Bali oh Bali, Finally!

Semoga belum basi ya buat ceritain liburan singkat ke Bali beberapa minggu lalu. Berhubung foto-foto sebagian besar terkumpul di kamera temen-temen yang lain, dan baru dapet copy-annya hari ini (soalnya gak lengkap  gimanaaa gitu kalo gak pake foto, ceile) akhirnya.. triing triing beginilah liburan 5 hari di Bali 12-16 Januari 2010 kemarin. Yang sabar yaa bacanya, this is gonna be a long and winding story(-ies) hihihi..

Latar belakang :

Ide liburan ini sebenernya udah tercetus lama, terutama dari gue dan rekan senasib seperjuangan gue, yakni si Nining. Intinya kita pengen bisa liburan bareng ke suatu tempat, dan rencana idealnya adalah pas libur akhir semester 1 dimana kita punya jadwal libur barengan full di bulan Januari. Trus soal destinasi sih sebenernya cari yang simpel aja sih, Bali karena ya common aja, plus kalo gue terakhir ke Bali itu lebih dari 10 tahun yang lalu (not counted ya, nyett alias gak ngaruh juga deh) jadi pengeeeeen bgt kesana lagi dan pengen tau Bali kayak gimana sih sekarang.

Segala pertiketan Nining dan rekan gue yang lain (jeung Finda) yang urus. Lumayan dengan maskapai merakyat itu gue dapet sekitar 700-rb buat tiket PP Jakarta-Bali udah termasuk bagasi, itu 2 bulan lebih sebelum hari H nya. Rencana besarnya adalah gini : yang ke Bali itu ada 5 orang, Gue, Nining, Enno, Finda dan Desta (pacarnya Finda), cumaaaaa keerangkatan kami yang beda2. Gue and Nining dipastikan akan tur berdua dulu dari tgl 12-14, baru mereka bertiga nyusul di tanggal 15, dan kita pulang bareng ke Jakarta tgl 16nya (kita dapet tiket berangkat paling subuh dan tiket pulang paling malem alias last flight, hihihi ga mau rugi..)

Baru sebulan terakhir, kebetulan dapet kabar kalo temen-temen sekelas gue di Klinis Dewasa jg pada mau ke bali ber-4, ada Tika, Wita, Boumb dan Tiker (selanjutnya disebut Geng Wita cs). Mereka stay di minggu yang sama dengan kami, khususnya di 2 hari tanggal 13 dan 14 Januari bisa merger antara gue Nining dan mereka (lebih murah deh nyewa mobil dsb). Asiiikkk. Udah terbayang liburan seru (walopun gak ter-planned bgt mau kemana2 aja sampe detik terakhir), beberapa hari sebelum berangkat, barulah gue mulai cari2 sewa mobil yang murah di Bali (thank God ketemu! Thanks to Boumb), hotel yang murmer di Bali, tempat makan yang cihuy dan beberapa signature places wajib kunjung lainnya.

1st day : Rabu 12 Januari 2011

Berangkat dari rumah jam 04.30 pagi untuk ngejar flight jam 06:20. Si Nining sampe nginep di rumah gw saking dia takut telat bangun, hihihi. Alhamdulillah semua lancar dan on-time kita sampe Bali sekitar jam 09:00 WITA. Langsung dijemput sama driver kita, namanya Bli Ngurah (lucuu deh Bli Ngurah ini, will told you about him later ya!) trus langsung menuju Poppies Lane dengan misi : mencari hotel murah meriah.  Agak risky juga sih sebenernya karena gue and Nining dengan pedenya gak booking hotel dulu, berhubung katanya di Poppies gak bisa booking2an alias langsung dateng aja, dan kita emang pengen survey2 juga sih mana yang oke bibit bebet bobotnya sama kantong dan standar ke-pewe-an kita berdua. Pas masuk Poppies, gak nemu hotel / losmen yang sreg, jalannya sempit banget (lebih sempit dari bayangan gue), dll akhirnya kita memutuskan nginep di daerah Legian, hotel rekomendasi dari Tommy, temen gue. Lumayan banget tuh sisa ngesot dari monumen Bom Bali, trus buat jalan2 sebenernya enak kemana2 (asal siap capek and pegel), kalo malem macet total tapiii lumayan banyak bule-bule seliweran. Kamar mandi juga di dalem, ada aer hangat dan TV, AC, dapet sarapan roti, semuanya less than 200rb permalem.

Hari pertama ini gue and Nining ke : Pura Ulun Danu di daerah Bedugul, sayang pas sampe sana hujan-reda-hujan-reda mulu, trus aer danaunya lagi pasang sehingga rada2 banjir dikit, tapi masih bisa foto2 dong pastinja.. trus lanjut ke Pura Taman Ayun, disini foto2 juga, trus ke tanah Lot, masiiih foto2 juga. Berhubung cuaca berawan jd sia2 kalo nunggu sunset, akhirnya kita langsung ciao ke hotel, beres2, trus lanjut makan di Warung Made cabang Kuta, trus jalan2 sepanjang Kuta sampe akhirnya nyangsang di Starbucks Hard Rock untuk kpi darat sama gengnya Wita yang udah dateng duluan 2 hari sebelum kita. Foto2 masih lanjutt, gue and Nining malem2 ngemil di Flapjacks,  baru gempor deh jalan balik ternyata mayan juga ke Legian hiksssss mulai berasa anak susahnya.. Oya kita juga sempet foto2 di monumen Bom Bali pas paginya (ini misi sederhana gue sih hahahaha penasran berat ama ground zeronya Bom Bali kemaren)..

Kesimpulan :

1. Legian rame, tapi toko2 udah banyak yang tutup jam 11-an malem. Blah.

2. Jalan kaki capek juga ye.

2nd day : Kamis, 13 Januari 2011

Kami merger sama geng Wita cs. Sambil nunggu dijemput, gue and Nining jalan-jalan ke arah Kartika  Plaza Discovery situ, masih sepiii gilaakkk, mati gaya, makan pagi di McD Kuta Square eeeaaa, trus pas abis dijemput, tujuan pertama terpaksa ke bandara dulu karena geng Wita kan pesennya Mandala tuh, ternyata Mandalanya bangkrut dan blom bisa refund, akhirnya beli tiket lagi buat pulang, rada ribet siiih pas disini gue udh antara gak sabar kelamaan sama kasian juga sih sama mereka.. hiks hikss *dilema*. Trsu setelah semua beres, kita lanjut ke Sukawati, belanja dulu, abis dari Sukawati ke GWK (salah satu obsesi gue yang lainnya, yakni foto di Patung Wisnu! Ahahahaha mureeee) seneng bangett pas kesini! Puas foto2 dan isi perut, lanjut ke Dreamland, maen aer sampe begooo, trus makan malem di Jimbaran. Malemnya si Tika nginep di hotel kami, dan kita jalan2 ke sepanjang Kuta lagi, dan makan di resto di hotel Mercure (lupa nama restonya).

Kesimpulannya :kalo gak ada schedule ke bandara, pasti bisa ke tempat lain, tapi ya udah lah yaaa. trus Dreamland ternyata biasa aja. Better than Kuta sih, tapi spot aer tergenang yang kotor pas menuju pantainya itu ganggu pemandangan bgt, jd joroook.. hiii.. tapi masi lumayan sepi sih pas gw kesana. trus harus pinter-pinter pilih resto di Jimbaran. Kalo bisa jangan yang cafe karena rasanya standar tp harga mahal. Berhubung resto Ramayana yg kita incer ga ketemu, akhirnya kami makan di cafe dan itu mahall.. huhuuhu..

obsesi foto di GWK

kami bersama kokoh dari cina yg mau foto bareng ama kami

3rd day : Jumat 14 Januari 2011

Paginya ke daerah Ubud dulu karena geng Wita ada yang mau rafting di Sungai Ayung, karena ngerii dan mahal pula, gue and Nining memutuskan ga ikutan, Cuma kita sempet liat medannya alias sungainya, deress juga, dan menuju ke sungainya itu musti lewatin 450 anak tangga naik turun gemporr pisannnnn… huhuhu dengkul gw sampe gemeteran saking capeknya. Setelah nunggu 2 jam, kita ke arah Kintamani, alias mau liat Danau Batur. Sebenernya ini jadi rute tersalah dan akhirnya gw sadari sebagai rute ter gak penting, karena kita hampir 3 jam perjalanan, trus pas sampe sana, Danau Baturnya sepiii dan Gunung Batur dan Gunung Agung nya juga sudah agak ketutup kabut. Huhuhu.. harusnya gak kesini yaaa langsung ke Ayana aja lebih keren pasti.. makan sore nya kita ke resto Bebek Tepi Sawah di Ubud yang kereeenn banget, dan sempet ngerasain hujan di Ubud, romantis!. Malemnya karena kecapekan, gue and Nining mencoba pijet murmer di Legian, trus makan malem di Nasi Pedes Bu Andhika, trus jalan-jalan naek taksi ke Doublesix, trus balik ke hotel.

Kesimpulan :

1. gak usah sok-sokan kuat naik turun tangga, aturannya nunggu di pos aja huhuhu *bencana rafting kagak amsyiong iye*

2. gak perlu ke danau Batur harusnyaaaaaa huhuuhu *nyesel tiada tara saking jauhnya*

4th day : Sabtu 15 Januari 2011

Berpisah dengan geng Wita karena mereka harus balik ke Jakarta. Tapi kita kedatangan Enno, Finda dan Desta yeayyyy! Finda dan Desta resmi memisahkan diri dari gue Nining and Enno, so sisa 2 hari di Bali akan jadi petualangan kami bertiga. Destinasi pertama : Bali Bird Park. Ini obsesi personalnya Nining pengen kesini berhubung bisa foto sama burung2, dan ternyata seruu banget! Meskipun mahal sih ya, masuknya 80ribu udah include ke taman reptil (cuma kami gak ke taman reptilnya soale takut ada ulernya)  foto2 doang intinya sama liat2 burung. Cuma untuk kelas kebun binatang sih buat gw ini judulnya kebun binatang elit, soalnya bersih, rapi dan koleksinya lengkap dari seluruh Indonesia sama beberapa dari luar juga burung-burungnya. A must visit lah di Bali kalo lagi nganggur2 bosen ama destinasi lain. Dari situ kita ke pantai Padang-padang di Uluwatu. Inilah best place yang tergong! Kereeeeeennn bgt!

norak dotcom nginjek Padang-padang

Katanya sih masih bagusan pantai Suluban yg sama2 di Uluwatu juga tapi kita pilih kesini aja dan so far kita puassss. Lebih ok dari Dreamland, dan buat spot foto2 juga lebih bagus (keliatan di kamera juga oke).. hihihi. Abis itu ke Ayana di Jimbaran. Maksud hati pengen ke Rock Bar tapi karena abis ujan dan angin kenceng plus ombak gede, Rock Bar-nya tutup. Alhasil kami hanya bisa muter2in Ayana Resort dan itu kereeeeeennnn banget! Mupeng deh pengen bisa ginep situ, terutama sih nyobain kolam renangnya, wakakaka. Bener2 menggoda. Enak banget kali yaa banyak duit dan bisa nginep disana.. *ngayal*

Dari Ayana trus makan malem di seafood Jimbaran (lagi), tapi kali ini akhirnya berhasil nemu resto Ramayana dan ternyata enak dan lebih murahhhhhh hahahhaa.. udangnya is the best! Dari makan malam kita langsung ke Pop! Hotel di Denpasar, pindah dari hotelnya gue and Nining sebelumnya di Legian, yang ini jauh lebih mending lah ya, meskipun gak ada pool dan serba minimalis, tapi punya fasilitas internet free sepuasnya di lobby yang sayangnya gue  cuma bisa pake 30 menit (kalo nginep lebih lama pasti make internet teruss deh disana).

5th day : Minggu, 16 Januari 2011

Hari terakhir di bali diisi dengan snorkeling di Tanjung Benoa. Sebenernya ini obsesi si Enno (dan Nining juga) yang meskipun mereka pada gak bisa berenang sama sekali tapi kepengen snorkeling wakwaaaw dan gue terombang-ambing dengan pilihan dilematis, ikutan snorkeling tapi takut 9dan males dan mahalll dan gak rela) atau nungguin 1 jam mati gaya atau ikut ke kapal doang sebagai juru foto tapi tetep bayar 50ribu.. ahahaaha.. akhirnya gue memutuskan untuk : ikutan snorkeling, which is itu pengalaman perdana gue bersnorkeling ria. Dengan merogoh kocek 200ribu (bangkrut langsung ngemis2 deh), berangkatlah kami ditemani 2 Bli yang bakal jd pemandu selama di area snorkeling nanti. Pas awal2nya hmm gue panik banget soalnya ternyata kan gak boleh napas lewat hidung tuh ya, dilengkapi dengan masker yg gede dan gue pun mengalami claustrophobic sesaat ama maskernya, alhasil meskipun udah diajarin kilat nafas dengan mulut dan ditiuptiup apalaaah gue gak ngerti, pas masuk ke aer tetep aja judulnya panik dan berontak gak mau berenang! Haaaa alhasil gw selama bbrp menit di atas kapal dan yang ada mabok laut sambil beneran muntah di atas kapal (tanya si Enno, saksinya). Abis itu setelah cooling down bbrp menit, baru deh berani nyebur lagi, dan berhasil liat ikan berwarna pelangi yg glow in the dark ihihihi tapi sumpah abis itu janji gakmau snorkeling lagi, berhubung pada dasarnya gue emang gak suka dan gak berani berenang di aer laut (kebanyakan nntn Piranha, Deep Blue Sea ama Jaws), gue gak suka efek aer laut di muka dan kulit gue serta benda2 asing yg menggelikan yg suka nempel di kaki gue (padahal cuma rumput). Oke itu lebay.

Abis itu lanjut ke sentra oleh2 nemenin si Enno, dari mulai ke toko Krisna, Planet Surf diskonan, Joger dan lanjut makan ayam betutu trus malemnya ke Naughty Nuri’s trus cabut ke bandara untuk ngejer flight terakhir jam 10 malem WITA. Semept delay 1 jam, akhirnya kami sampai dengan selamat di Jakarta jam 12 malem teng!.

Berakhir sudah lah liburan 5 hari itu. Kesan-kesan gue sih besokannya pas udah tersadar dari mimpi indah *sindrom pulang abis liburan* adalah teringat ama driver kita si Bli Ngurah, sayanggak sempet foto bareng. Dia itu sopir paling yahud se Bali, dan selama 5 hari keliatan banget proses dr yang tadinya dia anteeeeng banet sampe pas hari terakhir jadi bocor abiss (plus rada2 alayers tapi ya secara orang bali jd lucuu gt alay2nya hahahaha).. kebayang sekarang doi ngapain ya sepeninggal gadis2 rempong macem gue (dan terutama pas ada geng Wita dkk). Trus gue erbayang2 pantai padang-padang, definetely itulah tempat yg gue akan kunjungin lagi dan lagi kalo gue bisa ke Bali (lagi, someday, amiiiin).

Mungkin karena pas hari terkahir kita udah pada bingung mau kemana dan udah pada capek akumulatif sejak hari pertama, jadi keinginan untuk pulang mulai membahana, setidaknya di gue, gak ada tuh sedih2nya pisah dari pulau Bali, tapi bukan berarti gue ga menikmati liburan ini, i had lots of fun, pastinjaaa.. seneng bangett bangett karena ternyata : Bali bener2 menawarkan suka cita (sejenak) buat kita, lupa patah hati, lupa gebetan yang ga ada kabar (ciee colongan), lupa nilai ujian yang jelek, lupa kalo duit cekak, lupa semuaaa deh..  gue bahkan suka lupa hari.

Gue pasti akan kembali lagi, Bali. Suatu saat nanti. Smell ya later!

9 thoughts on “Bali oh Bali, Finally!

1. nads says:

Hahahak..geli bc lo snorkling in..
    Wktu gw kesana (pas honeymoon-cieee smbong dikit hiihii) gw jg brmain di laut, bkn hny snorkling tp Diving!!Gw sih PD aje,gw kan bs brenang..tp laki gw yg sok iye, demi cinta, dia ga bs brenang tp diving jg!! Alhasiiil..doi keminum aer laut smp keselek, gw jg hahakha.. Abis kan sulit ya mbiasakan diri nfas dr mulut, sdgkan hidung mampet total!! 😀 Ahh..tp emg Bali unforgetable bgttt.. :))

• Ahahahhaha sumpah lo nad? Untung 2 org tmn gw yg ga bs brenang itu ga nekat mau diving jg, repot dah dunia, iya bgt nad! Gw sampe kesel sendiri krn berasa rugiii ama duitnya tp gw ga maksimal,agggrrhh hahhaha. Bali masih ga ada matinya sih ya.. 🙂

2. Iin,,,,,seru banget cerita liburan muuuu, ngiriiik ngiriiikk tauk gitu aku ikut kamu ajaaa #ehhh
    hihihi aku gak kemana2 pas holiday kemaren, cuma tanah lot aja dan ke penyu island di benoa, sisanya makannnn dan belanja, btw ternyata sempet sama2 nginep dilegian ya, dan i’m totally agreed! salah bgt jalan dr legian ke kuta! kayanya waktu tahun 2008 deket gitu but ternyata aku sudah tuaaa, pas kemaren jalan ternyata baru berasa jauhnya 😀
    hihihi nice to knew your holiday story 😀

• Iyaah nggii, gw baru tau jg dr twitter kamu ke Bali jg! Di Legian jg! Hahaha gmana pulau penyu bagus ga? Urusan belanja, gue ke Krisna, Sukawati sbnrnya si ga heboh2 amet, tp bangkrutnya lbh ke makanan dan makanan! Hahaha terutama snorkeling itu jg pol bangkrutnya. But it was fun. Semoga lo jg dpt fun-nya yah 🙂

• yup, aku stay dilegian paradiso kemarin, pulau penyu standar sih, tapi yg seru pas foto sama ularnya, hihihi kamu pasti gak akan mauuu,
        curios bgt sama Pantai padang-padang deh dari cerita kamu oke bgt,
        aku gak keGWK, kemaren dilist awal tour ada tapi kita ilangin sih dan diganti dengan belanja…mule dari joger, agung bali, galuh sampe khrisna, ohhh poor meee!
        kamu snorkeling di benoaaa? awww asik tuh, kmrn pngn tapi waktunya mepet soalnya kan gue pake tour dan pas lunch kita harus off dari benoa
        dan emang yaaa, seafood-an sambil liat seaview dijimbaran emang t-o-p wlopun abis itu ujung2nya ke MCD jugaaa *bangkruttt* 😀

• Yes, pantai di skitar Uluwatu emang kereen bgt compare to Kuta ya, Padang2 airnya gradasi gitu ijo ke biru, dan masih sepi itungannya, buat berenang pass bgt. Better than Dreamland. Hahahaha iyaa banget selera mahal yaa seafood ama McD teteep. Susah dah anak Jakarta tulen *plus kalo gw tambah gampang norak dikit* hehehe

3. oahahahaha seru sekaliiiiiiii!
    iya tuh, Pura Ulun Danu emang selalu hujan-reda-hujan-reda. tapi gue liat dari foto2 lo di fb, masih mendingan banjir tapi cerah. pas kemaren gue berkabut tebal gitu ga bisa ngeliat danaunya. huuuu!