja mereka nemu paket Tiki atas nama gue (ngarep), sampe sore ternyata nggak dateng-dateng. Asli, itu kampungan abis, karena gue sampe tanya2 ke orang kantor Tiki itu berapa hari sih sampenya, trus kalo di tengah jalan dicolong orang barangnya gimana? Dll dll intinya ngarep teteuppp tapi parno jalan terus. Hari Rabu, belum dateng juga.. Mulai was-was.. hingga akhirnya, hari ini, Kamis, tepat 6 hari sejak gue memesannya, barang tersebut sampai juga dengan selamat ke tangan gue. Yippieeee!!

Dan inilah puncaknya. Kalo kata temen gue yg hobi belanja online itu, at first memang kegiatan ini akan bikin lo parno In, cemas, was-was, pokonya nggak enakin banget. Bahkan bisa ganggu mood dan jadi sensi banget kalo barang yg kita pesen belum sampe-sampe. “Tapi lo rasain deh In sampe tu barang lo terima, lo kasihtau gue rasanya gimana ya..” BAHAHAHAAHAHAHA

Mampus gue! Dan ternyata bener bok!

Rasanya itu : RELEASE ABIS!! Kayak anak kecil yang baru dapet surprise berupa maenan dari orangtuanya. Seneng dan yang musti digarisbawahi adalah : BIKIN KETAGIHAN. Damn it. Ini nih yang gue nggak demen. Tapi kalo gue pikir-pikir, ada benernya juga sih kalo kegiatan ini bikin ketagihan, dari awal prosesnya yang bikin cemas hingga ujung2nya lega dan hepi, betapa sebuah permainan emosi yang berbahaya sih menurut gue (Tsaah, bahasa gue asik gak tuh hehe).. Belum lagi pas barangnya nyampe, barangnya dikemas dengan rapih, indah dan bikin penasaran untuk membukanya, ngeliat isinya kayak gimana, beneran oke gak kayak di katalog, trus dibahas2 deh sama temen2 (sambil agak pamer dikit hehe). Very Interesting.

Dan karena gue suka film, nggak jauh2 pesenannya teteupp DVD-DVD film-film. Actually, gue tadinya mau pesan belasan lah ya, tapi karena gue masih parno, gue pesen 8 judul film dulu, antara lain :

Serendipity, American Beauty (Dua-duanya gue udah bbrp kali nonton, menurut gw bagus banget terutama American Beauty yaa, tapi gw belum punya DVDnya), trus ada film In The Bedroom, Requiem for A Dream, Before Night Falls-nya Javier Bardem, All About My Mother–nya Penelope Cruz, Mullholland Dr, sama Y Tu Mama Tambien. Nah sisanya ini emang gue belum pernah nonton tapi gue tau dari sana-sini kalo ini film2 bagus, so gue coba beli deh.

Harganya per keping 8000, trs ongkos kirim sih flat ya, 5000 perak. Jadi paling enak emang kalo pesennya banyak hihi (next time nih tips gue praktekkin deh!). Dan pas nyampe, packagingnya lumayan banget. Lebih bagus dari DVD di lapak-lapak DVD pada umumnya, tapi udah pasti bedalah ama yang benar2 original. But those DVDs brightened up my day banget hari ini, jadi nggak sabar pengen cepet2 weekend dan melahap semua. Tadi sih pulang kantor gue coba nonton 1, Serendipity. Dan amazingly, gambarnya oke!! Walaupun subtitlenya Inggris ya udah lah yaaaaa. Pokonya gue nggak berasa rugi deh. I’m so happy happy happy.. 🙂 🙂  hihihi.. Sisa 7 DVD lagi buat gue perawanin weekend ini. Hopefully film-filmnya beneran bagus ya dan yang pasti kualitas DVD tadi juga ikutan bagus.

Kesimpulannya : gue akan melakukan kegiatan ini lagi. Mungkin dengan barang2 yang berbeda di kedepannya, tapi satu hal yang gue ambil maknanya : This activity is like a drugs. It will kill you slowly if  you can’t control it.

Oh Tuhan, kuatkanlah imanku..

5 thoughts on “First Online Shopping Experience

  1. welcome to the club, darl 😀

    kalau aye, dulu sering belanja online buat baju, aksesoris (gelang dkk) sama custom made shoes.

    akhir2 ini demen belanja buku, di bukabuku.com. lumayan, ada diskon berapa persen gituh, jadi lebih murah dari toko buku.

  2. @Oliph : hihi elo mah udah kebaca banget deh belanja nyanggak jauh2 dari apparel.. hehe oke liph, berikutnya gue coba buku deh 🙂

    @ Archita : iya sih cepet juga.. cuma agak susah ya kalo gue kan tipe konvensional, kalo ga liat barangnya dulu tuh kayaknya kurang afdol.. hehe thanks sudah mampir 🙂

Leave a Reply

