Tentang Mute, Unfollow dan Drama dunia Maya

Dari sejak pertama kali gue bikin Twitter 2 tahun lalu sampai sekarang, gue belum pernah tu yang namanya unfollow atau nge-mute orang di timeline gue. Kalo nge-block sih sering ya, biasanya kalo account-account bule gak jelas yang suka tiba-tiba jd follower entah dari mana. Gue sendiri hapal berapa jumlah follower gue dan kadang suka ngecek dia masih follow gue apa nggak ya, iseng doang, meskipun yaa kalo di unfollow suka jeng jeeng juga tapi ya udah lah yaaa..makin kesini makin bodo amet.

Sampe suatu ketika, gue mendapati kenyataan pahit gue harus berhenti memfollow teman gue sendiri yang dalam kehidupan nyata gue kenal (meskipun nggak kenal-kenal deket amet gimana gitu deh), simply karena tweet dia genggeuss pisan. Tidak hanya satu, tidak dua, tapi sampai 3 orang (eh apa 4 ya? nyet banyak juga ya..) meskipun kalau di kehidupan nyata ya kita masih berkomunikasi dan haha hihi dan ping ping bbm tapi di dunia maya, tau atau tidak tau, dia udah out of my network aja..

Gue nggak ngerti entah apa yang terlintas di pikiran gue sampe melakukan hal ini. Well, gue sih pada dasarnya nggak peduli ya ama urusan orang lain, kadang kepo, tapi kalau misalnya tweetnya doi lagi marah-marah atau galau-galau sendirian, dan sesekali, yaaa pengen tau sih kenapa, tapi better gue cari tau sendiri di timelinenya, di conversation dia, dsb pokoknya kepo sendiri ya usaha sendiri (dan oknumnya gak perlu tau dong kalo gue kepo), nah tapi kalau dia marah-marahnya tiap hari, galau-galau dan menye-menyenya tiap hari, maaaaaak, pusing juga (ternyata!!!) bacanya.

Sebut aja nih, kasus 1. Jadi ada si X dan Y, dua-duanya gue follow dan memfolback gue. Dua-duanya saling kenal sangat baik dan mereka juga kenal gue. Isi tweetnya si X manja-manja dan menye-menye gitu. Sekilas profil, doi jomblo, dan punya pekerjaan. Oke deh. Pas awal-awal sih gue masih cuek-cuek aja nih, trus lama-lama.. errrr.. skip tweet aja (alias tweet dia gak pernah gue baca2 amet, scroll atassss hehe). Nah yg gong adalah : si X ini demeeeeennnn bgt reply2 tweet sama Y, dan replynya pake RT dan pasti ada tweetlonger-nya! Dang! Dan pernah bbrp kali gue iseng cek twitlongernya, ternyata twitlongernya itu hasil pesan berantai tweet mereka berdua dari kapan tau! Haaaaaadeeehh.. males deh. Udah gitu bahasa yang digunakan si Y juga sama menye-nya kayak si X, dan bahasa bbm banget, dilengkapi dengan emoticon autotext, panggilan sayang antara keduanya, dsb dsb. Pas mulai genggeus gatel-gatel baca tweet mereka berdua, gue cerita lah ke salah satu temen gue yg juga kenal ama mereka berdua, intinya sih nanya-nanya nyinyir sekaligus nyela, dan ternyata Terima Kasih Tuhaaaaaan, temen gue ini juga merasakan hal yg sama. Merasa ter-reinforce, gue akhirnya meng-unfollow keduanya. Voila, case closed. Sampe sekarang sih gue n temen gue ini masih suka bahas ttg tweet2 mereka terutama kalo gue lagi pgn apdet, “ Eh gimana si X dan Y, masih menye-menye berdua??”..  gitu.. tapi keputusan untuk unfollow mereka sampe sekarang gue syukuri. Maap yaa X dan Y…

Kasus ke 2. Ini terjadi karena adanya ketidaknyambungan dalam hal selera nyela dan selera becandaan. Jadilah ada 1 temen gue, kalo nge tweet mostly kalo nggak nyela, marah-marah, curhat, ya becandaan (tapi sayangnya gue gak satu taste ama dia). Pokoknya nggak isnpiratif deh. Trus yang bbrp kali gue temui, dia tuh kadang suka minta di-folbek sama orang yang juga ada di timeline gue, yaa gak classy aja menurut gue (entah kenapa ya, gue tuh kalo ada orang nge-tweet minta di folbek, aslik malu sendiri bacanya. Aneh gak sih gue?). tadinya sih gue masih cuek-cuek aja, sampe suatu ketika beberapa kali dia mulai menanggapi tweet2 gue tapi nanggepinnya via bbm bok!, jadi kayak bilang, “ eh, in tweet lo kok blab la bla.. blablaa” apaa banget deh. *mulai kepancing nyinyir* yang mana menurut gue ni anak rada gak ada kerjaan bgt bbm gue cuma mau ngekritik tweet gue. Trus suatu hari gue juga lagi cerita serius nih, soal kecelakaan gitu, eh malah ditanggepin becanda ama dia, udah gitu becandaannya krik krik pula. Males deh. Oya, si kasus 2 ini juga (kayaknya) jomblo, tapi beneran bukannya gue membela diri ya, gue juga jomblo, tapi ni orang aslik jomblo lebayatun banget. Meratapi kejombloannya, dan suka over show-off dia lagi naksir seseorang dan minta di-kepoin tapi gagal. Duh ya gitu deh kira-kira (gak bisa lebih detail lagi takut ada yg ngerasa). Dan karena tweet dia suka kepanjangan sendiri, dia suka (lagi-lagi) men-twitlonger tweetnya sendiri dan buat gue itu hadoooh bok, bikin postingan blog aja deh drpd gak muat (mulai ganggu). Setelah diawali dengan nyinyir-nyinyir dengan teman yang sama akan si kasus 2 ini, dan mendapat pembenarannnn, Oke, akhirnya gue mute lah doi (masih gak tega nih buat unfollow). Tenanglah hidup gue.

Hingga yang ke-tiga. Err, yang ketiga ini kasusnya sih sebenernya lebih ke gue gak tahan aja sama labil-labilnya dia, tapi di kehidupan nyata dia bedaaaaaaaaa bgt bgt sebanget-bangetnya. Ya gue juga suka labil sih, tapi yang ini beneran lebih labil dari gue. And somehow she act like a kid, rada2  punya kebutuhan untuk diperhatikan (dan di nurtured gitu lho), errr… Yang ketiga ini sempat jadi pembicaraan hangat antara gue dan temen gue (yg sama dengan diatas), dan ternyata lagi2 temen gue ini setuju dan sama2 gak tahan ama tweetnya. Yang lebih DOH lagi, dia suka menanggapi tahap kehidupan dia dengan drama, pas jomblo, drama, pas jadian ternyata dramanya makin-makin, pas putus, makinnn tambah drama, terus begitu siklusnya. Pas lagi seneng, drama (dan gak lucu), pas lagi sedih, dramaaa kuadrat (dan asli gak empati, malah pengen noyor, pliss deh), pokoknya d.r.a.m.a. sayang banget sih sebenernya, sampe temen gue bilang, “ kalo orang-orang biasanya pencitraan di twitter,  dan menunjukkan aslinya di dunia nyata (apalagi kalo interaksi lo cukup sering ama dia), nah kalo yg ini kebalikannya. Entah kenapa ya kita kayak dikasih tau secara gamblang, ini lhoo aslinya gue lewat tweet-tweet gue.”. karena quote temen gue itulah, plus gue di usia segini dan sudah cukup pusing ama drama-drama kehidupan gue sendiri, akhirnya memutuskan untuk nge-mute dia untuk jangka waktu yang lebih lama daripada oknum di kasus 2. Gak tahan meeeen.

Hasilnya, ternyata hidup gue jadi lebih ringan. Cukup takjub si ternyata gue bisa melakukan hal ini. Mungkin juga karena setelah 2 tahun gue merasa perilaku ber-twitter gue udah berbeda dari pas awal-awal, contohnya sebisa mungkin gue mengurangi mengeluh, terutama ttg tugas-tugas dan hal-hal akademis, sebisa mungkin gue kurangin marah-marah dan ngomong kata-kata kasar, dulu gue masih suka ngomong “Anjing!” tanpa sensor dan skrg gue gak mau lagi kayak gitu. Gue juga sebenernya pengen sih gak sering-sering ngetweet karena dgn demikian gue jadi mengurangi ke-ngarepan untuk dimention, di reply atau di follow. I wish yaaaaa..

Tapi satu hal sih yg ternyata gue ambil dari hikmah memutuskan tali silaturahmi via twitter ini, bahwa ternyata semakin tambah umur, semakin gak tahan gue sama drama-drama kehidupan di sekitar gue. Drama-drama klien gue praktek institusi udah lebih dr cukup untuk bikin gue pusing. So, better stay away with any of those social network drama.

(Catatan : gambaran keempat oknum diatas sudah dimanipulasi di beberapa aspek, untuk meminimalisir ada yg ngerasa, kalo masih ada juga, ya udah lah yaa, berhubung gue gak punya media lain yg lebih privat untuk menyalurkan katarsis gue, so bodo amet mode on.)

*dibuat untuk memperingati 2 tahun gue bertwitter, sejak 18 Juni 2009* 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Tentang Mute, Unfollow dan Drama dunia Maya

  1. happy twittersary yah, in! postingan ini benar-benar membuat gue berefleksi, apakah gue sudah ber-twitter dengan sehat? (baca: tanpa menye-menye dan unyu-unyu)

  2. wahahah! setuju banget mbak! terutama bagian suka malu sendiri kalo ada orang yang folbek oh noo… *jempol* asyik nih postingannya. memperkaya penggunaan bahasa banget. (teringat ‘jomblo lebayatun’ oh yes besok praktek)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s