Tentang Hamil dan Angkot-Mengangkot

“Jangan pernah menggantungkan nasibmu pada empati dan rasa belas kasihan orang lain”

Mungkin ungkapan diatas udah jadi pakem gue banget yaaa dalam segala hal, terutama dalam situasi angkot-mengangkot dan perjalananan naik turun bis selama kehamilan ini (per tulisan ini dibuat udah 21 minggu alias 5 bulanan). Selama 5 bulanan ini, rutinitas pulang pergi gue sebenernya masih sama aja kayak sebelum hamil, bahkan sebelum nikah, bahkan sebelum pacaran dan masih kerja di tempat yang lama, yakni :
Berangkat dari rumah jam 05:45 pagi atau maks. jam 6 pagi, nebeng bareng adek gue yang bawa mobil sendiri, mayan deh gratisan, kadang2 klo lagi kaya gue kasih dia ongkos nambah2 bensin atau gue kasih upeti snack apa kek hahaha. Kalo di kantor lama, bisa turun dkt kantor jd sisa jalan kaki dikit. Nah di kantor yang skrg ini, adek gue cuma nurunin gue sampai Benhil dulu, trus kemudian gue harus nyambung metromini lagi ke Menara Mulia (lokasi kantor). Bisaaa sih, klo dia lewat Gatsu, wong kantornya di Kuningan kan, Cuma konon ribet dan macet dsb dll gue sih ga pernha menuntut yaa, ya sepasrahnya aja, udah bener dikasih nebeng hehehe..
Nah alternatifnya, kalo gue bangun nya kesiangan atau adek gue pas cuti, maka gue mau ga mau harus naik bis. Berangkat jam 6 pagi udh deg-degan krn pasti macet ya trus telat karena kan kalo kantor gue fingerprint bgt harus jam 8 teng klo gak, lo keitung telat dan musti approval manager dsb ribet dehhh.. Oya, kalo ada yang nanya apakah gue berangkat bareng Dodot, jawabannya, tentu tidaaaak. Fuh kantornya Dodot itu enak banget ga ada fingerprint, masuk jam 9 pagi pun kdg masih sepi, jadilah dia berangkat dr Ciledug tuh jam 7 juga fine2 aja, hiks alhasil ga pernah bisa bareng. Kadang2 dia bela2in sih nemenin istrinya berangkat kantor dan bener2 dianterin walopun naik bis atau taksi, tapi itungannya jaranggg bgt ya (lagi-lagi gue ga pernha menuntut ina inu juga sih yaa)
Oke, kalo naik bis, bis disini adalah Metromini lho yaa, klo dari rumah, hmm masih bisa lah dpt bis yang agak kosong walopun nunggu agak lama (biasanya yg ngetem). Nah pas hamil ya udah pasti mutlak hukumnya gue selalu nunggu bis sampe kosong dan gue pastikan ngeliat kursi nganggur utk gue duduk. Jd kemampuan mata elang harus dimaksimalkan banget dr ujung trotoar pas mau setopin bis hehehe.. Pas hamil masih belom keliatan, itu perjuangan banget2 karena badan udah mudah capek dan ringkih tp orang ga ada yg tau gue hamil, alhasil yaaa pinter2 aja cari bis kosong atau telan gengsimu dengan berdiri sampe jompo. Nah kalo pas berangkat ini, biasanya gue ga sampe Blok M naik bisnya, tapi berhenti di Pakubuwono terus gue nyambung taksi deh.. bukan semata demi kenyamanan ya, tp juga kecepatan krn gue kan keuber waktu jam 8 pagi itu td. Makanya, peran adek gue disini sangat berarti demi kemaslahatan absensi gue kerja dan mata pencaharian gue hehehe.

Pulang kantor pun, gue mendapati situasi yang ga jauh berbeda, bahkan lebih buruk seringnya. Macet lah ya Gatsu ituu jgn sediih… gue biasanya pulang naik Kopaja 66 sampe Blok M terus naik 69 atau 70 sampe deket rumah trus sambung ojek. Pengamatan gue ya, kalo naik bis itu lebih “ya sebodo amet lo hamil kek, cape kek, kalo mau nyaman ya naik taksi”, gituu lhoo dibanding kereta. Jadi penumpangnya juga emang lebih cuek. Makanya nunggu bis sampe kosong mau gam au jd pilihan gue yg super gengsi ini (baca quote diatas). Kenapa ga naik busway? Hmm busway itu ga efektif menurut gue, desek2an pdhl belom masuk bis, huff makasih.
Makin besar perut ini, memang makin pede karena mulai ada bbrp orang yg ngeh, mule dari keneknya sampe penumpang yg kasih duduk tanpa perlu gue minta (ya ga mungkin lah ya gue begging kan), tapi gue berprinsip, kalo gue capek, ya gue naik taksi, jangan dipaksa. Walopun argo taksi yang skrg 7500 per buka pintu bener2 signifikan buat keamanan dompet gue huhuhuhuhuhuuuuu… Biasanya, solusi lain adalah gue ke kantor Dodot, dan naik taksi bareng dia, jd ongkosnya bisa dibagi dua hehehe (solusi bodoh karena utk kekantor Dodot gue mundur sampe Thamrin dan naik bis duluu juga hehehe)
Kondisi tersebut kalau pas gue tinggal di rumah gue di Ciledug. Nah kadang2, walopun makin kesini udh agak jarang, minimal sebulan sekali tuh gue nginep di rumah mertua, di Bekasi Utara. Nahhhh ini problem banget kalo ngangkot2 ke kantor dari Bekasi *bunuh saja akuuuu pak kapteeennnn*
Pertama, pilihan ekspress adalah naik kereta api. Cepat dan murah. Tapiiii, desek2an, which is gue anti banget yaa (I miss you Inayah Agustin yang enerjik mahasiswa UI yg sering keretaan di jamannya). Merasa makin renta dan emosional alias ga sabaran jd gue agak males klo harus naik kereta. Dan itu pas belum hamil yaa, APALAGI SKRG PAS HAMIL???
Enaknya, klo dr Bekasi dan naik kereta, pasti bareng ama Dodot. Dan sebagai suami siaga, dia yang dgn muka tembok kerjaannya nyolek2 ibu2 dan bapak2 yg duduk di kursi prioritas utk ngasih duduknya ke gue yg hamil tapi belum keliatan. “misi pak, bu, istri saya lagi hamil nih..” abis itu tadaaaaa… mereka berdiri dan duduklah gue yg saat itu masih singset ga keliatan hamilnya hahahahah. Kondisi ini sebenernya ga mengenakkan lhooh bagi gue yg memegang prinsip ogah dikasihani ini.. gimana yaa.. bisa aja kan mereka yg duduk itu mengira Dodot bohong demi bisa bikin gue duduk *apatis bgt* tapi ya end upnya gue duduk juga sih. Gue selalu bilang sama Dodot, kalo gue ga akan satu kata pun meminta tempat duduk di kereta sebesar apapun perut gue nanti. *setengah mengancam ngomongnya*. Jadi kalo dia yang mau maju ngomong yah silahkan aja (kemudian duduk manis*hehehe) masalah lain lagi, bbrp stasiun musti naik tangga banyak banget untuk sampai ke peron dan itu bahkan bikin gue murka dan hamper nangisss ditempat huhuhu jd bener2 deh salut gue sama ibu2 yg bertahan 9 bulan naik KRL pulang-pergi, TOBBBB gue sih makasih yaaa
Alternatif lain, naik APTB. Biasanya, karena gue males naik kereta, dr rumah Bekasi, gue dianter Dodot naik motor sampe pool APTB, trus gue naik deh, duduk manis tapi ga bisa tidur karena gelisah haha bukan kenapa, APTB itu kan lewat jalur busway ya, jd takut kebablasan aja turunnya. Ini pilihan yg paling mending tp juga bikin deg2an karena lalu lintas ga bs diprediksi. Belum lagi gue harus naik jembatan penyebrangan dl sebelum sampe kantor, jd musti bekelin waktu 15 menit sebelum jam 8 udh harus sampe halte busway terdekat.
Pulangnya??? Hmm ada 2 opsi, antara gue ke kantor Dodot, trs makan2 dan nongkrong dulu di mall trus naik kereta yang agak kosongan, atau gue pulang langsung naik feeder atau bis apapun yg lewat Tol bekasi barat trus turun di MM dan lanjut minta jemput abangnya Dodot alias kakak ipar gue hehehehhee *manja mode on*.. Untungnya, bis yg ke bekasi itu banyak opsinya, ada APTB, ada bis dr Blok M, ada feeder2 perumahan kayak Summarecon atau feedernya Kemang Pratama. Ongkosnya ga masalah yaa dan masih bs dpt duduk juga dan nyaman. Cuma pernah sekali yaa, pas lagi hujan deres pulang kantor dan gue harus ke Bekasi, macett dan bis ga ada yg lewat apalagi yang kosong kan, nunggu lamaaaa sampe 2 jam, dalem hati nangisss udah gatau lagi dehhh… mikir ya allah gini banget yaa nasib gue (kemudian lupa bersyukur gitu) dan segala pikiran drama lainnya. Cuma gue bertahan dan terus menungu sampe akhirnya datang juga bis yg kosong. Oya dank lo ke Bekasi, naik taksi bukan opsi yaaaa. Gila aja bisa bangkrut mendadak dehh liat argonya *jantungan*
Gue berharap kalo nanti perut udah gede, gue mau naik taksi aja pulang kantor. Pertama, orang kantor jg ga ada yg ditebengin dan gue males jg yaa nebeng orang kantor klopun ada yang searaha. Trus yaa gue meras amakin kesini makin besar comfort tolerate gue soal bis bis ini. Cita2 itu dibangun sebelum launching harga argo taksi dgn BBM terbaru, ehh argo udah 7500 aja, berarti skali naik taksi dr Semanggi ke Ciledug, bisa sampe 80-ribuan sendiri huhuhuhu.. skrg ga ngerti deh mau ngapain solusi alternatifnya.
Hufff, perjuangan ibu hamil bekerja ternyata gini amet yaaa…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s