Si Buta Jakarta dan Si Spasial Lemah

Sebelumnya, mohon maaf kalo postingan kali ini gue memberi kesan kurang empati. Bukan juga berniat ngomongin orang sih, tapi belakangan hari ini gue cukup ‘gatel’ untuk membahas (baca : nyela-nyela) seorang teman (yang gue yakin sih nggak baca blog gue), yang tanpa ia sadari, tingkah lakunya sudah gue anggep nggangguuuu dehh and turns to be very-very super un-important attitude. Bwahahaha *awas lebay*

Gue terangkan dulu deh ya, tentang jati diri temen gue ini. Sebut saja namanya Mawar (bukan nama sebenernya). Meskipun satu kampus ama ague, to be honest gue sih nggak merasa akrab segimananya yah sama Mawar ini. Udah peer kita beda, hobi beda, kesibukan beda, bukan yang ada gosip dikit trus cerita ke dia, lah pokoknya. Yang sama cuman area tempat tinggal kami, sama-sama di pinggiran Jakarta, serta profesi sampingan kami sebagai “bus-hunter” atau “public transportation-addict” atau “pathetic passenger” you named it, deh.. hahaha intinya, sejauh yang gue tau, kemana2, si Mawar ini masih sangat bergantung sama angkutan umum (bis, angkot, ojek), 11-12 lah sama gue. Trus kalo dari sifat2 dia kayak gimana, gue gak gitu ngeh, kalo kata temen-temen gue yang lain sih, anaknya kalo lagi ribet tuh emang suka ganggu banget bok, udah gt suka “memBAHAS” hal-hal bodoh, nah spesifiknya kayak gimana, gue gak pernah nemu jawabannya sampe akhirnya suatu hari, si Mawar ini benar-benar menguji kesabaran gue.

Suatu hari, Mawar ini ada urusan di suatu tempat dekat kantor gue. FYI, kantor gue itu lokasinya di daerah Slipi (sekitaran Slipi Jaya, Gedung BCA, Hotel Peninsula situ deeeh).. Ya walopun nggak jalan protokol yang hip, but at least everybody knows lah yaaa.. Jl. Let.Jend S. Parman, gitu lhooo.. Bwahahah.. Oke, mungkin gue maklum ya, karena pertama kali ke suatu tempat baru yang lo masih meraba-raba letaknya dimana, plus elo juga bergantung sama angkutan umum, pasti tanya sana-sini dong, naik apa kesana, turun dimana, letak gedungnya sebelah mana, dll. I did that too. So, mulailah si Mawar ini beberapa hari sebelumnya, YM-in gue :

Mawar : “ In, ke kantor lo kalo dari daerah rumah kita, naek apa ya?”

Gue       : “ Hmm, kalo gue sih naek angkot tapi 3x pindah angkot nih, bla..bla.. *jelasin angkot apa turun dimana*, tapi kalo alternatipnya, lo ke Blok M aja dulu, trus nyambung lagi sama bis yang lewatin Slipi, turun deh depan Slipi Jaya, bla.. bla.. atau naik Patas AC yg biasa kita ke kampus Atma, tapi lo turun Komdak, trus nyambung lagi naik bis ke arah Slipi / Grogol.” (SEE, UDAH KURANG LENGKAP APA COBA GUE??)

Mawar : “ Bis nya nomer berapa ya In?”

(Oke, masih sabar nih gue..)

Gue : “ Wah, gue gak gitu hapal ya, pokoknya yang ke arah Slipi / Grogol. “

(beneran gue ga hapal bo, bisnya nomer berapa aja, secara gue ke kantor naek angkot mulu, kalopun naek bis, yang gue tau Bis Patas AC 34 dari Blok M lewat kantor gue).

Poin keheranan gue dlm percakapan ini adalah :

  1. Lo bisa dong, liat kaca depan bisnya kan kebaca tuh tulisan trayeknya mana aja.
  2. Lo bisa dong tanya orang atau mastiin lagi ke kondekturnya kalo masi gak yakin, ya gue tau sih don’t talk to strangers, tapi malu bertanya, sesat di jalan, mbak..

Lanjut..

Mawar : “In, kalo misalnya gue turun di Benhil ya, gue bisa naek 213 kan ya ke kantor lo?”

Gue : “ Iya, bisa juga sih, tapi itu bis suka penuh banget..”

Mawar : “ Trus gue mau ke kantor lo, turun di Benhil, gue nyebrang dulu ke Atma atau langsung nunggu aja? *depan BRI maksudnya*”

(Gue mulai bingung gak percaya, Hellooooo, FYI, 213 itu kan trayeknya Kampung Melayu – Grogol ya bo, ya udah pasti dia musti nunggu depan Atma lah, nyebrang dulu, baru naik bus-nya. Dan gue mulai meragukan kemampuan spasial dia akan wilayah Jakarta)

Gue : “ Iya, lo nyebrang dulu, lo tunggunya depan Atma”

Mawar : “O gitu, trus gue turunnya ntar di depan Slipi Jaya ya, In?, bis-nya nggak masuk tol kan ya? Trus ntar di Slipi Jaya ituu ada jembatan penyebrangannya gak? Trus kantor lo itu seberangnya Slipi Jayanya kan ya?”

(Gue mulai bilang : Anjing!!, dalam hati. Pertama, gue perasaan udah kasihtau deh di pertanyaan lo sebelumnya, lupa ya?, Kedua, soal masuk tol apa nggak, lo bisa tanya kondekturnya, karena namanya bis ya, cuma Tuhan dan sopirnya yang tau, mau masuk tol apa gak, betul nggak tuh?, bwahahaha. Ketiga, pertanyaan soal ada/tidaknya jembatan penyebrangan itu pertanyaan gak penting sih menurut gue, karena terkesan lo males jalan kaki bok. Nih, coba misalnya lo mau ke Citiwalk, lo tanya depan Citiwalk ada jembatan apa nggak, bingung kan lo, simpelnya sih lo turun Karet trus jalan kaki / ngojek kek usaha dikit lah kalo males jalan.. Keempat, kantor gue memang seberang Slipi Jaya, but not exactly depannya persis seperti Atma dan Gedung BRI, jadi figure out sendiri deh..*mulai esmosi*)

Gue : “ Iya, Slipi Jaya, Hmm harusnya sih nggak masuk tol ya, ya lo tny kondekturnya aja, ada kok jembatan, DEKET Slipi jaya, dan kantor gue gak persis di seberangnya sih..”

(mulai males jawabnya, lebih ke bingung sih kayak ginian musti diterangin via YM. Mending dia nelpon gue, lebih lancar kan ya jelasinnya..”)

Nah itu terjadi di hari pertama..

Beberapa hari sesudahnya, nggak nyampe seminggu, si Mawar bertanya lagi bok, kali ini sumpah nggak penting banget *menurut gue* dan bikin naek darah..

Kejadiannya pas dia pulang dari kantor gue, dan bertanya gimana caranya sampe di rumah dia di daerah Ciledug.

Mawar : “ In, kalo dari kantor lo, pulang itu naek apa ya?”

(FYI, perasaan dulu gue udah kasihtau deh ke elo, menuju kantor gue naek apa aja, yah logikanya lo pulang ya naek bis yang sama gaaak sihh? *mulai geregetan*)

Gue : “ kalo yang langsung nggak ada, mending ke arah Blok M aja dulu, naik Patas AC 34 jurusan Blok M turun di Jembatan ratu Plaza, trus nyambung Patas AC 44 deh ke Ciledug”

Mawar : “ O, kalo gue mau turun di Blok M, bisa kan ya?”

(Reaksi gue dalam hati : Kamfreeet, ya bisa laaaahhh, itu mah terserah elo. Gue kan ngasih saran turun di ratu Plaza biar memudahkan aja, gak muter2 lagi pake ke Blok M dulu.. *emosi*)

Gue : “ ya bisa lah, terserah lo aja.”

Mawar : “ bayarnya berapa ya In?”

Gue : “ 3000 aja. “

Mawar : “ Lho, kok murah sih, bukannya kalo Patas AC itu 6000 ya?”

Gue : “ Iya, ongkos full-nya sih 6000, cuman karena lo naek dari Slipi, dianggepnya udah lebih dr setengah jalan, so lo cukup bayar 3000 aja..”

(sumpah ini pembahasan yang sebenernya gak perlu dipanjang-panjangin gak sih?)

Mawar : “ Oh, gitu, beneran nih ya In, lo mang pernah yah naik AC 34 itu?”

(Reaksi gue : Sialan ni anak, udah nanya, masih nyolot pula.. FYI, walopun jarang, gue pernah tuh nyobain naek AC 34 dan bener2 ditarikin ongkos 3000 doang sampe Blok M)

Gue : “ Beneeeeraan, gue ga sering sih, jarang naek 34, kalo lagi pengen lewat arah Blok M aja..”

Mawar : “ Kapan In lo terakhir kali naek 34? Jangan-jangan ongkosnya udah berubah nih ntar pas gue naek?”

(Reaksi gue : Anjrit! PERTANYAAN LO BEGO BANGET!!)

Gue : “Yaelah, paling bbrp hari yang lalu kok, ya kalo lo nggak percaya, lo kasih aja 10ribu, liat berapa yang dikembalikan ama kondekturnya..” *Nulis di YM sambil caci-maki dalam hati*

Beberapa jam kemudian, si Mawar yang tampaknya mengikuti anjuran dari gue meng-SMS,

“ In, gue udah sampe Blok M, ternyata bener ya, bayarnya 3000 aja”

DANG!!!!!

Klimaks yang menyebalkan tapi bikin gue makin pengen tereak : gebleeekkk…

Ya sekarang, apa susahnya sih dengan ongkos bis, kalo lo expect 6000, kenapa pas gue bilang lo bayarnya 3000 aja, lo gak percaya? Lo ragu? Kan aneh. Dianjurin bisa irit, kok nyolot.

Kedua, lo kan tiap hari naek bus ya kemana-mana, ke kantor gue itu juga bukan utk pertama kalinya lagi, lo gak punya PRIOR KNOWLEDGE yaaaaa? Masa udah lupa sih? Segitu parahnya lupanya, dan segitu nyebelinnya pertanyaan lo sampe orang2 esmosi *gue sih terutama*

Ketiga, gue sampe pada kesimpulan : si Mawar ini buta Jakarta dan kemampuan spasialnya lemah. Gejala ini sangat parah, sampe-sampe nularin hipertensi ke gue yang jadi sasaran sumber informasi.

Keempat, saran dari gue sih buat si Mawar ini, plis pilah-pilah lah pertanyaan lo kepada orang lain, sehingga walopun misalnya lo memang bego, lo gak akan keliatan segitu begonya hanya dengan pertanyaan2 yang lo munculkan sendiri. Kelima, well, lain kali cari orang lain aja buat jawab pertanyaan2 lo itu bisaaa?

Haduh. Itu lah bbrp dialog yg membuat gue mengerti akan makna opini temen-temen gue terhadap sosok Mawar yang katanya “suka nggak penting” itu. Setelah percakapan itu, ya naluriah aja sih, gue bawaannya jd pengen ngomongin dan bahas soal si Mawar ini ke temen-temen gue, trus kita nyela2 si Mawar deh hwahahahah jahat banget yaaa.. 😀 😀

Tapi 1 pertanyaan gue sih, minta justifikasi aja alias pembenaran :

“Jadi sebenernya, gue yang sensi-nya berlebihan, atau si Mawar yang bego-nya berlebihan?”

Ada yang bisa menjawab ?

4 thoughts on “Si Buta Jakarta dan Si Spasial Lemah

  1. Hahahahaha…
    setuju In, kemampuan spasial dia lemah…. dan pertanyaan-pertanyaan nya ga penting banget… ga nyimak jawaban-jawaban kamu 😛

    *sambil mikir* dulu kalo aku tanya2 ttg angkutan dan arah ke temenku… aku gitu ga yaaa???? Hahahahaha… tapi aku sampe dg selamat biasanya, hahahaha….

  2. Dido says:

    Kamu cerdas, sangat cerdas bahkan. Sesungguhnya kamu bisa lebih memanfaatkan kecerdasan kamu dg lbh baik…

    Ga banyak lho, orang yg memiliki kecerdasan dan kesempatan (memiliki banyak pengalaman dan pergaulan, bs sekolah, punya keluarga yg mendukung, dll) seperti kamu..

    Empati itu remeh temeh… tp sangat perlu In, meski susah. Suatu saat kita pasti membutuhkannya. Dan sebelnya pada saat kita membutuhkannya.. pada saat itulah orang2 akan mengatakan, maaf, anj***, bego, dan sebangsanya pada kita dalam hatinya.

    Mohon maaf sekiranya tulisan ini terkesan kurang empati ya. Ini karena kebodohan saya.

    Mudah2an kamu tidak lagi menjumpai, apalagi memiliki, anak, saudara, teman, bahkan orang lewat, yg seperti Mawar dan saya.

    Trims ya.

    nb : kalo udah kamu baca, mohon dihapus yak (suer, saya ga tau caranya… gaptek abizzzz)

  3. in,,kak myra ne..hehe menarik deh baca postingan km,,emg ada tuh org2 seperti si mawar,lain kli klo ngga mau di pusing-in cuekkin aja..hahaha..itu soalny cara ku yg paling ampuh utk org2 seperti mawar..

Leave a Reply

