Perdana Nyoba Senam Hamil di RSB Asih

Akhirnya kesampean juga nyoba senam hamil..

Dari dulu udah penasaran ama senam yang satu ini tapi entah kenapa dari bulan ke 7 klo bahas ke dokter soal senam ditanggepinnya biasa aja, belum perlu katanya. Baru deh pas dedek di USG trus ketauan melintang posisinya, dokter kasih PR suruh nungging2 minimal 20 menit dengan sekali nungging 5 menit.. Trus pas gue ungkit lagi soal senam hamil baru dese bilang, boleh.. bahkan ditambah pertanyaan, apakah ada senam hamil yg bisa dilakukan di RS dekat rumah? Emang deh dokter Alwin tau aja pikiran gue.. dari dulu mau senam hamil udah googling2 sih beberapa RS selain Budi Kemuliaan yg emang lebih deket jaraknya untuk niatin senam disitu. Karena males kan seuma senam 1 jam-an harus balik lagi ke Budi Kemuliaan huff hari libur pula (mengingat gue masih masuk kerja jd pasi cari senam yg hari Sabtu).
Begitu dokter udah kasih lampu ijo, langsung mantep mau coba di RSB Asih.

Gue udah browse2 dan nyatet2 jadwal bbrp RS utk senam hamil, salah satu yg deket rumah itungannya, adalah RS Puri Indah, kelasnya Sabtu pagi juga Cuma 1 sesi tapi.. gue belom sempet nelpon sih baru baca blog2 orang aja.. Trus ada RS Premiere Bintaro, ga bisa dibilang deket juga sih, itungannya ke Bintaro sama ke Puri sama ke Blok M beda2 tipis ongkos dan capenya kan.. Googling2 RS Sari Asih Ciledug, ko info soal senam hamilnya dikit ya, dan ga gitu rame recommended gitu di blog2, alhasil drpd nanggung ya skalian deh ke Asih aja langsung.. beberapa temen jg lahiran disana dan udh pernah nyoba senam disana pun kayaknya membuat gw cukup tertarik utk ikut mencoba.

Akhirnya tepat 2 Mei, pas akhir minggu ke 35, gue datang mengikuti kelas senam hamil. Sempet agak ketar-ketir takut telat karena kepengen ikut sesi yang pertama jam 8 pagi, Alhamdulillah ga macet… berangkat sama Dodot dan begitu sampe Asih langsung ke bagian Administrasi utk daftar, trus bayar dan dikasih kartu anggota senam hamil. Oya, tiap kedatangan, bayarnya 40,000. Dan senangnya mereka terbuka bgt dengan ibu2 dari rumah sakit lain seperti gue ini wakakak.. (parno aja takut dianggap sebelah mata). Begitu udh beres, langsung disuruh kearah poli anak karena ruang senamnya ada di deket situ. Sampe deket poli anak, dipanggil suster lagi untuk ukur tensi dan berat badan. Trus datanglah seorang suster senior (yang belakangan gue baru tau kalo ternyata dia adalah bidan dengg, bukan suster, dan setelah gue browsing saking niatnya, gue baru tau kalo namanya ya Bidan Penny.)

kartu senam hamil

kartu senam hamil

Bu bidan suruh gue langusng nunggu dulu di ruang senam, dan bahkan Dodot dibolehin masuk, padahal dari rumah dia udah niat mau nongkrong di bawah aja sambil cari jajanan huuuuuu, akhirnya krn penasaran jg kali ya, Dodot ikutan nunggu di dalem. Gue waktu itu orang ke-2 yg dateng. Total yg senam hamil sekitar 5-6 orang, dan pas minggu pertama ini, semuanya kompak lagi pada bawa suaminya masing2. Ruangannya cukup dingin, ga ngegerahin gitu lah pokoknya, trus cahaya redup dan bikin pewe. Well, actually gue suka sih sama aura RS Asih yg lebih kayak rumah yaa drpd RS, jd pas senam pun sama juga, suasananya tenang gitu… jadinya konsen bgt sama arahan Bu Bidan. Di senam hamil ini diajarin gerakan kaki biar ga kram, cara napas yg bener kalo mulai kontraksi, posisi tidur miring kanan kiri, dsb dsb.. setiap gerakan ada tujuan dan fungsinya dan itu dijabarkan dengan sangat jelas. Gue sampe terbengong2 kayak anak sekolah baru dpt ilmu baru gitu hehehe.. dan pas nengok ke Dodot pun, ternyata dia juga nyimak lho setiap perkataan bu Bidan, pasti deh nih norak mode on juga sama ky gue hehehe..

Pas mendekati akhir, ada sesi latihan mengejan (ngeden), tapi baru boleh utk yg hamilnya minimal 36 minggu. Nah gue pas pertama kesana, masih jd pengamat, eh pas pertemuan kedua Sabtu lalu, akhirnya bisa latihan juga. Si Dodot dari awal udah penasaran dgn latihan ngeden ini karena kan suami diminta ikut bantu pegangin istrinya yah dari belakang, nah dia seneng bgt pas akhirnya bisa mempraktekkin… bahkan dari minggu pertama senam sampe pertemuan minggu depannya itu, Dodot selalu bahas, “nanti aku bantuin kamu latihan ngejan dong yaaa sabtu besok??” hehehe semangat bgt pak..

Oya, gue juga sempet nanya ke bidan Penny bhw posisi bayi gue melintang dan bahkan terkahir kontrol malah jd sungsang dgn tali puser melilit lehernya. Trus bu bidan tetap nenangin gw kalo you still have plenty of time utk olahraga dan membuat posisi bayi jd turun ke bawah.. dan dia anjurin untuk latihan nungging kayak yg tadi diajarin, yang mana ternyata memang sama dgn gerakan yang disuruh sama dokter gue. Cuma durasinya aja ygmusti lebih lama. Nahhh ini nih PR gue sampe skrg.. klo di rumah masihhh aja males nungging krn keburu capek, masih kenyang krn abis makan (melulu), dsb dsb.. Hufff.. semoga klo nanti udah cuti, bisa lebih intensif..

  1. Berikut sekilas rangkuman hasil 2x senam hamil di RSB Asih :
    Jadwalnya : (klo ga salah dgr ya), yg pagi itu, Rabu dan Sabtu. Kalo Sabtu ada 3 gelombang, jam 8, trus jam 09:30, sama 12:30. Cuma yg sesi berikutnya gue ga prnh tau rame apa ga, soalnya ga pernah sesalipan ama bumil2 lain.. better sih shift pagi yah, jd bisa brgkt pagi2, belom macet, belom keringetan hehe
  2. Ongkos per kedatangan : Rp. 40,000
  3. Bawa kostum hamil sendiri, biasanya gw pake legging dan kaos gombrong sih..
  4. Suami boleh masuk. Tp klo suaminya ga dateng, trus mau dateng sendirian sih cuek2 aja gpp kok..
  5. Abis senam dapet the hangat sama air putih. Mayan..
  6. Akses untuk bertanya ke bidannya sangat terbuka lebar. Bisa nanya sepuasnya klo ada pertanyaan2 bodoh di kepala..
  7. Selama kemarin ikut 2x, ada aja gerakan yang baru sih, yg dikasih tau. Ga full semua baru, tp di-combine.. jd referensi kita ga itu2 aja..

Jadi kesimpulannya dari hasil 2x ikutan senam :

  • GUE KETAGIHAN.
  • Of course akan datang lagi, cuma jadwalnya minggu pertengahan Mei ini jd agak kacau karena bnyk tgl merah dan bidan Penny kasihtau klo dia cuti panjang sampe tgl 20-an Mei. Jadilah gue kayaknya baru bisa mule dateng senam lagi di tgl 20-an Mei, karena sampe tgl 13 (Rabu), ga bs ikut sesi pagi krn masih kerja)…
  • In my opinion, senam hamil ini efeknya sih lebih ke psikologis yaa ke gue.. maksudnya: gue jd lebih hepi, lebih rileks, dan pengalaman baru bangettt buat gue, dimana gue dijejerin smaa ibu2 hamdun lainnya, jadi ada rasa senasib sepenanggungan gitu.. efeknya di Dodot pun demikian, dia seneng krn itu new experience buat dia dan berasa semakin “bapak-bapak”. Hehehe. Jadi, walopun misalnya (jangan sampe sih ya), dedek harus lahir lewat operasi, gue akan mematangkan niat utk tetap dateng senam sampe semaksimal usia kandungannya dedek nanti.. intinya, selama belom brojol2, gakue akan dateng.
  • Senam hamil itu ternyata penting ya, buat nambah wawasan kita terutama yg hamil anak pertama dan bloon kayak gue. Minimal gue jd kebayang apa yg akan gue hadapi pas bersalin nanti. Semoga aja gak lupa ya.. Dodot sih untungnya inget bgt latihan napasnya, jd semoga dia bisa ngingetin gue klo gue nanti panik hehehe *gue gitu lho*
  • Dodot naksir suasana rumah sakit Asih. Iya sih emang homey banget. Gue pun sempat terpikri, apa nanti kalo hamil lagi kontrol dan lahirannya di Asih aja ya??… gue bilang ke Dodot, kalo dikasih rejeki anak kedua, pasti usia gue makin menua (lebay), kynya udah ngap-ngapan klo ke Budi Kemuliaan lagi, jd mungkin aja pindah ke Asih. Sisa nantinya pilih2 dokter obgyn lagi dr awal, kok ya masih ragu2 hehehee udah sreg ama dr. Alwin soalnya. Ya kita liat nanti deh yaa..
  • Sekarang lagi coba cari jdwl alterntaif di RS lain, jd bisa ikut jdwl dr 2 RS yg berbeda (oke, gue kerajinan).. soalnya gue merasa gue telatt bgt nih ikutan senam. Hiks.. mengingta dedek kayaknya udah mau brojol aja kan.. belom puas gituuu… 😀

So, merangkum semuanya, gue simpulkan bahwa : nyoba senam hamil itu very recommended buat bumil2 baru khususnya, trus senam hamil di Asih itu penilaian gue very satisfying deh, skala 8/10. Belom nyoba RS lain sih jd ga bisa compare, tp dgn segala effort yg gue keluarkan, mule dr bangun pagi, uang, tenaga, semua terbayar dan gue ga nyesel.

Advertisements

2 thoughts on “Perdana Nyoba Senam Hamil di RSB Asih

  1. Hi bun inay salam kenal yah, dengan bun fiqa…

    Kebetulan lg cari2 senam hamil yg terdekat dr rumah, nemu juga pembahasannya yg d sari asih…
    Aku biasa kontrol dharapan kita, tp ternyata kalo senam hamil cuma ada hari kerja, huhu pupus sudah harapan karna ga bisa bolos kerja…

    Mau tanya2 donk, jadi di sari asih seragam dr kita sendiri yah?soalny d harkit dikasih tau ada baju gantinya…

    Trus selain kelas senam, bun inay tau ga ada kelas apa lagi?misal kelas music, laktasi, dll?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s