Pengalaman Buruk dengan Orami Bilna

Gue udah beberapa kali bermasalah sama online shopping, tapi seinget gue nggak yang sampe trus duit gue dibawa kabur tapi barang nggak dikirim, palingan cuma sebatas lamaa, trus udah nunggu-nunggu eh barangnya nggak ada, trus rempong minta refund-nya atau mau gak mau harus deposit di account-nya atau ganti barang baru yang harganya sama.

Nah, pengalaman kali ini sebenarnya nggak bisa dibilang buruk juga sih… tapi..bikin kapok banget.

Belakangan memang gue lagi seneng-senengnya belanja popoknya Kanna online. Alasannya: karena murah (well, murahnya sih murah harga sama kalo Indomaret/Alfamart lagi diskon), dan yang terpenting adalah bebas ongkir. Biasanya gue beli di Blibli atau Lazada. Alasan lainya adalah karena bebas ongkir, gue bisa borong misalnya 4 pak sekaligus (biasanya dalam 1 kardus), sementara kalo gue beli ketengan, selain nunggu promo Indomaret dkk, maksimal gue hanya bisa bawa 2 pak karena seringnya gw naik angkot kalo belanja, atau gojek, belom ama ongkos gojeknya heheh.. atau solusi lain ya pas nyokap lagi belanja bulanan ke Hari-Hari atau Giant bisa naik mobil kan tapi itu pun ga jelas kapannya dan belum tentu lagi pas promo disana. Sejauh ini untuk e-commerce yang menurut gw paling jempoll dalam hal pengiriman barang ya Blibli, karena gw pernah order trs sampe di hari yg sama pula, mejikkk.. dan mereka pake kurir internal gt. Lazada oke juga sih..

Nah salahnya gue, adalah impulsif dan iseng mau nyoba-nyoba beli di channel e-commerce yang berbeda, jatuhlah pilihan itu ke Bilna, yang sekarang namanya berubah jadi Orami Bilna. Google sendiri yaaa websitenya. Jumat pagi, gue beli popok 3 pak, merk yang berbeda dari yang biasa Kanna pake sih, cuma harganya jadi sedikit lebih mudah dari biasa tu merk klo diskon di Indomaret. Maka tergodalah gue. Klik klik klik, bebas ongkir pula, langsung lah gue bayar hari itu juga. Dudulnya gue, gak sempet google-google lagi soal review atau pengalaman orang lain selama belanja disana. Cek IG dan Twitternya pun tampak normal-normal aja. Sampe akhirnya pas gue selesai bayar, kan dapet notifikasi tuh ya ke email kita kalau “pembayaran sudah diterima dan pesanan Anda akan segera diproses”. Gue masih santai-santai aja. Trus standar sih, kita musti sign up dulu jd member mereka, login , trus bisa liat update-an pemesana kita sampai dimana. NAH! Bagian yang ini nihhhh yang nggak muncul2. Jadi gue mulai panik karena meang gw diberi no orderan, dan dikirim via email, tapii kalo login ke websitenya, gw gagal terus masukin tu no orderan, dibilangnya no tersebut tidak terdaftar. Heeeehhhh… gue chat lah sama CS nya, dan anehnya, kalo tanya ke Csnya, dibilangnya pesanan kita udah diterima lagi dalam proses. ZZZZ.. mulai perasaan gak enak karena kok websitenya error parah dan seperti nggak termaintain dengan serius.

Keesokan harinya, yakni hari Sabtu, gue masih belum terima update sampe dimana pemesanan gue. Pas gue chat lagi sama adminnya, ini yang GONG :

Pesanan Ibu telah kami teruskan kepada supplier kami dan akan memakan waktu 10-14 hari kerja. Untuk barang berupa popok dan susu tidak tersedia di gudang kami sehingga harus kami teruskan ke supplier. — kira-kira begitu lah penjelasannya.

HALLOOOOOHHH…

Gue kalo nunggu 1-2 hari kerja oke lah, tapi berhubung pernah merasakan keajaiban pesen pagi sianter siang hari dengan Blibli, maka Orami ini sungguhlah ngajak becanda donggg.. lu kireee sebentar apa 10-14 hari kerja itu????!! gue bisa pake uangnya untuk beli sendiri di toko sebelah kannn.. Dann yang gue heran lagi adalah, Orami Bilna ini mengklaim diri mereka sbg e-commerce khusus produk2 bayi. Kalo lo visit websitenya, akan muncul aneka rupa produk bayi dari yg cemen macem bedak, sabun sampe yang masyhur macem stroller dan box tidur bayi. Ya masaa dengan jati dirinya tersebut untuk popok aja mereka musti bikin PO ke pihak ketiga sih?? Udah gitu lama pula.. zz nanti kalo udah 10 hari kerja ternyata stoknya ga ada, yang ZONK sahaaa? Gue kan??!

Mulai sebel dengan penjelasan CSnya, gue langsung bilang aja klo gw ga bersedia nunggu selama itu dan gue butuh banget uangnya utk keperluan lain. Intinya sih minta refund. Ohya, semua percakapan gue ke CS ini via aplikasi chat di website mereka yang alhamdulillahnya termasuk fast response. Singkat kata, hari Minggunya, pesenan gue berhasil di cancel dan katanya proses refund akan dilakukan minimum 5 (lima) hari kerja. ZZZZ.. pas baca penjelasan itu sih gue gemesss bgt, tapi trs alhamdulillah Senin ini duit gue udah berhasil kembali tanpa kurang sepeser pun.

Pelajaran yang dipetik dari kejadian ini adalah : sudahlahhh.. kembali lah pada e-commerce yang lebih profesional dan jelas-jelas aja pelayanannya. Hehehehe.. salah gue banget sih, untung duit balik ya mgkn klo ga balik gw nangis raung2 tanah *lebay*, ya sebenernya soal duit relatif sih ya, tp namanya emak-emak kan, ibarat kata goceng aja bermanfaat kannn.. *medit berat*

Ohya, trs pelajaran lainnya adalah sebaiknya browsing2 dulu di Google soal e-commerce tertentu yg mungkin ga tll leading dalam bisnis online shopping ini.. Gw pernah dgr sih soal Bilna ini, tp ga tau kalo ternyata sepertinya dia udah diakuisisi ama Orami trs apakah karena itu jd pelayanannya berkurang atau gn,,, klo gw cek di kaskus sih, reviewernya pada bilang mgkn mau pailit alias bangkrut, ga ngerti juga.

Nah berhubung review tentang Orami Bilna di Google ini termasuk susah dicari, apalagi yg dari personal blog, maka gue mau posting ini supaya bisa jadi bahan pertimbangan netizen yg mau belanja disana. Semoga pengalamannya lebih baik sih dari gue, krn gw ga bermaksud menjatuhkan nama Orami Bilna, Cuma gue insecure aja dengan infomasi-informasi yang mereka berikan terhadap proses pemesanan gue yang lama dan tampak berbelit-belit. Jadi daripada gue stress langsung aja gw minta batal dan refund. Sungguhlah pelajaran berharga dari hal-hal yang tampaknya sederhana ya. hehehe…

Advertisements

4 thoughts on “Pengalaman Buruk dengan Orami Bilna

  1. Maurra says:

    Ahhhh nyesel ga baca reviu mbaknya dulu, aku udh terlanjur order semalem, semoga baik2 aja dan barangnya original, krn harganya lbh miring dr harga konter aslinya 😥

  2. bundaradit says:

    Wah thanks bun infonya. Baru aja mau nyoba belanja di situ karena tampilan webnya menarik dan barang-barangnya komplit. Tapi jadi pikir-pikir lagi deh habis baca ini kayaknya mau balik belanja ke fawzia.babyshop aja deh, olshop langganan di shopee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s