Depok dan Lapak DVD yang Tak Tergantikan

Semenjak udah nggak ngekost lagi di Depok, kadang gue masih suka kangen ama suasana dan suka duka menjadi anak kost-an dan pusingnya nyari makanan (karena kebanyakan pilihan kuliner) di Depok. Tapi selain itu, ada satu orang yang kalo gue pikir-pikir, ngangenin juga, karena orang yg satu ini langka dan sejauh ini hanya ada di Depok, orang tersebut bernama Mas Arie.

Siapakah Mas Arie ini? Mas Arie tidak lain adalah penjual DVD kawe-an (if it too harsh to say bajakan since sbnrnya kualitas gambar dvd yg dia jual udah bagus) yang mangkal di Gang Kober, Depok, sekitar 300 meter jalan kaki dari kost-an gue (maap kalo salah itung). Gue pertama kali tau tentang mas Arie ini dari adek gue yg kebetulan emang alumni UI juga dan dulu kost di tempat yg sama ama gue. Adek gue selama di Depok hidupnya tenteram salah satunya karena kehadiran mas Arie si penjual dvd. Kata adek gue, Mas Arie itu banyak langganannya dan very recommended. Bla bla bla sampe akhirnya tibalah gue resmi jadi anak Depok for almost 2 years. Inget banget waktu itu adek gue yg kebetulan lagi mampir ke Depok langsung bawa gue ke lapaknya mas Arie dan ngenalin gue ke dia ahahahah *udah ikrib nih adek gue*, trus jeng jengg gue udah terpukau karena si mas Arie : punya Blackberryyyy aja gituuuuu  (oke ini sangat judgemental *emang kenapa kalo punya?*) waww sangat update dan hitss sekalihh. Trus saat itu juga mulailah tuker-tukeran PIN, meskipun gue yakin, mas Arie gak segitu ingetnya sama gue secara langganannya pasti banyak bgt dan dia sih tipe random siapa aja pelanggannya yg mau ya di add ama dia bhuakakaka *asik juga nih networkingnya*

Sejak saat itu, gue pun kalo beli dvd mulai beralih ke mas Arie. Pertimbangan praktisnya, karena total di Depok terus, gak sempet ke Mangdu/Ambas/Raplaz trus emang gak punya langganan juga disana, kalo di mas Arie kan deket ih, kalo kenapa2 jelek atau gimana bisa dibalikin dan diganti dvdnya, protesnya juga gak jauh2 dan kayaknya jg gak mungkin kabur (secara tersohor ya bok). Mostly sih dvd2 yg dia jualin gak jauh beda kayak beli di Ambas / Ratu Plaza (kayak gue biasa beli dvd di Jakarta), cuma karena lapaknya kecil, mas Arie gak bawa banyak koleksi, terutama film2 lama dan festival gitu, dia gak sediain banyak, untung2an lah, kadang2 masih bisa nemu Silence of the Lambs atau Last Tango in Paris, tergantung rejeki lo aja sbg pelanggan hehe. Dari segi gambar bagus, kalo udah oke gambar dan teksnya, dia akan bilang dan gue asumsikan jujur karena kalo jelek pun dia bilang masih jelek dan dia akan tarik dan umpetin dari lapaknya (gak layak jual gitu).  Series2 juga ada, Korea juga ada, lebih dari lumayan untuk penghapus lara di Depok yang rawan dengan virus kebosanan.

Bedanyaaaaa, ini yah bedanya Mas Arie sama pedagang2 dvd lain yg gue tau : dia punya wawasan yang termasuk baik dalam hal film. Selama menjadi pengunjung lapaknya, sering bgt mas Arie komentar kalo film ini bagus, trs dia masukin adegan2 yg menurut dia oke tanpa harus spoiler. Mas Arie juga tau kalo film ini lagi diputer di bioskop, udah pernah diputer atau belum dsb. Dia juga tau beberapa aktor aktris film dan berita seputar film tersebut. pada akhirnya gue menyimpulkan, mas Arie ini gak cuma dagangin dan nyari untung aja tapi juga punya minat terhadap film itu sendiri, which is very good and rare laaah yaaa di dunia dvd sales hahahah.

Gue pernah compare iseng beli dvd di Depok juga dan penjualnya hanya sekedar bilang “udah ori mbak” dan sejenisnya that’s it, itupun gue susah membangun trust karena mereka kayak cuma jualan aja gitu, beda bgt ama mas Arie.  Yang hitsss lagi, mas Arie suka nge-BM gituuu tiap ada koleksi terbaru. Well, for some people yang merasa keganggu dengan BM-BM di Blackberry-nyah ya mungkin gak usah add pin-nya Mas Arie tapi dia pun BM gak rese kok. Itungannya jadi informatif karena jadi tau edisi terbaru yg bisa dibeli di lapaknya dan bisa booking juga. Gue pernah waktu itu kondisinya udah gak kost lagi dan dia nge-BM ttg dvd Parenthood season terbaru, instead of ke Ratu Plaza yg lebih terjangkau gue bela2in booking ke mas Arie dan minta temen gue untuk ambilin dulu trus ujung2nya gue ke Depok juga ngambil. Sejauh ini, gue baru 2-3x balikin dvd gue yg gak keputer di player ke mas Arie, dan alhamdulillah dvd yg gw beli di dia gak pernah lecet atau macet ditengah jalan. Mas Arie juga keep his promise, kalo dia booking-in, dia bener booking-in dan akan simpen dvd kita sampe kita ambil (tentunya dengan batas waktu tertentu la ya). Dia juga suka kasih diskon, kalo kita beli 3 dvd yg seharusnya 21ribu dia bisa korting jd 20ribu (hahaha beda sedikit yak tapi lumayan lah buat ukuran aak kost perhitungan macam gue). Konon sih dia biasanya ambil stoknya di Mangdu, trus dia naek kereta api dr Kota ke Depok dan dijual lagi deh (dengan harga tetep 7000). Dulu mas Arie sempet bilang dia mau pindah lapak dan mau konsen ngurus stand yg di ITC Depok jd langganan dia suruh pada kesana, ehh tapi gak lama balik lagi ke lapaknya, mungkin kurang prospek kali ya males juga orang masuk ITC yg sumpek hehe. Mas Arie juga suka kocak dp bbmnya bisa tiba2 poster “Libur satu hari ya” atau kegemarannya bersepeda fun bike setiap weekend di Jakarta (hasil observasi gue ajasih ini via bbm hahaha). Trus karena suka koar-koar ama temen2 di kampus, alhasil mereka gatel juga pengen beli di mas Arie and so far beberapa temen2 gue juga setuju bahwa dia one of the best dvd seller in town (Depok maksudnya, kalo se jabodetabek ya boleh diadu lah). Hehehe.

Kalau misalnya lagi mampir2 ke Depok atau emang ternyata penghuni Depok, coba kunjungi dulu lapak Mas Arie, siapatau cocok kan *bantu promosi tanpa dibayar*. Lokasinya, Gang Kober itu kalau dari arah Jakarta kan di sebrang kanan jalan, masuk aja 50 meter udah sampe lapaknya ada di sebelah kanan, gabung sama sebuah rumah kecil dan tukang jualan Es Poci. Biasanya lapaknya baru buka sekitar abis Dzuhur trus tutup jam 8 malem, kecuali sabtu dia setengah hari. Cuma kadang2 dia suka gak masuk di hari2 tertentu, random lah suka2 dia aja. Nah kalo yg gak punya pin bb-nya jadi gak tau kan, padahal dia selalu kasihtau kalo dia emang gak masuk hari itu.

Nah sekarang PR gue sih, rempongnya gue aja, kalo udah gak kost gini, udah lulus pulak, dan misi gue untuk sesegera mungkin beres dari urusan kampus dan per-Depok-an ini, dan melanjutkan hidup gue, kalo udah kayak gini, gimana caranya aku bisa move-on dari mas Arie??? Aaaaa semoga kejujuran dan hasil kerja dia memperoleh balasan yang setimpal ya. Demikian review gue tentang lapak dvd langganan gue selama di Depok, kali2 berguna kan, sekian dan terima dvd gratisan.

Ini adalah foto snapshot yg berhasil gue jepret diem2 tanpa sepengetahuan mas Arienya hihihi.

mas Arie lagi melayani pembeli

mas Arie lagi melayani pembeli

7 thoughts on “Depok dan Lapak DVD yang Tak Tergantikan

    • gang kober yg dimaksud itu gang kober yg ada es pocong / sebelah takarajima sushi. nah lapaknya mas arie in kalo masuk gangnya ada di sebelah kanan dan tampak kelihatan jelas kok dr mulut gang 🙂

      • Marco says:

        Kira kira ada yg tau gk nih bbm nya mas arie gk ya kalo ada tolong kash tau donk saya hoby nntn jg dan hoby beli dvd trims.

  1. Mas Arie yg pake baju kuning itu kan? iyaaaaa dia juga langganan gue dulu pas 4 tahun di FISIP. Waktu jaman gue sih masih cuma texting via sms, belon ada bbm ya, tapi as you wrote, bener bgt, dia satu-satunya pedagang dvd di kober yang juga cinta film dan bisa kasih rekomendasi yang oke juga loh… dulu banget gue inget tuh either film” baru, si Mas Arie ini juga rajin bawain film” lama macem Empire The Sun, Reality Bites. Keliatannya jadi hipster diantara pedagang lain yg cuma bisa bilang ‘udah ori’ dan ‘belon ori’. Eh terus waktu jaman gue gitu dia satu”nya pedagang yg punya alat pemuter dvd yg kyk discman gitu, lumayan lah bisa ngintip” dikit kualitas gambarnya.Ihhhh kalo ketemu gue, dia kira” masih inget ga yaaa #nostalgia

    • hihi iyaaah kalo dr deskripsi mu sama nih langganan kita nggi, btw update terbaru, dia skrg udh ga buka lapak lagi di Kober, tapi lebih ke jualan dvd online gt huhuhu *tetep conversation via bbm* cenggih deh mas arie ini majuuu 🙂

      • Hahahaha makin canggih, mau dong kontak bbnya #eaaaa eh tp beneran deh In, gue tuh ampe sempet mikir si Mas Arie pake susuk apa soalnya even gue lagi gak mood nonton tp kalo lewat lapaknya dia bawaannya mampir dan…. beli aja loh 😀

Leave a Reply

