Belajar Benar Salah dari Abang Kenek Metromini

Tadi pas gue lagi naek Metromini mau ke Blok M, gue kebetulan duduk di kursi belakang, deket pintu keluar yg mana keneknya suka berdiri disitu. Perjalanan begitu aman sentosa sampe di depan suatu ITC, ada sepasang suami istri memberhentikan Metromini yg gue naikin itu trus naek dong ya. Naeknya pas di pintu belakang, si Bapak duduk deket gue, si Ibunya (yg gue asumsikan istrinya lah ya) duduk rada ke tengah dikit. Si Ibu menenteng beberapa kresek belanjaan yg tentunya hasil belanja di ITC tadi (terlihat dari tulisan dan alamat toko di plastik kreseknya), trus belum lagi ditambah tas si Ibu yg rada besar dan baju dia yg kembang2 mencolok lah ribetnya dia di Metromini. Kebetulan kejadiannya siang bolong jem 11:30an.
Nah baru jalan sebentar, si Bapak ini udah rempong pilih2 tempat duduk trs kayak ngomong2 ke Ibunya dgn suara agak kenceng gt (padahal Metromini lg rame ngepass gitu), sampe akhirnya mereka duduk di kursi masing2.
500 meter selepas mereka naek, si kenek nagihin ongkos dong ke si Bapak, gue berharap gue budek saat tak sengaja mendengar si Bapak bilang :

” Numpang aja, bang.”

HAAAA? *maksud lo ga bayar?* dalam hati gue bergumam begitu.

Makin intens lah gw mengamati interaksi memanas antara si Bapak dengan si kenek.

Si Kenek yg masih kalem kebingungan lalu menghampiri si Ibu istrinya yg duduk di tengah, dgn harapan mungkin ada ongkos 4000 rupiah yg diberikan oleh si Ibu. Ternyata si Ibu dengan escape-nya bilang : “Belakang, bang!”, maksudnya ya minta ke si Bapak dong. Huaaaaa. Suasana memanas.

Si kenek lalu menagih lagi ke si Bapak. Yang terjadi tanpa diduga adalah si Bapak mulai memaki2 kenek tersebut. Salah satu kalimat yg terucap dr mulut si Bapak adalah : “Masa numpang aja gak boleh?” (Semoga gue salah denger ya).

Si kenek mulai sewot (YA IYALAH!!), dia bilang : “Ya saya kan nyari setoran juga Pak. Bapak kalo ga suka ya naik Taksi aja, bisa belanja kok gak bisa bayar ongkos sih??”.
Si bapak makin panas hati, dia malah maki2 baliksi kenek. Ada penumpang yg mencoba menengahi dan kasih 5000 rupiah buat bayarin si Bapak dan si Ibu, berharap itu menyelesaikan masalah. Ternyata si Bapak malah gak suka juga dibayarin, dan diambil 5000 itu, dibalikin ke penumpang tadi dan dia memaki keneknya bilang kurang ajar bla bla dan gedor2 pintu bis minta turun. Keneknya dengan senang hati lah ya setopin bisnya.. Jreng, turunlah si Bapak lengkap dengan si Ibu yg (pura2) kebingungan sama ulah suaminya.

Seluruh penumpang terbengong2, ada yg penasaran pgn tau ada apa sih ribut2 di bangku belakang tadi?.

Selanjutnya si kenek maki2 sewot sendirian, dia merasa dia sudah bertindak benar. OH BANGET KOK BANG LO BERTINDAK DGN SANGAT BENAR!!! Gue langsung memihak si kenek dong pastinja.
Kenek nya curhat ke salah satu penumpang di deretan belakang yg jd saksi mata, inti maki2nya kurang lebih gini :

“Orang gak tau diri, masa bisa belanja gak mau bayar bis, lagak doang gede, duit ga ada. Malah marah2, ya saya sewot kan jadinya.
*tiiiiiiit sensor karena si kenek nyebut salah satu suku bangsa yg ia duga adalah suku bangsa si Bapak dan si Ibu tadi.*…lanjut : emang ya manusia itu ada-ada aja. Itu dia makanya cewek suka gampang ketipu penampilan, keren dikit aja langsung iya, padahal yang gembel malah lebih banyak uangnya lho.”

Yak si kenek mulai curhat colongan.

Gue terganggu dengan komentar si abang Kenek itu. Terganggu karena ternyata dia bisa sewot dengan begitu menggigitnya. Gue setuju absolut dengan dia, meskipun kesindir jg sih, apa gue termasuk cewek2 yg dia anggap gampang tertipu penampilan? Ha-ha-ha.

But the point is, pelajaran tentang kehidupan itu ternyata bisa lahir dr mulut seorang kondektur bis. Setidaknya dia punya moral judgement yg lebih baik daripada si Bapak dan si Ibu yg aneh berat itu tadi. Gue gatellll rasanya pengen ikut komen. Kenapa ya hareee genee masi ada aja orang yg gak bisa membedakan elo salah nyet, dan elo bener kok, bener dan salah emg masalah persepsi sih, tapi naek bis ga mau bayar trs pas ditagih marah2 itu kan SALAH ELO PAAAK.

Ah, dunia ini bener2 mau kiamat.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

One thought on “Belajar Benar Salah dari Abang Kenek Metromini

  1. wahahaha unik banget pengalamannya, emang kalo lagi di bus kota ada2 aja yang terjadi..
    gue pernah nemuin orang bayar ongkos 2000perak pake uang 100ribuan..ngotot klo nggak ada kembalian nggak mau bayar..lah..hahaha..

    btw salam kenal, nice post 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s