Ketika Nggak Bisa Move-on dari Bruce Wayne

Menanti-nanti rilisnya sebuah film seingat gue tidak pernah seantusias ini. Gue sendiri pun lupa kapan terakhir kali sebelum saat ini dimana gue bener-bener nungguuuuu banget banget banget untuk nonton satu film di bioskop sampe pada akhirnya AKHIRNYA, The Dark Knight Rises (TDKR) rilis di Indonesia, 20 Juli 2012. Gue sendiri bukan penggemar superhero2 *boro-boro* tapi ya gak anti juga, dikit-dikit tau lah as a pop-culture aja, masih mau nonton satu-dua film superhero dan dibuat terhibur oleh beberapa diantaranya, cuman jangan tanya komiknya karena gue gak pernah dan gak bisa baca komik hihihi.

Nah cuman kalo Batman, ini agak berbeda. Sepanjang lifespan kehidupan gue, diantara datang dan perginya superhero, satu-satunya yang masih teringat jelas dalam ingatan adalah Val Kilmer dan George Clooney jadi Batman, lengkap dengan Chris O’Donnell-nya, *duh anak 90an banget* dan lagu Kiss from a Rose-nya Seal bahaha.. lama kemudian tak muncul lagi smpai akhirnya jeng jeng datanglah Batman versinya Christopher Nolan dengan Christian Bale sebagai Batmannya. Dari sejak Batman Begins muncul, gue sudah tertarik dengan gaya penceritaan yang berbeda dibanding film superhero lainnya, kalo istilah anak psikologi tuh : psikologis banget hahaha. Gimana ya, lebih realis, humanis, lebih terlihat “manusia biasa”nya lengkap dengan ketakutan2 yang harus diatasi dengan pesan moral : sebelum menyelamatkan manusia, selamatkan dulu diri sendiri dari rasa takut, kurang lebih begitu. Seems so cool gak tuh.. keterusan sampe akhirnya The Dark Knight rilis dan ada Heath Ledger yg jadi Joker dan disitu gue menyimpulkan satu aspek lain : film superhero ternyata juga bisa menakutkan  dan bisa juga menghasilkan akting yang brilian. Makin-makin deh gue gak sabar sama seri ketiganya yang ternyata membutuhkan waktu 4 tahun untuk menunggunya.

Selama 4 tahun itu, juga di masa-masa lalu, gue sudah menikmati karya-karya Christopher Nolan (hampir semuanya sih kecuali film perdana dia Following, sama satu film pendek dia). Memento jadi film pertama yang gue tonton pas masa2 awal kuliah S1 dan bikin makin kagum sama keunikan manusia, secara gue belajar tentang tingkahlaku manusia. Menurut gue film itu bagus banget dan inovatif banget (dan tricky banget). Trus sempet nonton Insomnia, The Prestige sampe akhirnya Inception. Di dua film terakhir ini gue juga dibuat mangap2 haaaa kok bisa gitu dan pertanyaan2 yang menetap dalam kepala berhari2 setelahnya. Ya sebagai pemirsa yang gampang terhibur dan mudah jatuh cinta dengan ide2 pintar dan orang2 pintar, mulailah gue mencari tahu lebih jauh tentang Nolan dan akhirnya masuk list sbg salah satu sutradara favorit gue.

Trilogi Batman sebenernya muncul juga dimasa-masa dimana kegemaran gue nonton bioskop itu sedang parah-parahnya, ya sampe sekarang juga sih. Cuma bandingin dengan dulu pas masih muda belia di bangku kuliah (ceile), saat ini gue sudah lebih selektif lah kalo nonton. Diantara film yang datang dan pergi, 2 film Batman termasuk yg berkesan dengan alasan yang tadi udah gue jelasin. Tahun demi tahun berlalu sampe sekitar 2011 gue udah denger ttg seri ketiga yang disinyalir jadi seri terakhir penutup trilogi Batman dari sutradara yang sama dengan jajaran cast yang mostly sama sama 2 film sebelumnya. Huwaa siapa yang gak antusias. Empat tahun! Selama empat tahun itu gue jadi saksi banyak seremonial penghargaan untuk Heath Ledger, nonton film2nya Christian Bale dan makin kagum sama sosoknya, dan sebagai2nya (termasuk Inception yg gue tonton 3x dibioskop *rekor*). Biar makin surprise, gue memutuskan untuk tidak banyak membaca dan mencari tahu tentang cerita dan detil film The Dark Knight Rises (TDKR), kecuali menonton trailernya. Dengan trailer yang menurut gue wowww, harapan pun melambung tinggi. Yakin bakal bagus.

Penantian gue berakhir di suatu siang di hari Jumat, 20 Juli 2012. Beberapa minggu sebelumnya udah bertekad, pokoknya hanya akan nonton TDKR perdana sendirian di bioskop gak terima nobar, dan udah niat akan pake tiket freepas Premiere hadiah dari menang Nonton Maraton. OKESIP. Seminggu sebelumnya udah dimulai dengan nukerin tiket pas presale biar kebagian show perdana di hari perdana, dan tadaaaaa.. MISI BERHASIL. Hmm gue gak akan cerita ttg plot atau apapun spoiler ttg TDKR karena gue susah kalo suruh review film hahaha, gue hanya bisa bilang bahwa : penantian gue selama 4 tahun tidak sia-sia. Bener-bener gue gak nyesel deh bela-belain niat dari awal dan bersyukur sangat karena saat ini gue lagi sangat available, udah lulus dan lagi belom kerja sehingga sangat murahan untuk nonton siang hari. Mungkin karena gak baca apapun ttg spoiler dan review media luar ttg film itu yg link-linknya udah mewarnai timeline gue di Twitter, maka reaksi pas nonton pertama kali adalah : SHOCK. Kaget dan kagum bersamaan. Seperti ada yang sakit di hati, kayak nyesssss gitu gimana sihhhhhhh???? *sumpah ini gak lebay*

Bukan, bukan soal endingnya, tapi lebih ke : apapun endingnya, yang lebih menyakitkan ketika credit title muncul adalah bahwa gue seperti dihadapkan pada fakta kalau ini adalah akhir dari trilogi Batmannya Nolan, Bale dan konco-konconya. HUAAA. Sampe gemeter tangan ngetik di BB dan akhirnya katarsis dengan nelpon temen gue abis nonton filmnya bilang kalau “ kerennn bgt huhuhu *sambil linglung*”.. RESMI GAK BISA MOVE-ON deh. Sampe rumah dan semaleman setelahnya susah tidur, kerjaannya browsing2 ttg TDKR, Nolan, Bale, pandangin foto di bbm pake foto Christian Bale, semuaaa artikel gue baca, review gue baca, di twitter kayak gak ada topik lain bawaannya pengen ngomongin Batman. Intinya : stuck on TDKR. Belum ikhlas banget gitu hahahha, trus kebetulan lagi galau2nya, sabtunya ada temen yang emang belom nonton gak ada temen, trus nawarin, langsung dooong siang itu juga Sabtunya ke Blitz naik ojek cusss jadi deh 2x nntn TDKR selama 2 hari berturut-turut. Baru pas abis ke-2x ini sudah rada legaan dikit meski belum sepenuhnya sembuh dari ketidakmampuan untuk move on. Googling dan browsing2nya skrg justru semakin obsesif ke arah pribadi sih, yuu know plis jgn ketawa yah.. jadi gue sampe search semua castnya sampe directornya ada twitter resminya gak, hahahha trus liat2 foto Christian Bale dan foto2 dia ama istri anaknya hahahah, amusing banget tuh *emang bahaya deh kalo pengangguran terobsesi*, sampe akhirnya gue nemu twitter-nya istri Christian Bale, yakni Sandra Bale yang (yakin) resmi akrena isinya masih dikit dan isinya ga RT abuser tapi isi soal kegiatan dia sehari2, ya udah lah ya, trus gue followwwww, dan gue iseng tweet ke dia mention namanya dan bilang kesan2 gue ttg TDKR dan tak disangka langsung dibalas biarpun cuma THANK YOUU! kayak ini nih :

Twitter akuh dan istrinya Christian Bale muahaha

Twitter akuh dan istrinya Christian Bale muahaha

Gitu aja udah senennnngg banget2 bangetttt.. semoga aja disampein sama suaminya yah kalo ada gue jauh2 dari Indonesia yg ngefans banget hahahah *norak* Trus gue juga obrak-abrik lagi koleksi tiket bioskop gue dan masih nemuin bukti otentik berupa tiket nonton Batman Begins sama The Dark Knight.

tiket trilogi Batman

tiket trilogi Batman

Sekarang sih udah rada mendingan lah, fase tenang, harus mawas diri nih sama godaan setan untuk menontonnya lagi (bakal 3x ntar dan akan menyamakan rekor Inception yg mana adalah karya Nolan juga), hehehe.. sekarang lagi berjuang gimana biar gak bahas TDKR lagi dan gak involve dalam pembicaraan apapun ttg TDKR. Sekarang jadi bisa merasakan perasaan mereka-mereka pengemar Harry Potter yang dulu gue tertawakan penuh keheranan karena meledak hypenya di akhir seriesnya. Aaaa, aku tahu sekarang rasanya gimana mendapati cerita yang sudah kita tunggu2 pada akhirnya harus selesai. Mungkin lanjut lagi tapi bukan lagi di tangan orang yang sama. Masih belum bisa membayangkan orang lain selain Christian Bale di balik topeng Batman itu, masih gak bisa lupa imajinasi bisa berdansa dengan (pria seperti) Bruce Wayne, dan menerima kenyataan bahwa tidak akan ada lagi Christopher Nolan yang mendongengkan cerita pahlawan terbaik yang pernah gue saksikan.

Biar bagaimana pun, kalo ada emailnya, rasanya pengen ngetik dan bilang thank you, terima kasih ke Christopher Nolan. Hahaha. Semoga dia panjang umur dan gak makan banyak MSG. I am totally in awe.

Leave a Reply

