Balada Project Ngasong Bikin Pusing

Sampai saat ini gue masih suka nerima tawaran-tawaran untuk freelance project assessment, bahasa psikologinya sih “ngasong”. Biasanya 1 hari aja, weekend (sabtu) sebagai assessor, mostly ga full assessment sih, cuma interview, trus bikin laporan deh. Alasan utama bukan soal duit tambahan dan segala finansial lainnya, melainkan semata untuk memperluas networking aja, jaga-jaga jika kelak suatu saat nanti gue insap, trus resign dan memutuskan untuk kerja freelance aja, udah tau gitu bisa nyangkut kemana., ya kannn..
Nah minggu lalu, gue nerima tawaran untuk jadi assessor dari sebuah biro psikologi PT XYZ untuk tes penjurusan SMA yang pelaksanaannya akan dilakukan di sebuah franchise bimbel ternama di Jakarta. Ups, gue ralat, bukan sebagai assessor, melainkan sbg tester, scorer, dan membuat laporan psikogramnya. So, it supposed to be easier dong yaa, walopun klo dari kasta assessment, jadi skorer dan tester itu kasta terendah bgt boss huahuahua biasa gue terima beres udah diskoring jd sisa bikin laporan or sambil wawancara aja.. *jumawa* tak disangka tak dinyana, keputusan tersebut menjadi salah satu keputusan ngasong yg paling gw sesalin alias gue gak mau lagi alias kapok sekapok-kapoknya.. Kenapa demikian, oke gue akan cerita kronologisnya, dan bakal agak panjang, so.. sabar-sabar yak kalo mau baca..
Biro ini adalah tempat kerja salah satu eks temen kantor gue, hmm actually gue blm pernah dgr namanya sih walopun ternyata bironya punya salah satu psikolog ternama, oke lah. Nah di suatu sore yg indah, gue dpt whatsapp dari temen gue itu, intinya nawarin kerjaan, yowes lah, dgn tujuan memperluas networking itu tadi, gue langsung meng-iya-kan, langsung whatsapp Dodot dan karena itu acaranya di hari Minggu, gue tanya nyokap juga apakah available karena Kanna kan harus gue titip ke nyokap juga. Semua merestui, maka gue cuss langsung bilang iya. Ajakan awal untuk dua periode, periode 1 (yg gue ikuti) dan periode 2 (minggu depannya lagi, yang mana gue belum iya-kan saat itu karena gue baru, jd gue ambil 1 dulu untuk tau ‘medan’nya gimana..)
Lokasinya sendiri, gue belom tau dimana, karena kerjasama dengan bimbel, gue dijanjikan akan ditempatkan di bimbel yg paling deket rumah gue,oke lah.. Harga pun gue dibayar berapa, gue gatau dan gue ga langsung nanya saat itu, bismillah aja. Gak lama setelah ngasih data diri dsb via email, gue pun menunggu. Oya, gue diajaknya itu sekitar H-4 dari hari pelaksanaan. Agak mepet kan yaaah pemirsaahhh? (gue masih denial ya udalayaaa, namanya juga nyoba, kalo cocok lanjut, kalo ga ya cukup tau aja, begitu pikir gue). Dan bener aja dong…
H-2, gue baru dapet info lagi, itupun ga tuntas, alias setengah2, mending setengah, ini sepertiga sepertiga nya alias dikit-dikittt bgt.. ngeselin bgt karena mulai terasa kalo biro ini ga siap nerima project (yg harusnya jd project gede yaaa)..

Ini beberapa hal yg gue alamin, gue urutin aja ya :

  1. Gue dimasukin ke dalam group WA, yg isinya segala tester skorer lain yg gw gatau siapa, zzzz plus orang2 biro yg jd PICnya yg gw jg gatau siapa, pokoknya tiba2 gue udah masuk grup WA aja, zzz *silent mode* langsung deh gue silent kan. Dan itu dimasukin di H-2 itu. Acara hari Minggu pagi, gue baru dapat info gue ditempatkan dimana itu di hari… sabtu siang. Anjisss.. Untung bener deket rumah yaa, sisa ngojek dikit sampe.. Yg bikin males adalah, ada bbrp temen assessor yg dilempar2 ke bimbel yg lokasinya jauh dr rumah mereka, pokoknya ada yg random gitu, kan kasian yaa, udahlah dadakan, mereka gatau tempatnya pula dan jauh dr rumah dan itu Minggu lhooh pliss deh… cara biro ini membangun komunikasi via WA grup adalah cara yang gak professional dan nganggu banget sih buat gue..
  2. Sabtu malam minggu, setelah gue tau penempatan biro dimana, gue pun makan malam diluar sama keluarga, bawa Kanna juga, dan lagi di jalan, rempong dong yaah.. ehh orang PIC bironya nelponin gue terus, pertama ga keangkat karena gw rempong, trs pas gue angkat, apaa cobaaaaakk… dia menawarkan gue apakah gue mau menjadi PIC cabang bimbel tersebut. Jobdesc PIC itu adalah bertanggungjawab terhadap alat tes dan segala printilannya, itu aja sih. YAHH GIMANA COBAKK.. lo kasitaunya ke gue sabtu malemmm, dan gue yg bingung *plus agak kesel* saat itu cuma blg, gue bersedia aja, tapi jujur ga ada bayangan karena belom pernah, dan gue ceritain kondisi gue yg juga harus pumping kan, jd pasti gue istirahat akan pumping jg.. si mas dari bironya ini pun bilang, kalo untuk bimbel deket rumah gue itu, cuma gue doang yg psikolog, gue ada 1 partner, dan dia cuma S1, so dia ga bisa jd PIC. Zzzzz gimana sih. Trus yg murka lagi, ternyata alat tesnya itu belom disebar ke bimbelnya, melainkan,…… masih di rumah si mas ini, dan si mas ini nanya apakah dia bisa Gojek-kin alat tes ke rumah gue?? WHATTTTT.. pertama, gue lagi di luar rumah yaaa, malem pula itu jam 7 malem, lo mau GOjekkin jam brapeee? Kedua, kok lo enteng bgt bilang mau Gojekkin, alat tes lohh pemirsa, kalo ilang di jalan gimana, trus gue bawanya gimana besok ke bimbel? Sendirian? Maksud lo apa sih.. duh pokoknya pas tau soal alat tes itu, gue udah males semales-malesnya.. rasanya pengen mundur aja tp gue masih tahan2… Singkatnya, alat tes tetep dikirim by Gojek tp ke rumah partner gue yg S1 (yaiyalah kali deh gue malem2 nungguin abang Gojek helloo..) Sebel yah maksud gue, kok jd gw ikutan repot ya sama sesuatu yg seharusnya jadi tanggungjawab lo sebagai biro pelaksananya, ya kan??
  3. Tibalah hari H. aturan untuk datang sampe lokasi jam 7 pagi ga gue turutin karena gue udah kesel, so gue sampe lokasi jam 07:45 pagi wakakaka bodo amet, lah tesnya aja jam 8 kan plus PIC nya gue dan cuma berdua pula, ya udalayaaa… Sampe di bimbel, yg terjadi adalah chaos, karena….. murid2 yg dateng banyak bangettt as in melebihi kuota. Jadi ya, itu kan bimbel SMP SMA ya, nah alat tes cuma sedia 50 buah, karena setelah gue konfirmasi ke mas2 bironya, untuk cabang gue, data peserta ada 48 orang (setelah koordinasi mereka dgn pihak bimbel), PALE LU 48, yang datang hampir 70-an orang lhoohhh.. dan yg anak SMP ditemenin ortunya masing2 maklum mgkn krn mau psikotes, pagi2 hari Minggu pula, udah prepare bgt dong ya, segala alat tulis sampe kostum. Gue yg kelimpungan. Pulsa telp gw habis karena harus nelp si mas2 biro itu, trus koordinasi sama mas2 yg jaga bimbel (yg gw duga adalah OB nya karena dia gatau apa2 soal prosedur dan alur komunikasi sampe ada miskom parah kayak gini). Karena gue cuman berdua, alat tes terbatas, akhirnya gue cuma bs kasih solusi untuk memulangkan anak2 SMP yg ada disana, dan bersikeras dgn jumlah 50. Pihak bimbel gam au mulangin karena ada ortunya dan takut dikomplen.. LAH, MASALAH GUE?? Kesel bgt bgt dan mood lsg drop utk ngetes, duh pokoknya bener2 nyesel bukan main. Apalagi bimbelnya dapat info kalo tes diteruskan aja dengan ganti2an dan sampe sore pun gpp dan si mas2 biro malah gue telp suruh gw fotokopi alat tes, YEHHHH NYEBELIN. Saat itu gue langsung bilang aja ke pihak bimbel klo gue Cuma dijanjikan sampe jam 2 dan 50 orang saja, gak lebih. Kondisi ini berlangsung dr pagi, sampe gue jadi tester masih aja tu OB nya bimbel nanya2 gue mulu gimana nya gimananya.. ya lo panggil lah majikan lo ya ga sih.. double murka.
  4. Akhirnya, setelah chaos mereda, jumlah yg gue tes saat itu 25 orang, partner gue 27 orang (lebih 2 org krn 2 org ini beneran ga mau pulang). Aalat tes pun dibagi 2 ya, 25 di gue, 25 di dia (2 org lagi terpaksa ganti2an deh, untung bukan gue testernya). Worst nya adalah, si biro ga nyiapin alat tes cadangan atau lebihin dikit 1-2 rangkap buat pegangan gw sbg tester, lah gue kan harus administrasiin tes jg dong, gimana sih, belum lagi kalo ada yg salah nulis, robek, dsb, mereka gak nyiapin cadangan sama sekali. GILAK BANGET DODOLNYA.
  5. Entah sial di gue apa gmn, bimbel cabang gue ini, sempet mati lampu gitu 1 jam-an, dan mereka ga punya genset, jadilah gue kegerahan, dan anak2 SMA yg pada psikotes itu juga gelisah, ga fokus dong yaa.. udah mana ruangannya sempit, klo mau nyontek ya bisa bgt wong sebelahannya bgt sama temennya.. intinya ruang tes ga kondusif dan bikin jelek IQ aja deh huwwwwww
  6. Selesai segala tes, itu jam 2 siang, langsung pulang, dsb.. gue dibombadir terror WA grup bahwa segala rekapitulasi hasil tes dan laporan itu harus jadi dalam…… 4 hari. 4 hari bokkk.. eh gini ya, itu alat tesnya aja IST, trus Kraeplin, trus Kreativitas Figural yg mana skoring aja msuti mikir jug abos,, ga bia capcus main ngasih skor aja dong, perlu ketelitian, waktu yang kondusif, dsb dsb.. gue heran deh sama bironya, udah lah mereka juga ngeh kalo tu si bimbel miskom berat, bukannya dinego soal deadline malah diturutin aja maunya si bimbel zzz neneng banget… gue udha mulai males ngerjainnya kan ya, bahkan gue sempet WA mas2 bironya utk blg ketidaksanggupan gue, dan gue nyerah dan gue akan balikin berkas tes dsb, cuma kayaknya mereka ga nerima penolakan gue itu dan gue ditanya balik kapan gue bisa selesaikan (kalo mundur dr deadline)… Ya udah deh, selama 4 hari menuju deadline itu, tu segambreng2 berkas tes 25 anak SMA yg penasaran ama tes penjurusan mereka, gue bawa ke kantor, gue kerjain skoringnya di sela2 kerjaan kantor gue, untung pas itu bos gue ga ada, jadi bisa leluasa ngerjainnya (emang udah takdir bgt kali ya ini).. persoalan selesai? Belum. Di rumah, pulang kantor, biasa gue abis mandi, makan trs ngangonin anak, skrg harus titip suami pegang kanna sehingga gue bisa laptop-an ngelanjutin rekap dan laporan, cuma berhenti buat netein Kanna aja sampe dia tidur. Kelar2 jam 11 malem, dan gue harus pumping dulu sblm tidur, belum kalo kanna bangun dsb, wah itu 4 hari bak neraka deh, kurang tidur dan mood acak2an dan gue nyalahin bironya yg gak professional huahauahuahauaaaaaa *tereak kayak Tarzann*
    Dan darah air mata pun berakhir saat gw berhasil kirim laporan dan rekap tersebut sesuai deadline. Huahh Alhamdulillah itu kuasa Tuhan dan kebaikan suami gue banget dehh.. bener2 lega luar biasa dan langsung mengambil hikmah untuk ga lagi2 terima tawaran dari biro tersebut.
    Huffff, kadang kepikiran, mungkin karena gue masih kerja full time kali ya jadi rempong sendiri sama deadline assessment hasil ngasongan, Cuma ya, gue pernah menjalani masa ngasong dengan biro lain dan asik2 aja tuh, walopun di biro lain, geu ga skoring sih Cuma wawancara n bikin laporan n deadlinenya pun seminggu lebih untuk 7-8 laporan saja, dengan fee yg kurleb sama dengan yg gw terima di biro satu ini. So, salah gue, salah temen-temen gue??

Pelajaran yang gue ambil dari tragedi ini :

  1. Berpikir dua kali untuk ambil kerjaan ngasong assessor yang… kerjaannya mencakup SKORING DAN TESTER ALAT TES. Bahhhhh takes time dan bikin pusing bgt huahuahaua hello, apa gunanya anak2 S1 masa ane psikomo masih disuruh skoring lagi sik??? *sombong kelas kakap*
  2. Mungkin lebih enak ambil project weekdays, jd skalian bolos aja dr kantor ye ga sihhh.. jd weekend gw tetep ga kepake dan bisa kruntelan sama Kanna (huahauaua semoga bos gue ga baca ini)
  3. Mau situasi kayak gimana jeleknya, tetep berusaha untuk kasih yg terbaik semaksimal mgkn, salah satunya kasih laporan sesuai deadline, dan itu sudha gue lakukan. Walopun gondoknya setengah mati. Alhamdulillah, setidaknya gue kesel tp nama baik gue tetep terjaga xixixixi..
3 thoughts on “Balada Project Ngasong Bikin Pusing

  1. naomitobing says:

    Gua bacanya emosi gilak! Kalo jadi lo gue udah balikin tuh semua alat tes dan ga peduli mau dia tanya bisa diselesaikan sesuai deadline ga. Udah mana dia kasih alat tes mepet banget. Buset pede banget! Sumpah, ini nyebelin banget! Lo sabar banget deh in.

  2. Mi!! aslikk huahuahuahua iya yah ngapa gue sabar amet, ye.. saking udah gondoknya dah, lebih gondok lg, pas gue apdet, ternyata bayaran gue baru dicairkan…awal bulan desember!! bahh lelet gilaasss.. masih duluan gue gajian drpd honor tu biro. bener2 minta dipaketin bom dhuarr huahuahua

Leave a Reply

