Conjuring dan Spot-Spot yang Bikin Parno

Pengalaman menonton film horror sesungguhnya bukanlah pengalaman yang menyenangkan buat gue yang penakut akut ini. Cuma seringnya karena udah penasaran duluan, ya diusahakan banget gimana caranya biar bisa nonton (dan nggak sendirian). Kemarin malam akhirnya rasa penasaran terpuaskan abis nonton The Conjuring sama beberapa temen 1 divisi, akhirnyaaa.. padahal dari awal udah takut nggak mau liat trailernya dan malah nanya2 detil ceritanya biar bisa prepare kalo nanti nonton trus setannya muncul apa gimana hehehe. Gue nggak akan bahas soal filmnya sih (karena udah pasti kalo ditanya bagus apa nggak = gw bingung jawabnya, kalo ditanya serem apa nggak = gue pasti akan bilang serem *subjektip*). Tapi gue jadi kepengen share aja mengenai hal-hal yang menurut gue nyeremin dan membuat gue jadi males nonton film horror atau jadi jilbaban pake cadar pashmina selama nonton film horror.

Pertama, gue itu paling parno sama yang namanya koridor. Koridor hotel, koridor rumah sakit, koridor apa aja deh sebut, pokoknya sebuah bagian dr bangunan yg berwujud lorong panjang (baik sempit maupun luas), belok-belok, trus ada pintu2 ketutup, penerangan minim (kalo lampunya terang pun juga malesin sih kadang) dan nggak ada orang alias sepi. Salah satu yang bikin gw males nginep sendirian di hotel itu tu ya karena soal koridor ini. kayaknya kalo gue noleh ke kanan, berasa di kiri ada orang, kalo gue jalan, berasa di belakang ada yang ngikutin, kalo gue belok, berasa akan salipan ama entah siapa, creepy dan berpotensi bikin kaget. Dulu gue inget pas nonton CSI, di salah satu episodenya, yang ceritanya ada pembunuhan di sebuah hotel room, yang deket ama emergency exit, mereka punya teori kalo kamar yg letaknya mojok dan deket sama emergency exit itu berpotensi besar jd TKP pembunuhan dan sejenisnya, nah gara2 itu juga (lagian masih keinget aja sik teori itu) gue jadi makin was was ama yang namanya koridor.

Kedua, gue juga parno sama wastafel bercermin. hihihihi. ini di rumah gue juga ada sih. tau kan adegan2 film horror yang kalo kita lagi nunduk, trs kepala tegak ngeliat kaca eh tau2nya hantunya (atau pembunuhnya) muncul di belakang kita dan keliatan dari kaca? naaahhhhh itu dia yg nyeremin. Itu makanya gue kadang lebih suka kalo gosok gigi atau cuci muka tu di dalem kamar mandi sekalian, meskipun belakangan malah lebih sering di wastafel sih, tapi ngakalinnya adalah dgn nyalain lampu yg terang atau sambil nyalain tv biar ada suara ramenya hehehe. Oya, wastafel yang ada di dalam kamar mandi kamar hotel juga suka bikin parno, apalagi kalo abis mandi air panas trus kacanya berembun trus harus dilap, hiiii.. (tau kan ngebayanginnya udah ada penampakan apaa gt di belakang kita). Ngomong-ngomong soal wastafel, dulu pas kost di Depok, kost-an gw kan emang terdiri dari 2 rumah gt kan ya, di bbrp spot pasti ada wastafel, dan berhubung sistemnya adalah kamar mandi luar yg share gt, biasanya tu wastafel diletakkan di depan deretan pintu kamar mandi. Pas kamar gue masih di lantai atas, udah lah itu sepi, gue suka parno karena sebelah wastafelnya jendela tanpa teralis yang kalo malem gak keliatan apa2 alias gelap kebon gitu dan si wastafel ini letaknya di belokan depan dua buah kamar mandi yang kalo lagi gak dipake ya kosong gelap (gak dinyalain lampunya) dan pintunya suka kebuka. Walopun alhamdulillah selama gue kost gue nggak pernah nemuin kejadian aneh sih, knock knock amit2 yaa jangan sampe. Nah pas gue pindah di kamar kost di lantai bawah, walopun lebih rame deket kamar mbak yang punya kost-an, letak kamar mandinya mayan lah,  jalannya. Trus sebelahan sama pintu ke tempat jemuran yang of course di halamannya dong, dan kalo malem gelap. Alhasil kalo gelap dan udah malem, gue nggak bisa jemur baju (gue tuh dulu suka pulang dari kampus dan jalan2 sekitar Depok kan suka abis Magrib yaa sampe kost-an, dan mandi dong, abis itu suka naro 1 baju gue yg abis gue cuci sendiri, jadilah suka parno kalo lewat wastafel sampe halaman jemuran itu). gara-gara nonton The Conjuring yang ada adegan jemur seprei digantung terbang2 trus rumahnya punya jendela2 yang gede gitu, gue jadi inget kost-an gw dulu. (walopun kalo dr segi bentuk bangunan beda banget sih hehehe)

Ketiga, yang juga gue suka creepy itu adalah jendela dengan pemandangan kebun. Di kamar gue, jendelanya langsung menghadap ke depan rumah yg mana itu masih berupa kebun tak terawat, kalo lagi pagi2 trus hujan2 adem gitu sih enak ngeliatnya, tapi kalo malem, dan rumah sepi, gue suka males liat2 ke jendela, padahal Alhamdulillah gak pernah ada kejadian apa2 sih selama ini, tapi parno aja.  Trus entah kenapa emang gw males, emak gue males atau emang karena gak gitu penting2 amet, gorden jendela gue tuh ga lengkap cuma ada 1 sisi aja, sementara sisi yg lain cuma tirai putihnya doang, keuntungannya sih biar nggak gelap2 amet dan cahaya masih masuk, ruginya kalo lagi pas abis nonton film thriller (bahkan CSI atau Criminal Minds), suka jadi parno sendiri, apalagi abis nntn The Conjuring.

Kurang lebih tiga itu tuh spot-spot yang bikin gue jadi parno. Gak sampe mengganggu kehidupan sosial yang gimana banget sih, apalagi kalo rame2 di tempat tersebut jadi bisa lupa dan terbiasa. Cuma kalo lagi sepi sendirian #kode jadi suka mengingat2 yang nggak2, lebay yah. Balik lagi ke tontonan horror kemarin malam, disisi lain gue selalu bersyukur sih kalo misalnya bisa nntn film horror di bioskop. kenapa? karena kalo udah keluar di dvd, gue hampir pasti gak bakal nonton sama sekali karena malah jadi parno kalo nonton di rumah (dengan keterangan spot2 diatas), trus gue juga pasti kan harus ngajak temen ya kalo nonton horror di bioskop, jadi biarpun segimana hits nya tu film, kalo gue gak ada temennya, ya wassalam.. Sayang banget sih sbnrnya ada bbrp horror atau thriller klasik yang gue belom nntn cuma karena gue takut dan entah kapan dapet keberanian untuk itu. Bener kata pepatah : fear only left you nowhere. Semoga aja gue bisa lebih berani dan semoga juga gue nggak dikasih kesemptana ngalamin hal-hal yang klenik, Amin.

One thought on “Conjuring dan Spot-Spot yang Bikin Parno

  1. Idiiiih spot2nya bener banget iiiiiiin! Gw juga males banget sama tiga hal itu. Lorong/koridor? Otomatis bikin inget the Shining. Kaca wastafel berembun? Selalu inget film It. Jendela madep kebun? Ya emang gw juga parnoan sih dasarnya.
    Makanya ini suami gw ngajakin nonton Conjuring gua mah ogaaaaaah!

Leave a Reply

