Setelah 2 Bulan di Daycare

Bulan Mei ini tepat bulan ketiga Kanna gue taro di daycare dekat rumah (seperti yang pernah gue ulas di postingan ini). Sebenarnya awalnya mulai di bulan Februari, tapi masih harian, jadi kalau pas gue lagi ada kerjaan keluar, baru deh gue titip ke daycare. Namun lama kelamaan gue sendiri yang merasa gak enak, gak enakan sama daycarenya juga, gak sihhh..mereka gak maksa sama sekali, cuma bener juga kata ibu Gita, pemimpin daycarenya, bahwa mereka pingin gak sekedar buat dititipin aja, tapi juga bisa ada pembekalan buat Kanna, yang mana kalo cuma harian kan ga bisa jadi habit positif yaah.. anaknya juga ga terbiasa dengan rutinitas, padahal dia perlu itu.. hmm yah bener juga sih. Trus alasan lain lagi, kalo harian jatohnya jadi lebh mahal diitung2 perbulannya (yaeyalahh..) hehehe.. dan kalo harian tuh, setiap pagi nganter Kanna ke daycare, ya mau ga mau bayaran dulu ke Ibu pengasuhnya dan tu effort waktu banget.. akhirnya dengan kegalauan tingkat tinggi, mengingat sebenernya gue ga siapin budget khusus untuk memasukkan Kanna ke daycare as our long term financial planning, alhasil yah di bismilahin aja insya allah ya nak, ada terus buat kamu..

Trus setelah 2 bulan, apa aja perkembangannya?

Alhamdulillah udah keliatan perbedaannya.. fyi, Kanna ini emang sampe skrg ngomong masih ngoceh ga jelas, dan blom bisa diajak komunikasi pendek2, kayaknya sih ngomognya emang telat, secara giginya 10 bulan udah penh, (katanya sih klo gigi duluan, ngomongnya lama hahaha), nah selama di daycare, dia lebih aktif ngocehnya, trus pernah kepergok bilang Kakak..kakak, sama temennya yang usianya lebih besar, trus gandengan tangan di acara jalan pagi (ini laporan pengasuhnya), alhamdulillah.. memang salah satu tujuan Kanna gue taro di daycare juga biar dia bisa sosialisasi ama temen2 sepantaran dia..

Beberapa perkembangan lain yang sederhana tapi nyata :

Pas awal-awal masuk, kalo pagi kan pasti gue anter yah ke daycare, trus kalo dioper gendong ke pengasuhnya, pastiiii nangis. Dari mulai nangis kejer sampe nangis caper. Nah setelah 2 bulan, mejiknya udah ga pernah nangis lagi klo diantr. Udah bisa kissbye ke gue (meskipun dengan muka bengong, hukss), dan dadah-dadah, udah bisa cium tangan pengasuhnya pas ketemuan, pokoknya soal greeting udah beres deh. Anaknya juga mungkin udah ngerti yah klo ada hari2 dimana dia “sekolah”, jadi pernah abis sarapan, si Kanna lari ke garasi dan minta bukain pintu trus minta dipasangin sendalnya, dia tau banget hari itu bakal pergi ke daycare, jadinya lucu juga.

Trus kalo pas pulang, gue kadang jemput, atau nenek sama mbahnya yg jeput.. nah dari awal tuh gue jemput jam 4 sore, pas liat gue dia kayak bisa blg “ahhh thank God mamaku datangg horee pulang..” trus lsg meluk.. tapi beberapa hari ini, setiap dijemput, pasti 5-10 menit gue nungguin dia main sepeda dulu sama anak2 lain, pokonya adaaa aja aktivitas yg lagi dia kerjain sampe ga mau pulang! Ngeh nya ada gue jd lama, baru setelah diberi pengertian, dia mau pulang dan ga pake nangis. Kemajuan kan? Makanya skrg gue jd suka jemput dia jam 16:30 lewat.

Masalah makan. Nah di daycare itu adanya snack pagi, makan siang, ama snack sore. Ini juga salah satu yang gue gak nyangka bisa ada progress bagus. Kanna nurut bgt kalo makan di daycare, pernah sampe nambah 2 piring (kata pengasuhnya). Kalo snack sih kadang mau, kadang nggak. Tapi liat dia mau makan dengan taat meskipun masih disuapin (diajarin makan sendiri sih, tapi estimasi 15 menit makan sendiri, sisanya disuapin) sama orang lain selain gue dan neneknya itu mejik banget. Oya, gue bisa mantau kegiatan Kanna dari CCTV yang aplikasinya bisa diinstal di Android HP, jd mayan lah tau keseharian dia di daycare gmn.. Sementara kalo di rumah, beuhhhh jangan ditanya dramanya. Pokoknya banyak gaya, lari2 kesana kemari, dan udah jarang bgt betah di high chair. Trus *ngaku dosa*, karena gue ga sabaran, kzl, dan pemalas utk ngejar2 dia macemngasih makan bebek, maka gue suka kasih dia HP buat nntn Youtube any nursery song atau Upin Ipin sambil nyuapin dia. Berhasilkah? Ga juga. Memang jadi anteng dan suka ga sadar klo lagi disuapin, tapi ada masa2nya dimana dia tetep ga mau makan walopun dikasi Youtube. Hadeh… walaupun sampe skrg (kayaknya) anaknya belom yang addicted bgt sih, kalo gue lepas HPnya dan gue umpetin, dia ga nyariin dan udah lupa aja gitu.. cuma memang gue belom bisa full lepasin dia dari gadget (tapi bisa meminimalisir lah ya, setidaknya pas makan malam doang ama sarapan dan weeknd *loh ko banyak* hehe pembelaan bgt), dan berarti mgkn kekurangan dari sisi guenya, gue blm bisa bekerjasama dengan selaras sama daycare nya yang memang bebas dari aneka gadget. Hukssss… bingung dan dilematis yah soal gadget ini. Dan walopun berat badan Kanna masih susah bgt naik, trus variasi makanan dia belum banyak, laporan dari pengasuhnya kalo Kanna makannya habis tuh masih jd hal yang paling membahagiakan deh setiap jemput Kanna. Ohya, ditambah lagi, gue selalu stock UHT kan yah siapa tau diminum di daycare, dan belakangan Kanna mauuu minum UHT dan pake gelas punn minumnya. Tuh kan, kemajuan bgt ini mahh soal susu persusuan, secara anaknya klo di rumah sesukanya dia aja minumnya (biasanya ga habis, atau drama di buang2..)

Trus apa lagi ya.. sejak Kanna di daycare, gue jadi nyetok buku2 board book (thanks to Big Bad Wolf Book hehe) buat dia liat2 as an alternative distraction ya.. trs beliin dia lego2 blocks gitu, pokonya yang bisa bikin dia keep busy, secara selama ini Kanna mainannya diikittt bgt dan anaknya bosenan (masih sampe skrg).

Kekurangannya apa? Hmm klo dari daycarenya, mungkin ini bisa jadi kelebihan sendiri ya, tp bagi anak yg adaptasinya lama kayak Kanna, jadi dilematis (semoga sih tidak selamanya). Jadi, mereka punya aturan untuk rolling pengasuh, gue lupa tiap 1 apa 2 minggu gt deh, jd kalo pas udah pewe-pewenya sama 1 pengasuh, eh besokannya diganti. Kata daycarenya sih biar dia ga kolokan dan jadi mau sama siapa aja disana.. bnr juga sih.. tp selalu abis rolling pengasuh gue jd senewen krn pasti harus ngasih pengarahan dulu soal cara nyuapin Kanna, cara nidurin Kanna ama hal2 gak penting tp perlu lainnya, kayak misalnya sama Ibu A susu UHT Kanna jarang bgt dicoba kasih (kali anaknya mau khan), tapi pas sama ibu B dia telaten bgt trial error susu UHT sampe akhirnya Kanna mau minum di gelas. Nah contohnya yg kayak gt, kan gmn ga senewen. Tapi pada akhinya yah gue bismillahin aja, soalnya klo udah taro di daycare masih galau dan kepikiran, kan sama aja boong ya gak.. sementara kadang gue udh pusing stress bgt tiap Kanna di rumah apalagi klo dia males makan wkwkwkwk drama emak-emak ya

Nah ini adalah pertanyaan beberapa temen gue kalo mereka tau gue nitipin Kanna didaycare, berhubung gue masih freelance, maka pertanyaan mereka (yang mana gak terlalu dkt ya, kyk eks temen kantor lama, dsb) adalah :

“Trs, klo anak lo di daycare, elo ngapain dong?”

Hahahah.. begini yah teman-temin, ibuk-ibuk sekalian. Emang bener yah kata orang klo kerjaan Ibu Rumah Tangga itu dianggepnya ga ada kerjaan sama sekali, padahal urusan domestik ga ada habisnya. Dan gue sendiri mungkin memproklamirkan diri sebagai setengah Ibu RT, setengah working from home-mom.

Biasanya klo ada project, rutinnya tuh gue 1-2 hari dalam seminggu gue pergi ke kantor. Ngetes ama wawancara, jalan jam 8 pagi pulang jam 3 sore. Bisa juga pulang jam makan siang (yang mana gue bisa nyambi ke mall muter2 atau nonton dulu *keuntungan positif disyukuri aja*). Kalau lagi laris bgt, kekantornya bisa 3 hari dalam seminggu. Ini untuk 1 project aja yah.. alhamdulillah ama kantor yang ini sih langganan terus jadi masih berguna. Nah karena psikolognya ga cuma gue, maka ada masanya gue seminggu gak ke kantor tersebut (karena lagi giliran psikolog lain yg dipake). Trus yang gue kerjain apa? Di rumah aja, iyaa… klo lagi ga ada kerjaan, gue nyapu, ngepel, beres2, atau baca buku novel, nntn dvd.. TAPIIIII.. seringnya, gue NGERJAIN LAPORAN bosss. Jadi gini ya, yg namanya freelancer asongers psikolog itu pasti deh adaaa aja bawa Prnya. Dan PR nya itu laporan asesmen yang butuh pertanggungjawaban moral besar, jadi butuh  konsentrasi penuh ngerjainnya. Yang mana klo Kanna pas di rumah, gue gak bisa ngerjain totally, kelaaaaarr deh. Musti nunggu dia tidur malem atau pas dipegang bapaknya pas wiken, itupun masih suka nyariin gue gue juga.

Laporan ini terbagi 2, dari kantor yang gue jelasin diatas, sama dari project lain, yang mana project lain ini modelannya udah kayak sahabat pena, mereka memang JNE in laporan utk gue kerjain di rumah, trs sisa masukin sistem by internet dan berkasnya gue JNEin balik. Enak kan? Duitnya sih ga usah diliat yahhhhh uang kaget doang hahhha nasib. Trs kadang RSCM ada project 2 kali dalam setahun gue masih join dan ini project paling menyita waktu dan tenaga karena laporannya ribet bgt. So masa2 Kanna di daycare tuh klo ada yg blg gw ga ngapa2in rasanya pgn jitak deh dan suruh dia kerjain laporan asesmen gueeehhh.. bzzzz.. Nah kalo lagi bebas deadline kayak hari ini (makanya jd inget blog), gue biasanya udah settingin waktu mau lanjutin baca novel, nntn dvd atau mau kabur ke bioskop bentar buat nntn. Masalahnya klo ke mall kan butuh biaya juga ya, klo filmnya ga bagus2 amet gue juga males dan bisa gue tunda nanti aja skalian pas gue ke kantor kan. Trus plus nya lagi bisa tidur siang klo ga ada deadline hehehe..

Kangen sihhh mau kerja kantoran lagi. galau nya tuh ga kelar2 antara buka2 jobstreet tapi banyak tapi tapinya…

Abis ngobrol sama si ibuk ini, dapet pencerahan bhw mungkin emang lbh enak ngasong biar ga kena macet, bisa liat perkembangan anak, bisa ngurusin klo dia sakit dan hal2 domestik printilan yg mungkin jd ga bisa dilakukan klo kerja full, apalagi ya klo urusan kerjaan pasti dinomorsatukan kan, kebayang harus meeting tp anak sakit, pilih mana, trs temen gue itu blg gue mending ngirit deh ga beli baju baru tapi bisa sama anak gue. Wakssss bnr juga ya (trus kemudian galau lagi) hahaha..

Kalo pertimbangan di gue, klo pun gue ngantor full time, gue kan harus nitipin Kanna ke daycare ya.. smntr klo gue kerja, gue harus jalan pagi2 kannn, Kanna tuh harus sarapan d rumah krn di daycare ga kasih sarapan kasihnya snack (brunch), means siapa dong yg kasih anak gue sarapan? Masa gue repotin neneknya lagi? ga mungkin hire pembokat juga kan (pohon duit mana pohon duit).. Trus jemput dia pas pulang daycare, kalo diatas jam 17:30 sore, udah kena overtime 30,000 per jam, lumayan kan perbulan overtimenya, yg mana se tenggo2nya dgn kemacetan jahanam, gue baru sampe rumah jam 7 malem paling.. trus gmn juga makan malamnya Kanna? Masa ngerepotin neneknya lagi? yah klo sesekali gapapa lah ya.. klo rutin, ga enak jg ama nyokap heheh…. smntr cari kantor yg ngegaji gede biar nutupin pengeluaran itu semua kan ga gampang yahh apalagi yg karirnya remah2 rempeyek kayak gue ini.. jadi bingung kan… ya udah mungkin untuk saat ini nitipin Kanna di daycare dan gue tetep freelance adalah solusi terbaik dan insya allah rejeki ga pernah ketuker.

Advertisements

Perjuangan Mencari Susu Yang Cocok

Susu yang dimaksud disini adalah susu tambahan (either sufor atau UHT) buat Kanna. Ternyata yang gue pikir bakal mudah, malah menjadi perjuangan yang cukup bikin jambak-jambak rambut dan gemess (bahasa halus dari stres hehehe).

Jadi begini, Kanna masih ASIX alhamdulillah sampai usianya 1 tahun. 13 bulan bahkan. Nah ga lama setelah itu, tepatnya menjelang Lebaran, stok ASIP gue pun habis ludes des des.. dan oya, sebelumnya, semenjak resign bulan April, gue memang udah gak pumping lagi, segala peralatan perang jaman mompa ASI udah gue kardusin semua, pokoknya bener2 bertekad pensiun lah, ga diganggu guat. Penyebabnya selain udah ga pernah bengkak lagi si tete ini, gue kan udh lbh bnyk di rumah, jadi better nyusuin langsung, trus klo pompa lagi udah kadung males dan ga banyak juga hasilnya, jd intinya males. Mungkin sisis psikis gue juga sudah tersugesti bahwa ASI gue mungkin memang sudah sedikit, padahal selama ini Kanna kalau nenen tuh ya kenyang2 aja, buktinya ga rewel, bisa sampe ketiduran, trus alhamdulillah sehat2, walopun seriiiing bgt nenen kadang cuma diemut doang rasanya.

Nah berbekal kondisi tersebut diatas, mulai usia 1 bulan itu, gue bertekad mau kasih susu tambahan ke Kanna. Plus saran  kakek neneknya juga ya gue coba. Lagian yahh udah lewat target ASIX 1 th jd gw ga yg kekeuh2 ameet musti full sampe 2 tahun. Udah saatnya lah ya ni anak dikasih susu tambahan. Nah pencarian pun dimulai.

Susu pertama yg gue cobain ke kanna adalah Morinaga Chilkid. Yang reguler sih.. rasa madu. Gue sengaja cari susu serandom dan yg affordable dulu trus mudah ditemui di Indomart deket rumah. Capcipcup, gue beli trus gue cobain ke Kanna. Reaksinya? Dia ga mau. Waktu itu siang2 mau tidur siang, trus sempet keisep sihh di dotnya trus dia lepeh2 kayak orang jijik gituuu… bahkan saking penasaran gue kokopin pas dia tidur, jd kayak genang gitu di mulutnya, ehh tetep ga ketelen dong.. hukss. Dicoba lagi malemnya, tetep ga mau. Huff.. akhirnya oke deh mgkn ga cocok ama yg ini. Kalo dari rasa, gue cobain si Morinaga Chilkid rasa madu ini emang enak sih, tipe susu yg berasa richhh gitu lho rasanya.. mungkin Kanna jomplang bgt yaa ama rasanya yg beda jauh ama ASI.. hmm oke deh coba cari yg plain aja.

Merk kedua pun gue beli.. SGM yg rasa plain. Ini raanya pas gw coba sih beenr plain, tapi masi kerasa bahwa ini sufor, walopun dr segi kualitas rasa, beda ama Chilkid (yaiyelehh mure juga nyong). Dicoba ke Kanna, hmm tetep ga mau. Oke akhirnya strategi diubah. Susu ditaro di mug dia, eh tetep ga mau. Oke trus gue bilang sama nyokap, mungkin Kanna mau ngedot pas gue nggak ada, kayak jaman kerja dulu.. (walopun kalo pas masi ASIP, malem pun dia mau lohh ngedot ASIP, gue yg kasih sendiri). Yah siapa tau ini beda.. Maka pergilah gue.. dan nyokap kasihin dot sufor itu, huaaah drama dimulai dgn Kanna yg nendang2 tu dot, ditampar2 dotnya, dan berakhir dgn dia nangis2 mau nenen ke neneknya hahahaha.. sedihh tp kocak tp gemes tapi stress.. campur aduk rasanya. Sama sprti merk sebelumnya, pada kesempatan lain dicoba, tetep ga mau. Bahkan gue perah masukin sufor itu sbg tambahan adonan telor dadar, eh Kanna tetep ga mau! Hmm oke lah, percobaan kedua, failed.

Sementara itu, setelah 2 merk ini, gue pun curhat sana sini, survey sana sini, dan bnyk yg rekomendasikan UHT aja. Gue pun beli UHT. Dari mulai ultramimi, Ultra plain yg kotak biru, trus indomilk, susu Bendera purefarm, trs pernah gue coba Milo dan Dancow UHT siapatau enak kan rasa coklat, tapi.. ga bisa dibilang berhasil juga. Belakangan gue kasih Fresh Milk merk Indomilk, Diamond dan my fav brand yakni Greenfields, hasilnya ga maksimal. kalau UHT, Kanna itu minumnya dikiiit bgt. Dia adaptasinya lamban bgt. Ya i knoww sih mgkn baru ya buat dia, mgkn gw jg ga sabaran dan ga suka ama yg mubazir2 gt ga keminum malah kadang kotaknya dipencet2 sampe muncrat.. tapi bukan yang kayak “wah susu ini enak nih!” gitu mukanya.. alhasil, yg kotak kecil kayak ultra mimi pun ga pernah habis. Hufff.. gue mulai maless tuh disitu.. Putus asa banget.

Suatu hari Kanna sempet batuk2 gitu, makannya yg biasa drama jd makin drama dan GTM. Dibawa ke dokter skalian gw nanya2 soal susu menyusu ini, yah dokternya sih bilang ga pake sufo sbnrnya gpp, toh masi ASIX dan udah makan pun, jd gizinya bisa dr makanan dan ASI bla bla bla (yeah i know) nah masalahnya lg GTM dok, dokternya pun bilang wajar, suru lbh telaten dsb hadehh.. ga memuaskan gue sih sbnrnya walo ketebak krn dr awal emg dokternya Kanna ini sangatlah menjunjung tinggi MPASI dan ASIX. Maka gue pulang dr dokter dgn menyiapkan stok sabar..

Yg jd concern gue sih ya, karena walopun gue banyakan working from home, klo ada project biasanya juga 1-2x seminggu, kadang 1-2 kali sebulan, ga ketebak sih tp ada lah 1-2 project, nah kan Kanna ditinggal sama neneknya, ya.. kasian aja neneknya klo Kanna ga mau nyusu, apalagi dia anaknya harus nyusu dulu sblm tidur.. susah deh nidurin dia tanpa nyusu dulu.. Plus gue memang jangka panjang pgn cr kerja tetap lagi, dan Kanna ada rencana mau gue titip di daycare aja skalan ada temen2 nya kan, cuma klo ga mau minum susu khan jd kasian nnti ama petugas daycarenya, gmn kalo Kanna bikin drama, dsb dsb.. wah saat itu ya gue berpikir gue resmi deh tahanan kota alias ga kemana2 cuma jd gentong ASI anak gue aja nih..

Jeda antara 2 merk itu ke merk ketiga cukup lama.. sampe akhirnya gue beli Bebelac rasa vanilla, berbekal cerita2 ke temen gue yg anaknya cocok ama ini dan rasanya ga terlalu manis. Waksss. Menurut gue tetep rasanya manis. Dan ini merk yg Kanna paling anti malah.. udah di merk ketiga ini gue mutung dan ogah beli lagi saking putus asa. Beberapa saran dr temennya Dodot, sampe teen kantor adek gue menyarankan S26 Procal Gold dan akhirnya alhamdulillah dikasih sampel sama temennya adek gue utk nyicipin.. dannn hasilnya…. Kanna tetep ga mao… huuhuhu.. dari sini, setelah 4 merk.. gue mengambil kesimpulan beberapa, yakni :

  1. Kanna emang udah pewe sama nenen langsung semenjak gue resign.. jadi males nenen di dot lagi
  2. Kanna ga mau ngedot karena itu bayi banget, (tapi di mug ga mau jg, di kotaknya lsg jg ga mau, jadi ya mgkn emg ga mau aja)
  3. Kanna ga suka rasa susu2 tsb, dan mungkin masih mau klo merk lain, who knows? (tapi gue males krn mubazir hehehe)

Seiring berjalannya waktu, sampe detik ini, Kanna tetep ga ngedot, dan ga ada susu formula. Oya, dia juga ga terlalu suka ama es krim atau yoghurt, hmm klo dingin dr kulkas gt ga suka, ko udah ga dingin, makannya pun dikiit bgt, ga yg hap hap gitu.. trus paling sih keju masih mau itupun ditambah ke nasinya kadang2.. ya mayan lahh ya.. gue pun akhirnya pasrah aja dan ya udah deh yg penting BB nya masih masuk grafik WHO dan anaknya sehat2. Kalo gue pergi kerja, Kanna jadinya ga dikasih apa2, Oh! Paling air putih, karena Kanna ini sukaaaaa bgt ama air putih dan bisa minum kayak orang kehausan yg glek glek glek gitu bunyinya.. Dan entah kenapa mungkin emang jalannya dari Tuhan kali ya, jadi sejak tragedi sufor ga ada yg mau itu, memang project gw jd lebih dikit, well bukan dikit sih, jd gue lebih sering dikirimin laporan, bukan dateng langsung ke perusahaannya.. Mungkin Tuhan pgn gw di rumah dulu kali yaaa, working from home. Begitupun appply sana sini blm ada yg cocok, walopun gue gak ngoyoo juga sih.. cuma kayaknya gue akan ambil full time kerjaan lagi deh itung2 biar Kanna bisa disapih. Huahh disapih itu perkara baru lagi kali ya.. kuatir ni anak akan susah disapih.. yah we’ll see..

PS : Mungkin Tuhan juga menjawab doa dan tekad gue di awal kelahiran Kanna bhw gue akan kasih ASIX full 6 bulan, dikasih ehh sampe 13 bulan and still goes on, sampe2 anaknya ga mau berpaling ke susu yang lain. Terimakasih Tuhan. Semoga pengorbanan gue ga sia2 ya.. hehehe..