Criminal Minds dan Derek Morgan Always on My Mind

Gara-gara abis nonton salah satu episode basi Criminal Minds, jadi inget kalo gue belom sempet cerita disini kalo gue sukaaaaaaak banget ama serial yang satu itu. Sebenernya kalo diinget2, gue termasuk yang telat gitu deh nonton Criminal Minds, duluuu banget, gue awalnya suka nontonnya CSI, drama-drama kriminal insvestigasi gitu deh pokoknya. Inget banget tuh pas kuliah tahun kedua, sekitar semester 3an gitu, awalnya dipinjemin sama temen gue yg udah duluan nonton CSI : Las Vegas. Nah trus dicoba-coba nonton, keterusan, dan ketagihannn.. modalnya masih modal minjem dvd temen karena waktu itu di rumah belum langganan tv kabel. Lamaaaaaa banget betah nonton CSI-nya, (sampe sekarang sih masihh banget!), terutama sama CSI : Las Vegas dan CSI : NY. Bayangkan udah 10 season Vegas, dan mau ke season 7 NY (yang mana belum beredar2 dvd nya maupun tayangannya di AXN, zzzz).

Sampe akhirnya, nah ini dia gue lupa sih awalnya kenapa tau2 tergoda untuk nonton Criminal Minds. Beberapa temen2 gue udah ngomongin serial itu dan banyak dari mereka tergila-gila. Trus karena udah pasang tv kabel, gue trial deh nonton 1 episodenya, pengen tau kayak gimana. Awalnya emang terasa bedaaa banget dan kagok banget secara selama bertahun2 pakem jiwa investigasi gue sangatlah CSI-minded. Seperti ada distorsi kognitif karena di Criminal Minds kan gak perlu ada barang2 bukti dan perspektif nangkep pembunuhnya sungguh berbeda dengan CSI yang menjunjung tinggi sterilitas TKP dan pentingnya bukti meski secuil. Hihihi. Dengan tekad kuat, gue mulai pelan-pelan ngikutin dulu di TV, eh lama-lama jadi kebiasaan. Season pertama kali di Criminal MInds yang ditonton itu season 3 apa 4 gitu deh lupa. Pokoknya tau2 ada beberapa episode dimana salah satu anggota timnya BAU (Behavioral Analysis Unit, semacam cabang FBI khusus profiler, alias geng-nya Criminal Minds), namanya Derek Morgan, dan disitu dia diceritain lagi flirting2 cinta platonis gituuu deh sama Penelope Gracia, rekan kerjanya sampe harus nemenin Penelope di rumahnya karena  ada teror pembunuhan. HUAAAAA dari situ jatuh cinta langsunggggg polll sama Derek Morgan, sampe sekarang! *yak mulai gak fokus*

Bicara tentang Criminal Minds, ternyata bener kata orang-orang yg dulu pernah rekomendasiin serial ini ke gue, terutama temen2 yang emang belajar Psikologi. Bukan gimana, ini serial emang psikologiiii banget bangetan. Jadi skill mempelajari manusia lewat analisa perilaku trus dicari motif dan background si pembunuh itu ternyata sangat seru. Jadi singkat kata, buat yang belum tau gambaran Criminal Minds kayak gimana, intinya sih mereka nyari pembunuhnya tu dengan mengumpulkan informasi2 tentang caranya dia ngebunuh, trus kira2 dari caranya itu, apa sih yang dia incer, ada misi personal kah, ada trauma di masa lalu kah, dsb dst, trus liat juga daftar korbannya (yap, mostly pasti pembunuh berantai yang dibahs disini), korbannya punya kesamaan gak, kenapa dia bunuh si A, B dan C di trackback ke belakang jangan2 dulu pembunuhnya benci ama orang2dengan background kayak A, B dan C, dsb dst. Seruuu kaaan?? Hihihi.

Nah belakangan makin tereinforce gara2nya pas suatu hari lagi bimbingan laporan sama salah satu dosen, trus gue kesulitan gitu deh ceritanya pas disuruh gambarin kira2 klien gue orangnya kayak gimana. Jadilah main tebak2an ama dosen gue itu, trus ujung2nya dia nyaranin gue nonton Criminal Minds, woowwww (untung udah nonton duluan meskipun tetep aja bego). Akhirnya obrolan malah nyangsang ke tokoh favorit di serial itu. Si mbak dosen justru suka sama Aaron Hotchner, kepala geng BAU yg menurut dia lucu (well, ya oke deh mbak!), sementara gue malu2 bilang, “ saya suka Derek Morgan mbak” *nyengir* sejak itu, gue jadi dapet pembenaran bahwa serial ini emang keren dan a must see alias wajib tonton.

Kelebihan lain dari serial ini ternyata ya, biarpun udah ditonton berkali2, aura tegang dan creepy-nya itu masih terasa banget. Oiya, serial ini juga SEREM literally. Gue kalo nonton masih suka tutup kuping dan ngintip dari balik bantal, apalagi kalo malem2 dan nonton sendirian plus home alone whuaaaaa, parno banget! Mereka suka nampilin adegan2 yg kejam karena suka ada mutilasi atau darah dimana2 gitu, apalagi kalo pembunuhnya sintinggg psycho gitu. Trus kelebihan lainnya adalah, mereka fokus banget sama alur yg ada, gak drama menye2 kayak serial lain. Ya kadang sih emang disinggung soal kehidupan pribadi masing-masing tokohnya, tapi itu gak menganggu keseluruhan cerita di tiap episodenya, malah bikin penontonnya jadi jatuh simpati dan pasti punya tokoh favorit. Criminal Minds juga sebenarnya gak perlu ditonton secara linear dari season 1, kalo misalnya pas nontonnya baru2 ini pun masih bisa nyambung kok, gue aja baru nontonnya dari season 3-4-1-2-5-6, hihi.

Temen-temen gue banyak yg suka sama karakter dr Reid, soalnya masih muda, geeky, cute dan pastinya PINTAR. Emang sih dia suka stole scenes gitu, tapi kalo gue pribadi, urutan pertama so pasti Derek Morgan. Dulu ya waktu awal2 tergila2 dan nonstop maraton dvd Criminal Minds, saking mabok Derek Morgan, gue pernah mimpi jorok gitu boookkk ahahahahahhahahahaha, gak perlu diceritain lah ya mimpi joroknya gimana, pokoknya sampe nge-tuit 140 karakter yg ditulis cuma Derek Morgan 1000x, foto bbm ganti Derek Morgan, yah terokupasi gitu lah pokoknya. Gue suka sama karakter dia dan tentunya orangnya ya, soale di serial itu dia selalu terlihat serius, cool, tapi bisa so sweeeeeett banget! Tipe2 flamboyan gitu dehhh. Tapi aku sukaaak!! Trus kan ya, kalo alasan personal, lag2 emang gue gak pernah tahan kalo liat cowok berkulit coklat2 gelap gitu trus badannya oke trus suaranya berat aaaaaak! *jadi inget si you know who di bbrp postingan sebelumnya*

Semoga di season 7 (yg gue belom nonton gara2 takut bablas gak kepegang tesisnya ntar *alasaaan* haha) si Derek Morgan masih eksis dan plisss jangan kena tembak atau matik yaaaa sayang, kamu harus tetap hidup untukku *mulai gila* dan satu hal, dari serial ini sebenernya pesan moralnya : gak perlu susah2 kuliah psikologi bertahun2, cukup nonton Criminal Minds secara rutin, niscaya Anda akan mampu belajar memahami manusia bahkan hingga sisi tergelapnya. *awas lebay*

PR terakhir : coba temukan 5 (lima) persamaan dari 2 foto pria dibawah ini. UHUYY!!

Derek Morgan dan Ario Bayu (again?, yes!!)

Derek Morgan dan Ario Bayu (again?, yes!!)

Leave a Reply

