Tentang Rasa Marah Gue yang Semakin Parah

Gue sedang memendam kemarahan yang amat sangat dengan seseorang.

Kemarahan yang berlarut-larut, tidak mampu gue salurkan dan utarakan kepada orangnya langsung, akibatnya muncul rasa geregetan, dan sekarang berganti nama menjadi dendam. Sangat tidak sehat.

Ya gue tahu, emosi yang satu ini betul-betul menjadi lack gue.sesuatu yang gue yakini sudah gue bawa sejak lahir, mungkin secara genetik, tapi lebih pas kalo disebut : mukjizat (in a negative term, tapi), sesuatu yang sudah mengakar, ikut campur saat sperma dan sel telur bertemu, lalu ada rasa marah ikut nimbrung, Voila! Jadilah mahluk bernama Inayah Agustin. Kalau gue mengidap komplikasi penyakit terparah sekalipun, dan minta tolong disembuhin, yang langsung gue sebut pertama pasti : tolong sembuhkan dan hilangkan rasa marah ini jauh-jauh dari diri gue. Kenapa, karena gue curiga jangan2 gue bisa mati mendadak saking keselnya menahan marah, trus aliran darah gue mendadak mencapai ubun-ubun, gue kena stroke, trus serangan jantung saking shocknya, belum potensi kepribadian gue yang akan terpecah *anjrit masih sempet2nya drama*, potensi masuk penjara, kena SP dari kantor, digampar orang, saking nyari ributnya gue kalo lagi marah-marah.

Oke, katakan saja gue lebay, tapi ambil contoh saat ini. Ya gue gak perlu sebutkan seseorang itu siapa ya, yang pasti dia salah satu mahluk hidup di kantor gue. Motifnya kenapa gue marah juga mending lo tanya langsung ke gue kenapa, nanti gue ceritakan lengkap dari A sampe Z *yg pasti bukan di blog*, pokonya sangat-sangat silly, nggak beralasan kuat, totally not important banget deh. Yeah, gue gitu lho.. Nah karena setting-annya di kantor, gue berjuang keras menahan diri untuk nggak melampiaskan kemarahan gue. Suatu hari, gue menangis di kantor, kata orang-orang gue sedih, padahal gue lagi nahan marah, senahan-nahannya sampe dada gue sesak, muka gue panas dan tenggorokan gue berasa tercekat, kayak gak bisa nelen. Yoi sampe segitunya. Hari demi hari berlalu, ya sometimes gue nemu momen untuk melampiaskan marah gue, cuman jatohnya jd nyindir-nyindir ketus (ala gue), kadang berhasil, kadang tidak. Kadang orangnya itu ngerasa, kadang nggak. Akibatnya apa,kalo dari segi kerjaan, gue jd gampang banget capek ngomong di telepon sama klien, musti bermanis-manis sama semua orang (professionally), tapi aslinya mulut gue pengen bilang : “Anjing! Bangsattt! Tai!”, dll dll. Trus kalo nemu masalah dikit, konflik dikit ama orang lain, bisa jadi membesar gara-gara ekspresi kekesalan gue sama orang lain itu udah terkontaminasi rasa dendam gue sama orang kantor gue ini. Di rumah, nyokap sewot dikit, gue sewotnya sepuluh kali lipat ( 9 kali-nya gara-gara dendam kesumat gue), ketemu orang rese di angkot, di bis, di mall, yang nyenggol gue dikit, ato SPG yang sok akrab, gue jadi ikutan sensi. Di FB, Twitter, YM, status gue marah-marah mulu, Halah.. Ngulang pertanyaan : “parahh kaan??”

Bahkan gue sampe sering banget membayangkan : gue membunuh orang tersebut, trus orangnya mati, dan gue tertawa puas *kayak di film-film*, trus gue membayangkan gue dipecat dari kantor gue gara2 itu, gue kehilangan pekerjaan gue, tapi gue malah bilang “ Okehhh!” dengan nyolotnya *berasa gak butuh kerjaan*, dan keluar kantor tanpa rasa penyesalan. SAMPE SEGITUNYAAAAAA. Itu semua terekam alurnya dalam otak gue. Seperti imajinasi, atau mungkin delusi dan halusinasi, yah gitu deh. Nggak rasional banget kan?

Terus yang lebih aneh lagi, metode offensif gue yang kalo marah itu nyari ribut. Orangnya bales marah, gue makin seneng, *wah dapet lawan nih*, gitu bok, mikirnya. Trus orangnya bisa nyela-nyela, gue lebih bisa lagi bales nyela, trus dia gampar gue, ya gue gampar balik. Astaga, bener-bener kalo gue lagi marah ini, trus cerita sama sahabat-sahabat gue, ujung-ujungnya pasti nggak nemu jalan keluar karena guenya udah batu duluan. “Gak mau, gue mau menyelesaikan dendam gue dengan cara gue sendiri.” Gitu gue suka bilang. Jadi nyari temen buat cerita ya bener2 buat jadi tong sampah aja, numpang didenger keluh kesah gue, tapi please jangan hakimi gue, jangan salahin gue *walopun gue emang salah*, just listen to me. Nah, udah nambah jadi selfish juga kan?

Haduh, 1 bulan sejak gue bikin resolusi 2010 untuk lebih sabar, gue udah menyia-nyiakannya. My mistake.

Tapi gimana doong? Ada yang bisa bantu gue? *mulai berpikir mencari bantuan profesional*

One thought on “Tentang Rasa Marah Gue yang Semakin Parah

Leave a Reply

