Film Semaput Pilihanku

Belakangan ini gue lagi demen-demennya ngumpulin film-film rom-com chick-flick dan sejenisnya.  Beberapa ada yang emang udah pernah gue tonton, tapi udah lamaaa banget, ada juga yang belom pernah sama sekali. Maka jadilah gue berburu dvd-dvd film-film bergenre tersebut setiap kali ada kesempatan ke lapak dvd. Trial pertama di suatu hari gue nonton (lagi) film A Lot Like Love, ternyata efeknya sekampret-kampretnya malem-malem ngarep gilak semaput gituu gue, eh tapi nagih. You know, that kind of feeling, ngerti kan maksud gue.. hahahaha dan ternyata si pemilik blog ini pun ikut nonton film yang sama (kebetulan banget!),  (ternyata) lagi melakukan ritual yang sama (yakni memasokiskan diri dengan nntn yang begituan hahaha), hingga di suatu hari yang indah, kami terlibat pembicaraan di bbm, dimana topik hangatnya adalah soal film-film rom-com chick-flick yang punya efek berbahaya : bikin semaput alias pengsan alias blackout.

Mulailah kita (gue dan si jeung ini) mulai menyusun list film-film apa aja yang masuk kategori itu. Berhubung belum semua film dengan genre tersebut yang bisa kami recall untuk sekedar ngingetin mood saat kami dulu menontonnya, ternyata ada banyak kesamaan diantara kami (Thanks God! Gue nggak sendirian) yakni dalam menilai diantara sekian banyak film rom-com chick flick, apa sih yang bikin film-film itu layak dikasih warning : awas semaput nggak nanggung.

Naah berikut ini beberapa ciri-cirinya (menurut kami), maap nggak banyak dan mungkin kurang spesifik, tapi ini akurat kok hehehe :

Satu, film dengan tema cerita :

Temen jadi demen (alias naksir sahabat sendiri, alias cinta plaonik yang gagal total). Contohnya : Made of Honor, My Best Friend’s Wedding, When Harry Met Sally, hmm apa lagi yaa.. (silahkan ditambahin sendiri kalo kepikiran)

Nyari Mr. or Mrs. Right tapi nggak nemu2, pada akhirnya nemu dengan cara yang tak terduga dan berbau-bau takdir Tuhan gituu deh. Contoh sakralnya : Serendipity.

Tokohnya tadinya nggak percaya cinta, trus kena batunya pas ketemu orang yang ngga terduga, tau-tau cocok, jatuh cinta dan hidup bahagia bersama selamanya (taaaaee..) ummm ini mungkin kayak How to Lose a Guy in 10 Days kali yaa..

Orang “lama” tapi baru, jadi jodoh gue eloo tooh, kemana ajaa gue.. kira2 gitu deh. Ahahahah. Contohnya ya si A Lot Like Love itu sih, walopun unsur cinta platonik juga terkandung dalam film itu.

Kedua, film yang punya soundtrack yang okee dan bisa membangun emosi penontonnya makin campur aduk. Istilahnya, kayak anestesinya kita biar pingsannya makin cepet hehehe.. Actually, gue lagi nyiapin satu postingan mendatang sih soal soundtrack2 pilihan gue, so mungkin enaknya dibahas entar aja kali ya, tapi kebayang kan film rom-com tanpa soundtrack itu kayak sayur tanpa garam, coba deh inget2 film rom-com fave kita sedikit banyak pasti ada lagu yang oke di dalem filmnya.

Ketiga, chemistry yang natural dari kedua tokoh utamanya. Kalo soal cakep mah belakangan, karena yang penting adalah gimana mereka berdua bisa bikin kita ngerasa “awww” gitu di dalem hati kalo itu kayak beneran dan “eh ini mungkin banget lhoo terjadi” (padahal nggak juga). Kayak Notting Hill, contohnya, chemistry-nya bisa bikin kita bilang kalo jadian sama artis ngetop itu bisa banget kita alamin lhoo.. nah yang kaya gitu2 tuh..

Keempat, quotes-quotes dalam film itu, menyentuh tapi nggak menggurui, lahir dari dialog-dialog yang spontan tapi entah gimana cara membawakannya catchy banget so kita jadi keinget2 terus. Contohnya satu quote dari film Made of Honor dimana Tom (Patrick Dempsey) bilang ke Hannah, sahabatnya yang mau married kalo dia sayang sama Hannah. Kalimatnya gini :“Nobody in the world makes me laugh the way you do. You’re my best friend. I just wanna be with you.” Instead of : just another “ I Love You”.. Dan yang kelima, agak subjektif sih, tapi gue percaya, bahwa semakin dekat cerita suatu film dengan kondisi yang sedang atau pernah kita alami, maka semakin cepatlah kita semaput menontonnya.

Kalo gue pribadi sih, soal film-film semaput, gue suka Serendipity ama Love Actually. Hmm, A Lot Like Love juga sudah gue masukkin ke list, i can’t think of anything else. Do you have your own list, please kindly share ya.. hehehe

Oya, ini beberapa adegan favorit dari film-film yang gue anggap ter-bikin semaput. Semoga membantu meracuni siapapun yang baca ini untuk cari dvd-nya, kalo perlu koleksiii, tonton lagi kalau lagi suntuk, dan nikmatilahhhh… indahnya khayalan dalam pingsanmu. Hehehe. Modus baru praktek sadomasokis. Selamat menonton 🙂

Btw, gue bisa senyum2 ngarep pas adegan A Lot Like Love yang ini :

A Lot Like Love (2005)

atau mimisan pas adegan Keira Knightley di Love Actually :

atau berharap kejadian yang sama seperti di film Serendipity :

Serendipity

atau gondok setengah matiii tapi mauuuu jugaaa kayak giniiii, kayak di Made of Honor :

dan dan dan.. last but not least…. yang bikin ekstra pengsan dan ngiris urat nadi, selaluuu dengan 2 film berikut ini (maap yak, yang ini sad ending bow).. hihihi :

dan ini…… 😦 😦 😦

Nah sisa pilih dah tu yee, mau semaput pelan-pelan, apa instant.. 😀

7 thoughts on “Film Semaput Pilihanku

  1. gue kok ya masih kecantol adegan “expectation vs reality”nya Tom Hansen di (500) Days of Summer. anjrit itu mah menohok pisan, euy! ahahahaha.

    • hehehehe wajar kok, gue juga suka sih 500 days of summer, krn beda ama genre2 dia sejenis, agak2 alternatif gt.. kalo buat lo, dan sebagian besar cowok, jelas menohok, kan ceritanya dr sudut pndang cowok.. hahaha.. pengalaman pribadi, susah yaa mo? 😀

  2. Romcom favoritku:
    1. Cousin, Cousine
    2. Préparez vos mouchoirs
    3. Annie’s Hall
    4. City Light
    5. Copie Conforme*

    *yang Copie Conforme keluaran tahun 2010 🙂

Leave a Reply

