Kencan Ala Italia Hingga Ke Lapak Buku Sastra

Di saat orang-orang mayoritas ternyata masih banyak yang masuk kantor di tanggal merah, kantor kami (gue dan Dodot, dalam hal ini hehe) malah alhamdulillah libur dan bahkan ga dipotong cuti tahunan, yayyness. Akhirnya seperti rencana bbrp hari sblmnya krn emang pengen ketemuan dan spend time bareng, kami pun sepakat untuk late lunch di sekitaran Bintaro, kebetulan Dodot lagi nginep di rumah budenya di Ciputat jd gak gt jauh lah meeting pointnya.

Abis zhuhur kami janjian di Bintaro Plaza, trus dari sana naik taksi sampe TKP pertama yakni…… SIGNORA PASTA. Pemilihan TKP ini sebenernya dilatarbelakangi oleh cerita yang cukup panjang. Gue udah sering denger ttg Signora Pasta dari temen gue Yasintha, trus kebetulan mas Aryo, supervisor gue di kantor juga ternyata tahu dan udah pernah nyoba dan katanya sangat recommended (enak rasanya, plus authentic Italian banget). Cumaaaa, berhubung lokasinya di Cirendeu (jauh dari rumah gue dan Dodot, dan gue masih buta lokasi tepatnya), gue pun belum sempet2 nyoba. Sanpe akhirnya gue tau kalo tu Signora buka cabang di Bintaro. Nahhh, problemnya adalah di Bintaro sebelah mana. Gerilya mencari tau pun dimulai, gue googling, ngecek twitter search, tapi entah kenapa dudulnya gak nelpon Signora Bintaro-nya langsung ;-))) Sampe suatu hari, kebetulan lagi main ama Dodot ke Ciputat, gue nekat minta temenin ke Signora walopun gue saat itu bener2 ga tau lokasi persisnya di Bintaro bagian mana. Gue udah nanya Nining (temen gue yg rumahnya Bintaro), eh dia gak tau juga, trus info yg gw dapet katanya sebelah sini, patokannya ina inu, dan dudulnya keukeuh saat itu siang bolong abis ikutan Telkomsel Run, gue ama Dodot panas2 naik angkot celingak-celinguk nyari Signora dan gak ketemu, berujung dengan muka ngambek Dodot yg gue tau karena kebodohan dan kengeyelan gue hahahaha. Kelar kegagalan itu, bbrp minggu setelahnya, gue pergi ama Yasintha dan Nining ke Lotte Mart Bintaro, langsung aja gue ajak Yash dan Nining makan di Signora, apalagi Yash kan bawa mobil jd skalian nyari tempatnya (intinya saat ngajak itu pun gue masih belum tau Signora itu dimana). Alhamdulillah ketemu dan kenyang bahagia dengan kunjungan perdana kami kesana.

Berbekal kunjungan perdana itulah, gue akhrnya bilang ke Dodot kalo gue skrg udah hapal jalan menuju Signora plus patokannya, yg ternyata emang gak dilaluin angkot (pantesan gak ketemu2 kaaan dulu), dan bilang ke dia, kalo pas dia lagi ke Ciputat aja, skalian kami janjian dan bareng2 makan kesana. Bahagia deh akhirnya hari ini kesampean juga. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan tentang Signora, anggaplah review dari gue :

  • Lokasinya : yang cabang Bintaro itu adanya di Bintaro Entertainment Centre, sebuah mall kecil (yg menurut gue agak ga penting sih, scara gak ada apa2 dan relatif sepi, cuma ada bbrp resto, salon doang klo ga salah). Di sektor & belakang Giant. Patokannya ya ke Giant aja, trs ke bagian belakangnya, dari stand Domino’s Pizza udah keliatan kok mall kecil ini, Signora juga ada di paling depan jd keliatan dari pintu masuk (ada outdoor / smoking area nya). Kalo yang di cabang Cirendeu gue malah belum tau sama sekali. Emang agak masalah sih ya buat yg seneng wiskul tapi rumah jauh dari Selatan Jakarta, pe-er aja kan, tp bener deh worth to try, worth to visit. Emang lokasi bisa jd kelemahan tapi mungkin ini yg dicari oleh pemiliknya, ga perlu strategis tapi otentik harus dipelihara dan dipertahankan (sewa toko jg ga mahal2 juga kan hehe)
  • Menunya: of course Italian Food ya. Yg wajib coba sih udah pasti pizzanya. Kalo pastanya, gue baru pernha nyoba spaghetti aglio olio waktu sama Nining dan Yash, rasanya sih biasa aja, tapi gak yang gak enak juga, cuma gak gt spesial spaghetti nya. Pizza must try itu yg komplit adalah Signora Pizza, 79ribuan, toppingnya banyak ragam. Gue pernah juga coba yang jamur dan enakkk juga. Oya, semua pizza disini (dr yg pernah gue coba ya) ukurannya sama, yakni 8 slice, mayan gede yah, tapi karena tipisss pizzanya (maklum, pizza asli Italia mah emang seharusnya begitu, bukannn/), jadi makan berdua pun ga gt kerasa begah (apa gue ama Dodot yg emang makannya membabi ya hahaha). Trs yang unik juga minumannya, ada bbrp minuman racikan gt, dikasih nama lucu2 dan Italian banget bbrp tapi isinya sari buah dicampur2, misalnya leci sama jeruk, dsb (lupa abisan ga mesen itu jd ga gt merhatiin). Intinya, semakin rame datengnya, semakin wajib pesen pizza, jd bisa coba2 variant lain, kalo berdua doang kan sayang yaa, berhubung cuma 1 ukuran. Gue ama Dodot tadi cuma pesen yg nampol skalian : Signora Pizza (skaligus trademark/signature dish-nya juga lah)
  • Harganya : Plisss deh murahh imho, nih yaa, untuk ukuran restoran Pizza yg ternyata emang bener autentik Italia, ini harga terjangkau dan worth it banget. Pizza itu ga ada yang sampe 90ribuan per porsi. Minum sih standar 8000-25000, tapi kalo es lemon tea doang yah 9000-an. Porsi gelasnya aja sih yg gak jumbo dan gak refill, jadi musti picky2 kalo bakatnya onta suka banyak minum hehe
  • Ambiencenya : I love it. Italia-nya dapettt! Dari dekorasinya yang terkesan wah (agak surprise pas tau harganya ga segitu wahnya), enak buat duduk2 lama ngobrol, musik2 nya juga musik Italia, trs pajangan fotonya lukisan Italia dan bbrp foto pemain bola Italia khususnya tim Juventus. Berhubung yg pny emang asli Italia dan tampaknya fans berat klub Juve.
  • Crowdnya : hmm, gue sih dua kali kesana gak pernah waiting list ya, mereka nyediain meja sampe 10 orang kok utk rame2 ama temen dan keluarga, meja untuk berdua kayaknya ga ada, adanya buat bertiga (mayan, 1 kursi buat naro tas hehe). Banyakan si yang dateng keluarga ya, tapi mending lah drpd abg2 centil yg ribut haha-hihi. Waitressnya juga gak dudul, mereka tau product menunya dan servicenya cepet (pengalaman gue kesana).
  •  Jam buka : dari jam 11 siang (kalo ga salah) sampe jam 10 malem.

Selanjutnya, pitstop kedua, dari lokasi yang ala-ala Italianoo, kami berdua meluncur ke Blok M area, agenda awalnya adalah killing time (masi ga mau pulang) skalian deh benerin arloji gue yg talinya agak renggang. Toko arloji gue iu di Melawai, namanya Diamond. Langganan nyokap bokap juga, abisnya mure2 dan bagus2 hahaha. Tadi si engkohnya sampe amazed dengan gue karena gue dateng sambil bawa bon pembelian dan ternyata gue udah pake tu arloji sejak Februari 2009, meeennn lama amet ye. Abis beres dari sana, kami sempet muter2 Pasaraya yg ternyata masih aja sepi dan mahal2. Trus akhirnya berujung ke Blok M Square, aslinya sih mau liat2 baju, tapi karena Dodot males ama riuh rendah ITC2an, gue kepikiran untuk ke basementnya liat2 lapak buku bekas, dan ternyata, mayannn heaven jugaaaa.. (lagi2 lupa fotoo2in). Gak selengkap dan sebeken di Senen sih ya, tapi kalo untuk kamus2 bahasa asing macam Jerman, Rusia, Belanda, kayak Oxford2an gt mayan lengkap dan mure, bisa 10ribuan. Trus komik2 juga handal. Bbrp textbook juga ada buat kedokteran ama hukum sih banyakan, dan rata2 bahasa Indonesia. Trus yg gue amazed, gue nemu bbrp buku karya sastra lama, ada karya Sutan Takdir Alisjahbana, Hamka, NH Dini, wah banyak deh, gak lengkap sih ya tp yg beken2 ada, bahkan Pramoedya yg jarang ada di Gramed juga ada. Pinter2 nawar aja kali ya, gue sih tadi speak2 aja bilang, “mahasiswa nih mas, kurangin lahh..” mayan bisa kurang 10rb dr harga awal. Berhubung skrg lg hits2nya film Tenggelamnya Kapal van Der Wijck, yg diambil dr buku karangan Hamka, gue penasaran juga sih ama novelnya, meskipun gue sedikit banyak udah tau jalan ceritanya. Sempet nanya di lapak A, gak ada, di lapak B gak ada, trus ya gue pikir kan di seluruh lapak2 tersebut ya pasti kompakan ga punya dong ya, sampe akhirnya di lapak2 menuju akhir masa berkunjung kami, gue nanya ke mas2nya, “mas, novel Hamka ada?”, dijawab : “yang mana, yang kapal? Ada. Bentar ya.” Gue sama Dodot sempet pasang taruhan, kalo tu buku beneran ada, gue akan traktir dia makan seafood di kencan berikutnya. Gue yg mule pesimis dan emang iseng2 mau2 aja doong taruhan gt. Apalagi di lapak2 sebelumnya juga abang2nya pake acara nyari ke entah kemana tetep aja gak ada. Jeng jenggg.. tau2 adaaa aja dong bukunya!!! Telek banget deh gue diketawain Dodot lengkap dengan muka puasnya. Sial! Tapi gue seneng banget sih akhirnya bisa dapet buku2 sastra lama yg emang kepengen banget gw baca biar memori pelajaran bahasa Indonesia gw jd terupdate lagi. Apalagi buku2 kayak gini kan ga ada di Gramedia jd udah pasti gue ga mikir panjang utk beli.

Sebenernya sempet tergoda pengen beli ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yg berisi surat2 Kartini dan buku ttg Soe Hok Gie yg Catatan Seorang Demonstran, tapi pas di browse2 masih banyak copy-annya, ya udah deh ditahan dulu sampe nanti entah kapan klo bacaaan yg barusan dibeli ini selesai hehehe. Gue akhirnya beli Layar Terkembang-nya Sutan Takdir Alisjahbana dan Van Der Wijck-nya Hamka.

Layar terkembang & tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Layar terkembang & tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Singkat kata, malam ini i am happy!  Mata happy, Perut happy.

2 thoughts on “Kencan Ala Italia Hingga Ke Lapak Buku Sastra

Leave a Reply

