Perihal Nama Bayi Idaman

Bicara masalah nama bayi, pas pertama tau hamil, sebenernya gue dan Dodot udah membuka diskusi tentang mau dikasih nama apa anak kita kelak, dan secara umum bisa dibilang kita berdua tuh sepaham dan sepakat gitu sama bbrp keinginan dan harapan ttg nama itu sendiri.
Berikut akan dijabarkan ya, bbrp syarat-syarat utama untuk pemberian nama berdasarkan angan-angan babu nya gue (kebanyakan gue sih) dan Dodot.

  1. Kalau bisa namanya merujuk pada nama orang terkenal, tokoh penting atau anyone famous.
    Di awal2 hamil, karena belum tau jenis kelaminnya apa, maka tiap malem sblm tidur pastiii ada deh diskusi soal nama ini. Dari mulai atlet sepakbola sampai tokoh pahlawan nasional wakakakakaakkk.. Terutama utk tokoh pahlawan ya, itu buat nama cowok, tp bukan nama depannya, nah kata Dodot (yg gue jg setuju), pengennya anak kita nanti tu aware ama sejarah bangsanya, karena nama dia dr tokoh nasional.. tau kan hari gini banyak anak2 muda yg gatau sejarah negaranya sendiri.. sampe skrg, nama yg diambil dr nama pahlawan ini masih kita simpen di folder gudang nama2 buat cadangan2 aja he he he..
  2. Kalau bisa juga terinspirasi dari nama tokoh di film
    Yahh ga seekstrim James Bond sih yaa (kali deh nama anak gue Bruce Wayne). Sempet iseng2 apa dikasih nama Katnis aja yah (Hunger Games banget hahahaha, maksudnya biar jd orang yg segahar Katnis Everdeen gitu kan), tapi Dodot langsung geleng2 kepala =)))))) karena gue suka nntn film, ada kepikiran mau kasih nama anak sendiri dari tokoh film, Cuma kok ide ga muncul2 ya, udah buka IMDB lho padahal, tp ga ada yg sreg. TRus sempet pula ngajuin nama Oscar kalo cowok supaya berbau2 Academy Awards gitu kan, tapi Dodot ga suka ama namanya huff ya udah bubar deh. Sampe skrg belom nemu ide untuk bisa ngumpulin nama2 sesuai kriteria ini.
  3. Harus bisa diucapin sama semua orang di seluruh dunia.
    Ini agak2 mutlak ya, minimal nama panggilan dia tuh global jadi seluruh penduduk dunia bisa manggil dia tanpa salah sebut. Maklumlah pengalaman bapak ibunya yg namanya local benerr.. kalo nama gue, untuk bule2 selevel guru les EF aja kadang suka salah panggil, baik itu Iin maupun Inayah, pffttt, kalo Dodot lebih absurd lagi kan di kuping bule2 wakakak.. Nah tapi juga jangan lantas namanya jadi Western banget, ga nyambung ama mukanya yg local bgt (kasih kaca ke bapak ibunya), juga kasian kan anaknya hehehe
  4. Gak mau terlalu ke Islam-islaman.
    Gue pribadi sbnrnya agak anti sih kasih nama anak pake bau2 agama, apalagi yang medokkk banget yu know bukannya gimana ya, anak skg banyakan namanya medok Islam bgt sampe rentan kena typo saking panjangnya trs susah dibaca trus beraaat banget mak secara sepanjang2 nama dari Alquran semua deh gue rasa wakakakkk..
    Kenapa syarat ini muncul (dan Dodot juga setuju), kalo alasan babu dari gue sih, gue ga mau anak gue repot urus visa ke Amerika gara2 ga lolos di masalah nama dia yg muslim bangetttt hahaha (ya refer to era terorisme pasca 9/11), trus alasan lain, gue gak mau anak gue ketebak agamanya dari namanya. Maksudnya, nama itu harus global lah, ga mewakili unsur SARA apapun. Ini sih pengalaman ibunya yah, yang namanya yaolo Islam benerrr hihihi
  5. Tidak berawalan huruf A
    Ini juga mutlak. Tentunya dgn alasan gak mau anak gue stress karena absennya paling atas di kelas dan ada kemungkinan dipanggil duluan kalo ujian lisan (pengalaman banget nih ibu bapaknya??). Dodot kan nama depannya dari A ya, menurut cerita dia sih dl dia lumayan absen awal2 terus gt kan. Udah gitu, nama awalan A di dunia ini udah banyak banget ga sih?? Hehehe jd gam au yg mainstream aja gitu.
    6. Sebisa mungkin ada nama yang berasal dari bahasa Indonesia murni. Bukan Sanskrit atau Jawa Kuno, tapi Indonesia as you can found it in KBBI nya JS Badudu.
    Ini sih biar beda aja. Di rumah memang punya kamus KBBI segede gaban dan Dodot buka2 tu kamus selama bbrp hari cuma untuk cari nama bayi hahahaha.. Nah susahnya nemu kata dalam bhs Indonesia yg unik, masih lumrah utk sebuah nama dan juga ga lebay, itu susahhh ternyata. Kegiatan ini akhirnya dihentikan dan apakah berhasil? Berhasil, hihihi..

Kenyataaan nya saat ini memasuki bulan ke – 7 kehamilan :

  1.  Kata dokter bayinya perempuan berdasarkan USG. Tapi dokter gue itu entah kenapa nadanya ga pernah mantep tiap bahas soal jenis kelamin (apa perasaan gw doang ya? Apa ngarep gue doang yaa yg udh mikirin bakal pusing pny anak cewe hahahaha denial mode on). Nah nama cewek itu ga pernah kita prepare banget sblmnya, selalu nama cowok (walopun itu belum dapet rangkaian namanya yg fixed, cuma kata per kata doang yg klo digabungin masih kurang nyambung gimanaaaa gt). Jadi begitu tau bayinya bakal cewe, reaksi kita kayak : yaahhh cari nama lagi deh dr nol hahahah.. So, nama untuk calon bayi kita ini baru dirancang di sekitar bulan ke 6 kehamilan, dan Alhamdulillah langsung ketemu yg pas.
  2. Ternyata ada satu kata di namanya yg berbau Arab. Huhahahahah .. ga medok Islam sih, tapi Arabic name gitu, walopun sbnrnya gue awalnya kasih ide tu nama karena nama itu diambil dr nama tokoh terkenal gitu, yg kebetulan cowok, jd gue bikin versis cewenya, ehh kok jd Arabic name. tapi kita berdua suka sama artinya, jadi ini akan dipake untuk nama tengahnya.
  3. Nama depannya akan berawalan huruf yg sama dengan nama tengahnya. Jadi kayak tokoh2 komik gitu lhooo.. (dapet salam dari Peter Parker hihihi). Inisialnya apa, masih rahasia ya..
  4. Nama depannya sangat singkat, cuma 4 huruf (yg akhirnya gue minta ditambah 1 dobel huruf, jadi total 5 huruf). Sampe skrg, saking sukanya sama nama itu, kita berdua udh mule manggil dedek di perut pake nama itu hahahaha. Oya, namanya gatau sih pada akhirnya itu dr bahasa apa, karena dari Jepang ternyata ada artinya, dr Indonesia, itu seperti nama bunga apa tanaman gitu deh, trus lupa dr bahasa mana lagi. Intinya untuk nama anak cewe, kita udh jatuh cinta sama nama itu. (dan posesif langsung google selengkap2nya apakah nama anak kita ini udh dipake ama orang lain, ternyata belomm hihihi asikkkkk)
  5. Namanya ada 3 bagian, nama depan, tengah dan belakang. Ini standar nama anak2 masa kini ya, bukan lagi 2 kata macem gue ama Dodot. Nah nama belakangnya juga hasil cari2 di KBBI dan alhamdulilah nemu, artinya pun bagus dan memang sesuai ama harapan gue untuk arti nama bayi. Jadi harapan punya anak ada nama Indonesianya terwujud juga, semoga yaah dekkk rejeki nama kamu hihihi
  6. BELUM PUNYA NAMA FIXED BUAT JAGA2 KALO2 BROJOL EHHHHH COWOK..
    Sekarang, kondisinya, nama fixed buat baby girl ini udah ada, udah sepakat antara gue dan Dodot, udha ketok palu. Bawaannya pgn ke Suku Dinas Kependudukan trus langsung bikin KK dan akte padahal bayinya blom lahir hahahaha..
    Nah buat bayi cowok, masih berserakan di hape karena biasanya klo kepikiran nama baru, kita akan simpen di HP. Tapi sampe skrg blom bisa tersusun dgn indah dibaca, masih agak2 ga singkron.

Ya semoga saja hasil USG memang benar ya.. atau ada yg mau sumbang nama serep kalo2 anak kita lahir cowok? 😀

Leave a Reply

