Tentang Inception dan Misteri Mimpi di Dalam Taksi

*THIS POST MIGHT CONTAINS SPOILERS*

Gila ya, rasanya seumur-umur gue nonton film, (what i mean by nonton film disini adalah : nonton film di bioskop), baru sekarang gue ngerasain yang namanya tergila-gila, terbayang-bayang sampe kebawa mimpi, gara-gara nonton film, dan film itu adalah : INCEPTION.

Oke, gue nggak akan menceritakan film itu tentang apa, review gue kayak apa, endingnya gimana, dll nggak akan, karena kayaknya masih banyak yang lebih jago membahas detail film itu. Tapi nih, bener kata Joko Anwar dalam salah satu tweet-nya jaman dulu, yang gue inget banget, dia pernah bilang : film yang bagus itu adalah film yang bikin penontonnya lebih pinter, mengajak penontonnya berpikir terus, dan akhirnya kepikiran terus. Kira-kira begitu. Dan, yessss, gue setuju bangett, apalagi sekarang : gue officially jadi korban film bagus.

Jadi gini lho ceritanya, konon emang gue nunggu-nunggu Inception tayang tuh udah lama, gara2 liat secuil beritanya di IMDb, gue nggak tau itu film ttg apa, yang gue tau jejeran cast-nya oke-oke semua. Nah sampai tibalah 16 Juli tu film tayang di Indonesia. Gue yang udah niat nonton di hari pertama, bagai gayung bersambut dapet ajakan nonton bareng dari temen-temen sesama pecinta film yang follow-follow-an di Twitter (thanks ya, Tiko, Mas Adi dan Anggie yang udah jadi teman nontonku, 😀 ), jadilah kami nonton di Blitz. Satu hal yang mungkin belum sempat gue ceritakan ke temen-temen adalah : apa yang terjadi pada dirikyu saat pertama kali menonton Inception?

Jawabannya adalah : meres otak, apalagi jam pulang kantor tu ya gue nonton. 30 menit pertama to be honest gue belum nemu klik-nya ama ni film, baru pertengahan mulai (rada) ngerti 50% doang, tapi udah kagum sama adegan-adegan dan dialog-dialog dalam film itu yang menurut gue CERDAS ABAD 21! Dialognya tuh bikin pinter banget, jelasin dengan detail dan menyeluruh tentang mimpi, proses memasukkan ide ke dalam mimpi itu gimana, dsb dsb. Wowh.. belum lepas napas gue, cerita terus bergulir, like i need some pause moment to say : “tunggu tunggu.. bentar-bentar..”, tapi gak berhasil. Sampe filmnya kelar, gue masih loading (dan geregetan sama endingnya), penonton yang lain udah tepuk tangan. Iya, serius tepuk tangannn!!! OMG. I just saw one of the best movie ever deh kayaknya. Pas abis nonton, kita-kita masih pada bahas filmnya, endingnya, dan perdebatan between dream and reality yang nggak ada abisnya, gue sih pendengar yang baik aja deh, sambil menciptakan niat dalam hati : gue harus nonton filmnya lagi!

Oke, itu Jumat malem.  Keesokan harinya, abis jalan-jalan sama temen di Puri Mall, pas banget masih sore, gue memutuskan nonton lagi (kali ini sendirian), tu si Inception kampret. Secara gue masih penasaran ya bo, dan untungnya penontonnya gak rese’-rese’ amet meskipun penuh sih secara weekend. Pas nonton kedua, gue jadi lebih mengerti, let say 80-90% nya dari film itu. Gue juga jadi makin yakin kalo sebenernya di ending film, totemnya si Cobb berhenti dan itu adalah dunia nyata dia. Gue jadi makin jatuh cinta sama filmnya (karena efek lebih paham itu tadi), dan menikmati sekali adegan slow-motion di van pas mereka mau jatuh ke sungai, sama adegan di hotel yang melayang-layang, dan adegan kota terlipat, haaaa itu keren banget banget banget (udik ya gue?). Thanks to Hans Zimmer untuk score musicnya yang bikin gue makin nyengir-nyengir mangap-mangap pas nonton kedua kali itu. Oh my, seharian gue gak berhenti bahas film itu, di Twitter, di FB, dll.

Oke, gue mulai gila. Minggu pagi, pas bangun dari tidur, first thing comes into my mind adalah : semua adegan di film Inception, muncul terpecah-pecah kayak slide Powerpoint yang diacak di benak gue tapi gue gak bisa liat wujudnya. Trus gue kebangun dengan perasaan : “Eh, gue mau nonton Inception ya hari ini.”, gituuuu. ngerti kan? kayak ada janji gitu padahal nggak. Trus gue kebayang2 lagi kota berlipat ala Ariadne dan salju-salju, jadi banyak bengong dan males nonton TV karena semua acara langsung tiba-tiba jadi biasa aja gara2 2x nonton Inception. LOL.

Nah itu Minggu pagi. Gue pikir, kayaknya gue butuh distractions nih, apa ya.. Pas banget sorenya gue pergi trus lanjut kondangan, jadi setidaknya bisa liat-liat pemandangan gak nangkring di rumah aja, trus malem-malem baca novel bentar langsung tidur. Eeeeehhhh taunya nih ya. OMG, lo harus tau!! : gue mimpi!! mimpi apa coba?? nih mimpinya :

Gue mimpi gue lagi naek taksi, gue duduk di kursi depan, sebelah supir. Trus tiba-tiba lagi asik2 duduk, darikursi belakang masuk 2 orang cowok, tapi 2 orang ini nggak yang tereak2 gitu, masuk aja kayak penumpang biasa. Gue nya yang panik trus bilang ke mereka : “ Eh, ini udah ada penumpangnya, kalian mau apa” kira-kira gitu. Trus mereka tuh kayak nahan gue untuk keluar dari taksi gitu. Trus gue kasih ke mereka dompet gue, ngeluarin kartu ATM BCA gue sambil bilang : “ Nih, saya cuma punya duit berapa ratus ribu aja, nggak banyak, bisa di cek, jadi kalo mau ambil silahkan, tapi saya jangan diapa-apain ya.”

GITUUUUU!!!

Ih kan serem banget ya. Gue sampe kebangun, nggak inget lagi lanjutannya apa, yang gue tau pas kebangun, gue kegerahan, trus gue nge tweet tuh, cerita mimpi gue. Timeline twitter udah sepi, itu sekitar jam 2-jam 3an. Abis itu gue nggak bisa tidur lagi, selain gerah dan ngeri, tau-tau udah 05:30 aja, dan gue nyaris telat siap-siap ke kantor.

Nah pas pagi itu, gue masih nggak ngeh kalo itu efek Inception. baru deh pas di kantor, gue ceritain ke temen gue soal mimpi itu, trus temen yang satu lagi tanya2 soal Inception, baru lah gue ke-recall kembali adegan2 di film itu, dan ternyata BENER!! Inception bener-bener udah ngefek banget masuk ke alam bawah sadar gue! sampe kebawa mimpi.

Nih yang udah nonton, pada inget kan, adegan pas Cillian Murphy masuk taksi, trus ternyata nggak lama, ada 2 orang tim-nya Cobb masuk trus si Cilliannya ngerasa dia mau dirampok dan ngasih dompet beserta uangnya?? INGET KAAANNN?

Ow Em Ji. Itu settingnya sama banget sama mimpi gue. Masya Allah.

Gila nih ya, INCEPTION kampret. Skarang aja gue nulis masih keinget-inget. Pas gue tarik lagi ke belakang, oh bener juga ya, mungkin karena jeda waktu gue nonton yang pertama kali ama kedua kali gak nyampe 1×24 jam, trus di Twitter ngomongin itu, bangun tidur ngomongin itu, temen gue nelpon gue ceritain itu, semua aja gue bahas Inception. And FYI, total baru 2 film belakangan ini yang bikin gue sinting perlahan2, selain Inception, sebelumnya adalah Inglorious Basterds, dua-duanya gue tonton 2x. bahkan AVATAR aja gue cuma nonton 1x gak muncul efek psikologis apa2 di gue. Lah ini??

Kayaknya jatuh cinta dimabuk asmara nggak segininya deh.

6 thoughts on “Tentang Inception dan Misteri Mimpi di Dalam Taksi

  1. Louisa says:

    Iin.. temanku satu ini memang paling2 deh, jadi ikutan napsu nonton Inception juga gara2 dia. Tapi gw setuju dengan atribut “One of The Best Movie” untuk film ini.. whole heartedly..

  2. naomi says:

    Huahahaha! Adegannya persis bgt kayak di filmnya in. Lah, gue dua hari berturut2 mimpi di dalam mimpi. Gue butuh ditembak kayaknya biar bangun. Hihi. Sampe2 gue niaaat bgt buka buku psikologi baca lg ttg mimpi, REM, kesadaran. Yak! Bagooos, dosen aja ga mampui bikin gw belajar, film ini bisa loh. 😉

  3. finda says:

    Kalo yang bajak taksi macam leonardo tampangnya,gue sih sekalian aja minta dibawa ke mana aja,iiiin hihihi..
    Tapi emang inception *udah bener kan gue nulisnya kali ini* bikin gue deg²an ama agak² lupa napas pas nonton. Hahaha.. Paling suka adegan yang “gimana caranya supaya mereka gak melawan gravitasi?” Dan jeng jeeng jadilah di iket² kaya gitu. Kreatif bgt. Sama bagian puter otak nyari kalimat yang persuasif buat di inception ke otak Cillian Murphy. Harus jelas,lugas,mudah dimengerti dan tertanam bener² di otak dia. Macam orang marketing aja. Dan yup setuju ama labirin yg di buat Ariadne. JUARA!!

  4. gue nonton sendirian film ini, di antara hiruk-pikuknya penonton lain *ini lebay*

    nah jadi masalah ketika habis ending si totem muter-muter dan muncul credit title, gue refleks nyeletuk, “babik!” trus orang di sebelah gue nengok 😆

    rating: 10 of 5 :mrgreen:

Leave a Reply

