Teguran Kecil dari Selembar Uang Tip

Pas weekend kemarin mampir ke toiletnya XXI Plaza Indonesia, *cuma ngaca-ngaca doang sih*, trus nggak sengaja nge-gap ada seorang ibu-ibu yang ngasih tip ke mbak-mbak yg jagain toilet itu senilai.. uang kertas berwarna biru rupiah. Gue juga sempet menangkap sekejap mata reaksi mbak-mbaknya yang tampak sangat senang dan nggak nyangka trus bilang terima kasih. Nggak mau terlalu lama melihat reaksi dia takut gak enak orangnya maluk apa gimana kan ya. Padahal ngasih tip nya sebenernya udah termasuk yg diam2 dan duitnya dilipet2 tetep aja sih masih keliatan. Gue langsung kepo deh merhatiin si ibu yg kalo dari penampilannya sih no wonder memang dia akan kasih segitu. Subhanallah banget deh. Tapiiiiiiii bagi dunia gue yang bekas mahasiswa perhitungan dan recently pengangguran plus eks karyawan yang sulit menabung susah kaya iniii.. nominal sejumlah itu sangatlah besar huwaaa apalagi untuk sebuah tip.

Gue merasa apa yang tertangkap oleh mata gue hari itu adalah sebuah pengingat kecil sih, untuk berbagi. Bahwa sebenarnya bukan nominalnya yang penting, tapi ikhlasnya, ya nggak sih hehehe. Dan gue jadi berdoa dalam hati, semoga suatu saat nanti, gue bisa kayak ibu-ibu itu… memberikan tip ke orang-orang yang mungkin selama ini enggan kita tatap atau ajak bicara lama-lama, membuat dia senang dan sukur2 bisa membantu dia meringankan beban untuk sekedar beli susu buat anaknya atau bedak dan lipstik buat dirinya sendiri… Memberi tip tanpa perlu mempertimbangkan berapa yang harus gue kasih dan tidak pernah sedikitpun merasa bersalah atau menyesal memberikannya.

Semogaaaa ya Allah. Amin.

Leave a Reply

