Tentang Hamil dan Angkot-Mengangkot

“Jangan pernah menggantungkan nasibmu pada empati dan rasa belas kasihan orang lain”

Mungkin ungkapan diatas udah jadi pakem gue banget yaaa dalam segala hal, terutama dalam situasi angkot-mengangkot dan perjalananan naik turun bis selama kehamilan ini (per tulisan ini dibuat udah 21 minggu alias 5 bulanan). Selama 5 bulanan ini, rutinitas pulang pergi gue sebenernya masih sama aja kayak sebelum hamil, bahkan sebelum nikah, bahkan sebelum pacaran dan masih kerja di tempat yang lama, yakni :
Berangkat dari rumah jam 05:45 pagi atau maks. jam 6 pagi, nebeng bareng adek gue yang bawa mobil sendiri, mayan deh gratisan, kadang2 klo lagi kaya gue kasih dia ongkos nambah2 bensin atau gue kasih upeti snack apa kek hahaha. Kalo di kantor lama, bisa turun dkt kantor jd sisa jalan kaki dikit. Nah di kantor yang skrg ini, adek gue cuma nurunin gue sampai Benhil dulu, trus kemudian gue harus nyambung metromini lagi ke Menara Mulia (lokasi kantor). Bisaaa sih, klo dia lewat Gatsu, wong kantornya di Kuningan kan, Cuma konon ribet dan macet dsb dll gue sih ga pernha menuntut yaa, ya sepasrahnya aja, udah bener dikasih nebeng hehehe..
Nah alternatifnya, kalo gue bangun nya kesiangan atau adek gue pas cuti, maka gue mau ga mau harus naik bis. Berangkat jam 6 pagi udh deg-degan krn pasti macet ya trus telat karena kan kalo kantor gue fingerprint bgt harus jam 8 teng klo gak, lo keitung telat dan musti approval manager dsb ribet dehhh.. Oya, kalo ada yang nanya apakah gue berangkat bareng Dodot, jawabannya, tentu tidaaaak. Fuh kantornya Dodot itu enak banget ga ada fingerprint, masuk jam 9 pagi pun kdg masih sepi, jadilah dia berangkat dr Ciledug tuh jam 7 juga fine2 aja, hiks alhasil ga pernah bisa bareng. Kadang2 dia bela2in sih nemenin istrinya berangkat kantor dan bener2 dianterin walopun naik bis atau taksi, tapi itungannya jaranggg bgt ya (lagi-lagi gue ga pernha menuntut ina inu juga sih yaa)
Oke, kalo naik bis, bis disini adalah Metromini lho yaa, klo dari rumah, hmm masih bisa lah dpt bis yang agak kosong walopun nunggu agak lama (biasanya yg ngetem). Nah pas hamil ya udah pasti mutlak hukumnya gue selalu nunggu bis sampe kosong dan gue pastikan ngeliat kursi nganggur utk gue duduk. Jd kemampuan mata elang harus dimaksimalkan banget dr ujung trotoar pas mau setopin bis hehehe.. Pas hamil masih belom keliatan, itu perjuangan banget2 karena badan udah mudah capek dan ringkih tp orang ga ada yg tau gue hamil, alhasil yaaa pinter2 aja cari bis kosong atau telan gengsimu dengan berdiri sampe jompo. Nah kalo pas berangkat ini, biasanya gue ga sampe Blok M naik bisnya, tapi berhenti di Pakubuwono terus gue nyambung taksi deh.. bukan semata demi kenyamanan ya, tp juga kecepatan krn gue kan keuber waktu jam 8 pagi itu td. Makanya, peran adek gue disini sangat berarti demi kemaslahatan absensi gue kerja dan mata pencaharian gue hehehe.

Pulang kantor pun, gue mendapati situasi yang ga jauh berbeda, bahkan lebih buruk seringnya. Macet lah ya Gatsu ituu jgn sediih… gue biasanya pulang naik Kopaja 66 sampe Blok M terus naik 69 atau 70 sampe deket rumah trus sambung ojek. Pengamatan gue ya, kalo naik bis itu lebih “ya sebodo amet lo hamil kek, cape kek, kalo mau nyaman ya naik taksi”, gituu lhoo dibanding kereta. Jadi penumpangnya juga emang lebih cuek. Makanya nunggu bis sampe kosong mau gam au jd pilihan gue yg super gengsi ini (baca quote diatas). Kenapa ga naik busway? Hmm busway itu ga efektif menurut gue, desek2an pdhl belom masuk bis, huff makasih.
Makin besar perut ini, memang makin pede karena mulai ada bbrp orang yg ngeh, mule dari keneknya sampe penumpang yg kasih duduk tanpa perlu gue minta (ya ga mungkin lah ya gue begging kan), tapi gue berprinsip, kalo gue capek, ya gue naik taksi, jangan dipaksa. Walopun argo taksi yang skrg 7500 per buka pintu bener2 signifikan buat keamanan dompet gue huhuhuhuhuhuuuuu… Biasanya, solusi lain adalah gue ke kantor Dodot, dan naik taksi bareng dia, jd ongkosnya bisa dibagi dua hehehe (solusi bodoh karena utk kekantor Dodot gue mundur sampe Thamrin dan naik bis duluu juga hehehe)
Kondisi tersebut kalau pas gue tinggal di rumah gue di Ciledug. Nah kadang2, walopun makin kesini udh agak jarang, minimal sebulan sekali tuh gue nginep di rumah mertua, di Bekasi Utara. Nahhhh ini problem banget kalo ngangkot2 ke kantor dari Bekasi *bunuh saja akuuuu pak kapteeennnn*
Pertama, pilihan ekspress adalah naik kereta api. Cepat dan murah. Tapiiii, desek2an, which is gue anti banget yaa (I miss you Inayah Agustin yang enerjik mahasiswa UI yg sering keretaan di jamannya). Merasa makin renta dan emosional alias ga sabaran jd gue agak males klo harus naik kereta. Dan itu pas belum hamil yaa, APALAGI SKRG PAS HAMIL???
Enaknya, klo dr Bekasi dan naik kereta, pasti bareng ama Dodot. Dan sebagai suami siaga, dia yang dgn muka tembok kerjaannya nyolek2 ibu2 dan bapak2 yg duduk di kursi prioritas utk ngasih duduknya ke gue yg hamil tapi belum keliatan. “misi pak, bu, istri saya lagi hamil nih..” abis itu tadaaaaa… mereka berdiri dan duduklah gue yg saat itu masih singset ga keliatan hamilnya hahahahah. Kondisi ini sebenernya ga mengenakkan lhooh bagi gue yg memegang prinsip ogah dikasihani ini.. gimana yaa.. bisa aja kan mereka yg duduk itu mengira Dodot bohong demi bisa bikin gue duduk *apatis bgt* tapi ya end upnya gue duduk juga sih. Gue selalu bilang sama Dodot, kalo gue ga akan satu kata pun meminta tempat duduk di kereta sebesar apapun perut gue nanti. *setengah mengancam ngomongnya*. Jadi kalo dia yang mau maju ngomong yah silahkan aja (kemudian duduk manis*hehehe) masalah lain lagi, bbrp stasiun musti naik tangga banyak banget untuk sampai ke peron dan itu bahkan bikin gue murka dan hamper nangisss ditempat huhuhu jd bener2 deh salut gue sama ibu2 yg bertahan 9 bulan naik KRL pulang-pergi, TOBBBB gue sih makasih yaaa
Alternatif lain, naik APTB. Biasanya, karena gue males naik kereta, dr rumah Bekasi, gue dianter Dodot naik motor sampe pool APTB, trus gue naik deh, duduk manis tapi ga bisa tidur karena gelisah haha bukan kenapa, APTB itu kan lewat jalur busway ya, jd takut kebablasan aja turunnya. Ini pilihan yg paling mending tp juga bikin deg2an karena lalu lintas ga bs diprediksi. Belum lagi gue harus naik jembatan penyebrangan dl sebelum sampe kantor, jd musti bekelin waktu 15 menit sebelum jam 8 udh harus sampe halte busway terdekat.
Pulangnya??? Hmm ada 2 opsi, antara gue ke kantor Dodot, trs makan2 dan nongkrong dulu di mall trus naik kereta yang agak kosongan, atau gue pulang langsung naik feeder atau bis apapun yg lewat Tol bekasi barat trus turun di MM dan lanjut minta jemput abangnya Dodot alias kakak ipar gue hehehehhee *manja mode on*.. Untungnya, bis yg ke bekasi itu banyak opsinya, ada APTB, ada bis dr Blok M, ada feeder2 perumahan kayak Summarecon atau feedernya Kemang Pratama. Ongkosnya ga masalah yaa dan masih bs dpt duduk juga dan nyaman. Cuma pernah sekali yaa, pas lagi hujan deres pulang kantor dan gue harus ke Bekasi, macett dan bis ga ada yg lewat apalagi yang kosong kan, nunggu lamaaaa sampe 2 jam, dalem hati nangisss udah gatau lagi dehhh… mikir ya allah gini banget yaa nasib gue (kemudian lupa bersyukur gitu) dan segala pikiran drama lainnya. Cuma gue bertahan dan terus menungu sampe akhirnya datang juga bis yg kosong. Oya dank lo ke Bekasi, naik taksi bukan opsi yaaaa. Gila aja bisa bangkrut mendadak dehh liat argonya *jantungan*
Gue berharap kalo nanti perut udah gede, gue mau naik taksi aja pulang kantor. Pertama, orang kantor jg ga ada yg ditebengin dan gue males jg yaa nebeng orang kantor klopun ada yang searaha. Trus yaa gue meras amakin kesini makin besar comfort tolerate gue soal bis bis ini. Cita2 itu dibangun sebelum launching harga argo taksi dgn BBM terbaru, ehh argo udah 7500 aja, berarti skali naik taksi dr Semanggi ke Ciledug, bisa sampe 80-ribuan sendiri huhuhuhu.. skrg ga ngerti deh mau ngapain solusi alternatifnya.
Hufff, perjuangan ibu hamil bekerja ternyata gini amet yaaa…

Tentang Baju Hamil dan Konco-Konconya

Sejak awal hamil, salah satu perubahan hidup yang paling gak rela dan susah ikhlasnya justru datang dari……. Perubahan ukuran baju (baju-baju lama pada ga muat). Hiks. Shallow banget ya. Ini mulai terjadi sejak saat hamilnya masih 4-5 minggu dan makin parah sampe sekarang wakakaka…
Cerita sedikit dari pas awal2 tau hamil ya, itu kondisinya seminggu sebelumnya gue abis jalan2 ke Uniqlo sama Dodot dan masing2 dr kita kegirangan karena berhasil dapet celana panjang pewe dengan harga terjangkau. Ealaaahh, umur bulanmaduku bersama celana itu ga sampe sebulan, baru bbrp kali pake kok berasa udah sesek yah, pernah nekad pake ke kantor tanpa dicantelin, jd cuma ngandelin kekuatan resleting doang, saking sayangnya.. (dan itu berlaku juga buat kostum yang lain, either baju atau celana).
Sebagai karyawati yang mood booster-nya salah satunya dari busana kerja (meskipun juga gak yang extraordinary juga sih potongannya, nemu celana panjang pewe dikit, pasti beli, nemu kemeja yang nyaman dikit (dan harganya cocok) pasti beli, ada bbrp yg dipake berkali2 misalnya celana panjang biru dongker Mango yg waktu itu dpt diskonan tp pewenya luar biasa (paling ga rela), eh skrg udh ga muat blarrr… sedihnya.. sedih-sedih gak rela gitu lho, paham kan.. Kadang Dodot bilang, ya anti kalo bayinya lahir juga kan bisa dipake lagi, hmm gue masih pesimis karena pantat gue ini udah besar dari sononya jd agak ragu bisa singset lagi hukssss sebel….
Lalu apakah fakta celana2 dan baju2 pada sesek itu membuat gue sepenuhnya insap dan beralih ke busana hamil? Oh, tentu tidak. Well, at first gue memang meniatkan untuk “ok, kayaknya harus punya celana hamil nih..” dan beli 1 celana pas lg ke makan siang ke Plangi, kok harganya mayan yahh diatas 100-rb (dan buat gue itu masih mahal utk ukuran kostum hamil bagi gue yg pelit ini), tp gue beli juga demi alasan kewajiban. Belinya gak happy mood gitu hihihi.. Trus untuk baju hamil, masih bersikeras pake kemeja meskipun kesempitan, bbrp ada sih yg masih muat tp ga banyak. Kalo kesempitan, gue tibanin ama sweater atau jaket yg agak gombrong gitu dan seharian kerja macem orang sakit wakakaka..
Sampe suatu hari, suamiku yang diam-diam menghanyutkan penuh perhatian itu nawarin celana hamil yg lagi dijual2in temen kantornya, harganya 60,000 / potong, bahannya nyaman dan sejauh ini gue suka, ya udah gue bilang, beli deh 3 warna yg berbeda. Maka sampai minggu kehamilan ke 19 ini, gue total punya 4 celana hamil, dimana 3 diantaranya gue pake bergantian, bahkan jalan2 dan ke warung pun mau ga mau gue pake, karena praktis gue ga punya celana panjang lain). Cuci-kering-pake begitu seterusnya. Munkin pada bilang, masih mendinggg keless punya 4 celana, ada yang Cuma 1 atau 2. Nah but the point is, punya celana baru sementara celana yg jadi cinta sejati sesungguhnya teronggok tak berdaya di sudut lemari ituuuuuu yg bikin nelangsa sampe skrg.
Nyokap udah wanti2 gue untuk beresin lemari kan ya, karena mulai acak2an. Nah emang bawaan hamil apa gimana, gue itu malessssss luar biasa beresin lemari. Kalo nyapu atau ngepel, nyuci sepatu atau tas sendiri gue masih jalanin di weekend, tp buka lemari dan beresin baju? Bunuh saja akuuuuuuu! Eits, jangan sedih, gejala males ga hanya soal beresin lemari, tapi juga…..BELANJA BAJU HAMIL.
Disaat gue mulai sadar bahwa alarm perut buncit sudah mulai bunyi, yang mana perlu baju yg agak longgar, babydoll, dan OH!jangan lupakan Bra baru, karena Bra gue sejak remaja ukurannya ga pernah pindah dari 32, ealahhh udah sesek dan susah dicantelin belakangnya, membuat gue mau-gakmau harus membawa jiwa raga untuk ke mall terdekat dan mencari kostum hamil sampai ke bra-branya.
Kemalesan gue ditandai dengan… gue males meluangkan waktu untuk sekedar ke ITC atau mall yang niattt cuma untuk nyari baju hamil. Jadi biasanya gue mampir kalo pas barengan makan siang atau pulang kantor, makalah sasaran banyakn ke Centro Semanggi. Pernah pas lg balik ke Bekasi, gue turun bisa mampir ke Matahari dan mau liat2 baju hamil kemudian end up muter2 doang tanpa megang2 tu baju utk skedar nyoba tempelin bajunya ke badan aja udah males. Baru tergerak karena lagi ada diskon besar2an (well, ga dapet harga diskon juga sih waktu itu) jd penasaran ngubek2 bak ehh nemu 2 pasang baju model babydoll, lumayannnnnn…) Trus pas ke Bandung sama Dodot, karena gas ah klo jalan2 ga bawa belanjaan, akhirnya nemu juga sih 2 kemeja gombrong buat kerja…(lumayannnnnn).. kelar sampe disitu ditambah 1-2 pieces baju lama yang masih muat, akhirnya gue kembali melakukan repeat wearing the itu-itu aja clothes hahahaa… rasanya sih banyak ya, buat seminggu bisa lah ganti2, nah masalahnya karena males, gue pake jalan2 weekend, ke salon, ke luar rumah dikit pasti juga dipake tu baju, sementara biasanya gue sangat disiplin dalam memisahkan baju ke kantor ama baju buat jalan2.
Problem lainnya adalah soal BRA. Seperti yg td gue udh bilang, ukuran gue tuh dr jaman puber sampe nikah tu ga berubah kan, alias dada papan. Nah belakangan ini, gue mule berasa sesek ga nyaman banget, bukan karena payudaranya numbuh tapi karena lingkar dada gue mulai membesar. Dan hamper semua bra gue itu berkawat dan berbusa untuk nutupin dada gue biar seolah-olah ada (padahal mah palsu hihihi).. mulai deh ketar-ketir, masalahnya ga mungkin kan gue ga pake beha kemana2? Nah utk cari beha ini, gue sampe khusus browsing ke forum ibu-ibu hamil untuk rekomendasi Bra yang nyaman. Maka gue pun meluncur ke counter bra di mall dan membeli Sorella yang seamless. You know what, ukuran yang akhirnya setelah gue coba2 di kamar pas, melonjak jadi 36 aja dooonggggg wakakak perlu selametan pake nasi kuning ga tuh? Tapi emang bra hamil Sorella ini nyaman banget sih, ga ada kawat, tp tetep ada busa, ngikutin lekuk tubuh dan ga bikin sesek. Tololnya gue, pas beli itu, gue cuma beli 1 karena lagi-lagi masih ga rela beli Bra ratusan ribu Cuma buat bra hamil waksss belum annti klo menyusui kan beli bra lagi ya huaaahhh makin pelit kuadrat lah gue. Nah klo cuma satu yang terjadi adalah gue ga cuci selama bbrp hari bahkan seminggu HAHAHA ga ganti2 dan gue jagaa banget biar gue ga keujanan dan tu Bra ga lembab, sampe akhirnya hari gajian tiba dan gue memutuskan untuk beli lagi bra dgn merk yg sama tp beda warna, dan beda ukuran jadi 38 HAHAHA dan gue pake denga raa super nyaman bagai perempuan-perempuan di iklan pembalut gituuu ekspresinya (I feel freee…..*ala syahrini)
Puncaknya, pas taun baru kmrn, pas 2 tahun jadian sama Dodot (hehe masih berlaku ga ya tanggal jadian dirayain meskipun udh nikah), ga ada perayaan apa2 malah ketiduran di rumah mertua. Eh, besokannya, dibeliin baju atasan kantor gitu sama Dodot. Uuuhh so sweet banget kannnn.. sampe terharu mewek2 karena sehari sebelumnya gue juga nangis2 rewel karena ga berhasil makan di restoran yg gue pengen (dan baru dikabulkan bbrp hari setelahnya). Jadi suamiku ini mungkin prihatin yaa tiap pagi gue berangkat kantor sering sumpah serapah ttg celana dan baju kesayangannya yang ga rela dia tinggalkan.
Untuk kostum rumah, gue perlahan2 mulai kembali menggunakan daster gue. Beberapa daster gue emang banyak gue tinggalin di rumah mertua, sementara di lemari yahh daster robek2 atau baju tidur terusan gitu, nyokap sampe beliin 1 daster buat gue dan adek gue lungsurin daster dia (btw, kenapa gue ga pake baju2 mereka, karena nyokap dan adek gue itu ukurannya XL plus plus dan akan semakin menghancurkan body image gw klo sampe gue pinjem punya mereka (dan muat) hehehe). Satu yang sampai skrg belum ganti2 adalah celana dalam buat ibu hamil. Hehehe gue masih bertahan pake celana dalem gue biasa, mungkin karena karetnya ekstra melar dan yaa masih bisa dibilang nyaman lah, jd belum ada niatan beli.
Gatau deh nih pas bulan ke 6,7,8, 9 atau nanti2 apakah gue baru akan sepenuhnya insyaf atau malah makin males, kita lihat saja. Yang pasti, kalo mau ngasih lungsuran baju hamil, gue akan terima dengan senang hati lhooo, Cuma catatan kecil : gue itu ga suka sama baju hamil yang benar2 ditujukan buat ibu hamil, alias maternity clothes. Gue lebih suka baju babydoll yang emang modelnya kayak gitu dan untuk wanita normal kebanyakan yang KEBENERAN juga bisa passss buat bumil2.
Sekian dan terima kostum lungsuran.