1st Time Visit Borneo : PONTIANAK

Bahhh ini cerita basi banget sebenernya, secara yaa kejadiannya di minggu awal bulan Mei 2014, sekitar tgl 7-9 Mei, jadi ceritanya gue berkesempatan menginjakkan kaki ke pulau Kalimantan for the very first time of my life hahaha dan kota yang beruntung itu adalah Pontianak. Kenapa bisa demikian? tidak lain dan tidak bukan adalah urusan business trip kantor karena harus bantuin Walk in Interview dan Psikotes di kantor cabangnya kantor gue di sana. Berangkatnya sama siapa? yaaa SENDOKIRAN keleusss hehehe..

Plan untuk ke Pontianak ini awalnya timbul tenggelam sih, sampe akhirnya bos gue make sure lagi dan gue mulai deg-degan pas disuruh booking tiket (oya, ini perdana naik Garuda gratisan juga norak dehhh biasa naik budget airlines haha), kenapa? karena kebayangnya Pontianak itu jauhhhhh bgt, trus Kalimantan itu di bayangan gue masih hutan Amazond an gue takut diculik dibunuh karena sebatang kara kesana, dan pikiran buruk lainnya (ttd : penonton setia Criminal Minds). Untungnya ada bbrp temen yg emang pernah dan sedang tinggal disana, jd sempet nanya2 juga terutama soal hotel dan moda transportasi. Sebenernya sih kepala cabang di sana ngasih kemudahan untuk gue dijemput sama orang cabang dan dicariin hotel tapi gue kan sungkan yaa sama pun belum kenal juga, serba ga enak lah, mana bos gue tipe nya pun : ya kamu pasti bisa *jorokin ke jurang* padahal udah senewen banget..

Deket2 hari H keberangkatan, kabar bahagia datang dari neng Witts, sahabatku di UI yang emang bokapnya dinas di Pontianak dan passs bgt sebenernya deket2 gue beragkat dia juga lagi di Ponti, alhasil dia dengan baiknya mau extend kepulangannya demi bisa nemenin gue selama di Ponti ahahaha ya ampunnn utang budi bgt ama neng Witts dan keluarga, terutama Tante Endang yang sampe bela-belain jemput gue di Supadio jam 8 malem hiks hikssss super terharu *lebay* Intinya sih, selama disana, urusan transportasi dan (sedikit) jalan2 sudah aman karena ada Wita dan ibunya.

Sekarang urusan hotel.

dari pas di jakarta, gue susah bgt nyari hotel di Pontianak yang sesuai ama budet yg dilimit-kan kantor gue, yakni maksimum 300,000 permalam. Ada siiihhhh memang cuma khan gue ga tau penampakannya langsung dan reviewnya random bgt, ada yg bilang oke, ada yg bilang agak2 mesum dan ada yg gue udah sampe booking dr jakarta, gataunya ga direkomen ama orang cabang karena ada karaokenya dan yaaa gitu deh hotelnya hehehe.. makin deg-degan ga sih…

Udah gitu gue lah parno browsing2 berita ttg Pontianak dan nemu berita kriminil di hotel A, penyergapan di hotel B wahh makin parno. alhamdulillah emang sekali lagi atas bantuan Wita yg lagi di Pontianak, gue dibooking-in hotel, namanya Hotel Merpati.  rate-nya masih dibawa 300,000 (kalo ga salah gue 2 malam abis sekitar 500-ribuan, murah khan), dan yang paling penting, selain deket sama kantor cabang, hotelnya juga gak “macem2”. karena sampe sana malem, gue langsung bayar setengah harga plus deposit 500,000 dulu. Trus malam pertama masih ditemenin ama neng Wita berhubung gue takut di hotel sendirian dan segala hal yg pernahgue ceritakan ttg koridor hotel di post2 sebelumnya hehehe…

Selama di Pontianak, gue gak banyak jalan2, kasian dehhhhhh.. ya pertama, karena banyakan kerjanya, trus disana juga kayaknya ga se hits Balikpapan atau Banjarmasin kali ya soal kuliner, gue ngidam seafood yg ciamik eh ga kesampean. Mamanya Wita, dan Wita, gue nebeng mobil mereka yang Taft (beughh, ini Kalimantan, Bung!) keliling kota cuma ke tepian sungai Kapuas foto sekali (dan ga kesimpen di hape krn lsg post di Path zzz), trus beli oleh2 di sebuah supermarket, makan sate kambing, makan pecel ayam, beli cha time di mall sana (lupa namanya dan cha time gitu lhohh, anak JKT bgt hehe).. dan berujung pada nangis mewek di bandara pas balik akrena saat itu neng Wita udah balik duluan ke bandung so gue dianter ama nyokapnya ke Bandara.. huhuhu tante i love you full dehhh.. tapi ya gitu sedih bgt karena masih ada orang2 yang baik hati sama gue yg berlumur dosa ini, karena kalo gue pikir2, klo ga ada Wita dan nyokapnya, gue bisa mati beruban saking garingnya disana, apalagi ternyata orang kantor cabang tuh ga ada yg bener2 ready utk melayani kebutuhan gue anak Jakarta ini hahaha… plusss, di Pontianak itu ga ada angkot2 berkeliaran amcam di bandung jadi kemana2 masyarakatnya bawa sepeda motor cuma gak ada ojek juga, taksi juga jarang lalu lalang nah mati kannn looo..

Oya review sedikit soal hotelnya, hmm Hotel Merpati sih gue kasih nilai 6 skala 10 lah. which means dibilang bagus ya ga yg bagus2 amet ya what do you expect deh secara harganya mursidahh.. Gue dapet kamar di lantai 2, jadi aik tanga sekali (oya kayaknya ga ada liftnya dan lantainya sampe 3 apa 4 gitu). fasilitas standar lah, kasurnya double king size, tv, AC, kamar mandi air panas dan bath tub shower, trus handuk, amenities juga standar.. cuma tampilannya tua dan agak lusuh. Bersih sih, cuma lusuh aja gitu. dan AC nya amsih AC yg lama punya, jadi suka bersuara dan malam kedua dimana gue tidur sendirian tanpa Wita, AC nya bocor netes2 gitu huaaaaa ganggu bgt ga tenang tidur dan parno. Oya, ruangan kamarnya juga luassss, jd bisa buat keluarga sebenernya, (ayah ibu dan 2 anak) krn emang ada space buat extra bed. ada kursi duduk2nya juga. Cuma pemandangan jendela jangan ngarep gunung dan sungai Kapuas yaaa, melainkan…. loteng rumah orang. spooky khannn kalo malem2 hehe.. I with they have Amaris or Fave Hotel there beneran karena dari segi kamar tidur dan kamar mandi yg luas dan nuansa coklat yg lusuh membuat gue yg sebatang kara jd makin parno…

Untuk gambar, gue ga sempet foto2in karena ga menarik hahaha, mending cek Google aja yah buat tampilan luarnya. Ini kesimpulan singkat gue :

Positive side :

  • buat transit dan tidur doang ni hotel sudah cukup memadai lah
  • wifi ada, tapi di lobby doang ga sampe kamar gue (gatau deh aslinya emang gt atau gue lagi apes aja)
  • TV ada antene tapi pas gue disana, lg error
  • kamar gede, jd kalo mau bawa keluarga mudik, tinggal disana udah nampung bgt
  • hotelnya rame, maksudnya banyak tamunya kayaknya emang salah satu yg dicari buat transit2 entah ngapain pada demen amet ke Pontianak gue jg ga paha dan rata2 keluarga gt atau dalam bbrp kelompok.
  • termasuk deket ama pusat kota cuma ya klo ga ada motor sendiri atau mobil, sama aja boong hakhakhak

Negative side :

  • sarapannya standar bgt. gue dua hari disana makannya cuma nasi goreng, ayam goreng hahahahah lagi2 ngarep apa lohhhh ceuu??
  • ga ada lift, jd ya naik tangga mayan dehhh klo badan udah cape. Koridornya juga sepi dan luas berkarpet gt cuma karena desain hotelnya juga udah tua dan agak lusuh ya maap2 aja deh klo aprno mode on all the time ini di gue lho ya)
  • Mas2 Bell Boy dan Room Servicenya tuh jarang keliatan kecuali di lobby. maksudnya kayaknya jumlahnya ga banyak apa gmn gue sih untungnya ga ada komplain apa2 selama disana.
  • AC nya jadul jd bunyi2 gt dan pas gue disana malah bocor netes2 sebell
  • Merem aja deh kalo sarapan satu mejanya sama bapak2 business trip atau mas2 entah dari kalimantan sebelah mana hahaha.

Demikian sih kurang lebihnya. Balik2 dari Pontianak gue langsung pijet di Bersih Sehat, bukan karena encoknya, tapi karena pgn refresh memori banget secara menurut gue itu bener2 business trip seada2nya tanpa colongan jalan2 kulineran (ngarep woy). Oya, pas sampe jakarta, baru sadar kalo Tupperware biru gue ketinggalan di warung nasi deket kantor. gapapa deh, kata orang kantor cabang gue juga dibilang, klo udah minum air Pontianak, dan ada barang yg ketinggalan, insya allah balik lagi kesana. Oke dehh.. (gue sih kayaknya kalo punya cerita kayak tadi, cukup sekali ga sih?) 😀

2 thoughts on “1st Time Visit Borneo : PONTIANAK

Leave a Reply

