Cerita Kelahiran Kanna

Gw akan coba menceritakan proses kelahiran Kanna, sebelom lupa karena gw repressed saking (agak) trauma ama operasinya hahaha..

Preambulenya : tgl 3 Juni tepat 40 weeks 2 days, udh lewatin due date yg harusnya tgl 1 Juni. Nah, skenario gw dan obgyn, tanggal 3 Juni itu gw akan operasi caesar jam 13:00, jadi dipesenin suruh dateng ke RS jam 9an aja, udh puasa dari jam 7 pagi.

Fakta di lapangan : Dari malem tgl 2 Juni hari Selasa, gw udah merasa mules2 sekitar jam 10 malem. Mulesnya persis kayak mules mau pup yg udh berhari2 gak pup gitu, hahaha.. Dan bener, gue pun pup kan, inget malem itu makan ayam KFC sampe 2 potong sambil nonton pertandingan Tenis Roland Garros di tv.
Setelah pup, dibawa tidur, kok masih mules2, masuk toilet menyangka akan pup lagi ternyata enggak. Ya udah deh dibawa tidur. Bener2 ga nyangka klo itulah mules kontraksi..

Semaleman ga bisa tidur karena mules dateng hampir tiap jam. Dodot udh blg, apa bangunin bokap nyokap aja ya, gw menolak karena selain masih bs gw tahan, gw blm merasa klo ini tanda melahirkan. Sampai tibalah jam 5 pagi, gw ke kamar mandi dan pas mau pipis ada flek darah di celana dalam. Flek nya 2 tetes kayak klo kita mau mens gitu, dan darah segar. Wah langsung teriak dr toilet dan minta Dodot blg ke mama. Alhasil, pagi itu lsg ke rumah sakit gedubrakan, untung masi sempet mandi (yg menjadi mandi terakhir sblm nantinya ga mandi 3 hari pasca SC). Harapan mau sarapan enak pun pupus, padahal semalemnya mama udah masak daging bumbu rujak kesukaan gue wakakak, cuma minum segelas susu coklat kemudian papa, mama, dodot, nemenin ke RS berikut tas yg memang udh dipacking jauh2 hari.

Sampai di RS, langsung masuk ke UGD. Selama di perjalanan, mules2 udh mayan sering, skrg rasanya lebih kayak pas hari pertama mens, cuma merembet sampe pinggang ke belakang, sakitnya sih masi bisa ditahan, tp gak nyamannya itu lhoohh aslik ga enak bgt..

Di UGD, langsung masuk ruang perawatan, ada bbrp kasur, diukur tensi dsb, banyakan nunggu disuuh tiduran dulu sih, sambil bidannya nanya2 identitas diri gw dan suami zzzzz pdhl udh ada di buku saku pasien yg gw bawa, capedeh, untung sakitnya masi.bs gw tahan.. Oya, selama di ruang perawatan, Dodot nunggu di kursi luar, jdlah gw sendirian. Kadang ada pasien.keluar masuk, ibu2 yg mau lahiran, udh teriak2 kesakitan zzzz super ga ngenakkin, padahal udh ketutup tirai tetep aja kedengeran suaranya.
Tiba saat periksa dalem ama bidan, ewww sakit bgt dan ukur CTG bayi. Semuanya masih normal walopun gw iseng nanya apakah bisa lahir normal, dijawab bidan gak bisa karena masih sungsang wkwkwk.. Di detik terakhir masih aja ngarep normal lho..

Trs stlh bidan nelp obgyn gw, ga lama gw dipindahin ke kamar rawat inap. Digeret naik kursi roda seruuu juga (sakitnya lsg ilang sejenak hehe).. Masih inget bgt ruangnya di lantai 6, kamar 610, Mahendradata. Setengah jam dlm ruangan sendirian, Dodot nyusul masuk, nyokap dan bokap pun begitu. Trus obgyn visit di jam 11:30an, ngbrl2 bentar, my obgyn try to calm me, trs suruh siap2 jam 1 akan dibawa ke ruang operasi..

Setelah itu, menit2 menjelang dibawa ke kamar operasi, papa mama mertua dateng, kakak ipar jg hadir.. Trs suster dateng bawa kursi roda, dan diinfus, digeret ke kamar operasi di lantai 4, udh salaman sama sambil nahan nangis huhuhu ini momen unforgettable bgt deh..

Di ruang.operasi, Dodot ga blh masuk, jd emang alamat bkl berjuang seorang diri sihh..  Cuma smpt masuk ruangan khusus sblh kamar operasi yg lbh seperti ruang tunggu eksekusi hihi.. Disini Dodot nemenin bentar.

Setelah itu, semua terasa begitu cepat, tiba2 masuk ruang operasi, oya kondisi udh telenji ya, cuma pake baju yg punggung kebuka doang, keteter jg dah dipasang, berasa tubuh blarrrrr bugil pasrah (thx mom for reminding me abt this), di dlm ruangan, belom berasa dingin, cuma takuttt bgt karena kebayang bakal disuntik bius nyaa.. Ternyata ga begitu sakit (sakitan suntik pas diinfus), dan pas ditanya kakinya kesemutan ga, kebas ga, gue jawab nggaaakk.. Huaa jd kynya efeknya ga lsg kerasa ya.. Cuma lama2 kaki emg jd beraaat bgt ga bs gw angkat..
Trus segala topi dipakein, terlentang dan ada kain pemisah dipasang di dada. Obgyn gue datang dan beserta tim dokter lain, operasi dimulai.

Pertanyaan apakah pas operasi sakit, jawabnya enggak, tapi kerasaaaa perut kita diunyel2, diobok2, tapi gak sakit. Gw pun bisa mendengarkan percakapan para dokter, bahkan my obgyn suka ngajak ngobrol yg cuma gw jwb dgn cengiran miris hiahaha..

Gue ga mendengar tangisan Kanna pas dia lahir, rasa2nya tangisnya muncul saat dia sudah dibawa DSA utk dibersihkan ya.. Sayup2 terdengar obgyn gw blg “Ukur tali nya, ukur talinya”, mgkn tali pusatnya pendek, gatau jg..
Trs ga lama, gw dipertemukan pertama kali dengan Kanna, my daughter, lewat proses IMD. Ahhh berjuta rasanya. Masih inget bgt gw ama matanya yg menatap gue, hitam sipit, seolah berpikir ini siapa yaaa hehehe.. Bener2 ga bisa dideskripsikan dgn kata2 deh..

Trs tiba2 operasi selesai, dokter kasih selamat, dan tau2 gw udh di ruang pemulihan bareng korban2 SC lainnya, dan terkapar disana dari sekitar jam 2 siang sampe dianter ke kamar lg jam 10 malam. Huaaaa disini deh mulai efek bius bekerja, kedinginan kayak mau matiiiiikk,  menggigil bgt dan sampe ngadu ke suster tp ga dpt respon maksimal malah dibilang “itu wajar, Bu” dangggg!! Susahnya ketemu suami sendiri, berasa sendiriannya bgt.. Di sela2 pemulihan itu, papa, mama, adek, bude, bbrp keluarga besar dtg satu2 masuk utk sekedar say Hi.. All i need is my husband yg lamaaa bgt baru dateng nemenin.

Kanna baru dianter ke kamar keesokan paginya, alhamdulillah… Belajar netein, jemurin, gendong, tiba2 semua terasa begitu berbeda..

Kanna di RS sampe hari Minggu, jadi total 5 hari. Karena di akhir hari ke 3, bilirubinnya tinggi jadi dia harus difototerapi 2 hari.
Ada masa2 drama pas tau Kanna disinarnya diperpanjang, pdhl mama papa dan mertua udh komplit dateng sangkain Kanna pulang hari itu, ehh ga jadi. Mau merah ASI cm dpt 10 ml, stress dan sedih..
Belum lagi pas lepas perban operasi Zzzzz MAKSIMAL SAKITNYA ANJISSSS.. Bener2 yahhh yg namanya nyesss nyessss kayak ditusuk idup2, sini toyorin yg blg SC itu ga sakit huahaha!
Untung Dodot suami siaga, bener2 banyak pahalanya dr mule setia nungguin 5 hari 4 malam, makannya ga teratur, kurang tidur, bopong2 istrinya, bantuin mandiin di hari pertama gue lepas kateter yg mana sakitt luar biasa, sampe mungutin pembalut yg ada darah nifas jg udh dilakuin.. I love you fulllll, sayang..

Di sela2 hari itu, ada masa2 stenbei di ruang bayi utk nyusuin Kanna yg lg disinar, sampe jam 2 pagi, teman2 kantor, sahabat2 yg datang jenguk, dan hari2 membosankan susah tidur tp cape bgt.

Kanna tampaknya sudah tau, klo tgl 3 dia akan keluar dari rahim gw dan datang ke dunia.. Makanya dia mengirim pesan lwt mules2 dan flek.. Hehehe ketakutan jg ya nak, mau “dipaksa” keluar dr perut..

Kanna keluar RS Minggu malam, 7 Juni. Dan hari2 gue sejak saat itu, never be the same again 🙂

Semoga gue dan Dodot bisa menjaga amanah Tuhan ini dgn baik, dan menjadi orangtua yang baik juga buatmu, Kanna.

Posted from WordPress for Android

Kanna Hadir ke Dunia

image

Perkenalkan, ini anak perempuanku..

KANNA KHALILA WINAYA
Lahir di RSIA Budi Kemuliaan Jakarta,
Rabu, 3 Juni 2015, pukul 13:33 WIB
49 cm; 2,8 kg lewat Sectio Caesaria

Terima kasih ya Allah atas rahmatMu, terimakasih utk tim dokter, my Obgyn dr. Alwin Simanjuntak, SPOG, dokter anak dr. Mery SpA, seluruh keluarga besar, teman-teman tercinta atas doa nya.
Kanna artinya kuat, Khalila artinya yang disayang, Winaya artinya (ber)pendidikan. Semoga Kanna bisa jadi anak yg kuat, disayang semua orang dan punya pendidikan yang baik, aminn.

Cerita proses melahirkannya beserta hari2 selama di RS menyusul yaa (semoga ada kesempatan untuk menceritakannya disini)

Posted from WordPress for Android

Pregnancy Update #4

Setelah resmi cuti per tgl 15 Mei kmrn, atau di minggu ke 37 kehamilan, kesibukan baru adalah menggiatkan diri ikut senam hamil, bahkan ada sesi Rabu pagi pun dihadiri, wakakak walopun abis itu bisa escape bentar karena Yasintha ngajak ketemuan, yeahhh bisa jajan2 bakmi dan ngerumpi2 lucu..

Namun masa2 indah bisa jalan2 perlahan2 berakhir, karena selain udah bisa dikatakan “bisa lahiran kapanpun dan dimanapun”, di rumah udh dipasung dengan ketat oleh nyokap bokap. Pernah sekaliiiiiiii saking bosennya, ya, gue mengemis2 minta dikasih pergi nonton ke Puri Mall saking udah bosennya di rumah dan dibolehin walopun pake acara ribut2 kecil dulu mengingat nyokap ngelarang bgtbgw pergi sendirian tp disisi lain doi tau klo anaknya ga betahan bengong di rumah. Alhasil, minggu ke 39 pecah rekor ke mall sendirian, pesen taksi, meluncurrr deh.. Udh termasuk nonton Pitch Perfect 2, jajan DCrepes, dan cuci mata ke…..Hero, huahahah.. Hepiii banget meskipun yoi sihh deg2an takut brojol..

Oya, kontrol terakhir ke dokter, pas minggu ke 38, bayi masih sungsang aja dong.. Duh, deekkk betah amet yaa.. Emang gue nya juga sih ga bisa dibilang rajin gerakan nunggingnya, bisa dibilang kadang2 aja, selain karena begah (dan agak malas), klo sendirian dilakuin di rumah kok kurang termotivasi aja ya, beda klo pas hadir di senam hamil. Trus kontrol terakhir minggu ke 39, masihhhhh aja sungsang kan, pas periksa dalem pun, dokter belom merasa bayi gue udh turun ke panggul sehingga doi meramalkan akan telat dr due date 1 Juni. Trus di USG, selain sungsang, ada indikasi pengapuran plasenta dan air ketuban bagian atas rahim udh mule berkurang, so dokter kasih ancer2 sampe minggu depan pas 40 minggu. Nah, pembicaraan pun berlanjut dengan kecemasan dan keputusasaan gw akan nasib bayi ini (nasib gw yg dibatas kesabaran krn ga lahir2). Setiap orang udh nanya kapan lahir, bahkan Bidan di Asih sampe amazed karena gue masih aja senam di minggu ke 38, dimana ia ngira gue udh brojol zzzz, akhirnya per minggu 39 akhir, gue mutusin utk berhenti senam aja, jd total gue hadir senam hamil itu 4x yaah mayan deh hehehe..

Lanjutan lagi soal kontrol, karena bbrp pertimbangan antara lain posisi sungsang yg udh susah utk berbalik krn kepalanya mentok di bagian atas rahim means cuma keajaiban yg bisa mengubah, trus gue yg ga mules2, jarak panggul masih jauh menjangkau bagian tubuh bayi (pdhl kata orang2 perut gue udh turun bgt, tp pas di cek di dokter malah nggak tuh), dokter yg tadinya masih mengambil toleransi utk.nunggu sampai minggu ke 41, mengajukan opsi bahwa kontrol berikutnya ga usah ada aja, melainkan langsung operasi, yakni itu tgl 3 JUNI aja dong… Pas usia kehamilan 40 minggu 2 hari. Kecuali dari seminggu jarak kontrol ini gw ada mules2 nahh baru deh bisa tindakan emergensi (meskipun blm pasti normal jg karena balik lg liat posisi bayi).
Abis kontrol terakhir itu, gue disuruh ke lab periksa darah lagi, hasilnya untung cepet dan alhamdulillah normal. Dokter juga udh booked tgl operasi plus appointment di RSnya, intinya 3 Juni itu ya hari eksekusi gue bangeet huaaaa..

Sekarang 1 Juni, udh due date tp belom ada tanda2 mau lahir jg. Udah pasrah aja deh gue.. Jalan2 pagi udh males aja soalnya panasss bgt trus kulit gue udh mule gatel2 tiap keringetan dikit dan di deket rumah suka ada ulet2 bulu gitu lewat hahahaha gue kan jd takut jalan pagi lama2 (alasan aje)… Nungging masih sih tp juga jarang, skrg jd mule suka ngompres payudara dan mijet2 dikit tips dari bidan di Asih, berharap ASI gw keluar deh abis operasi bismilahhhh yaaa…

So, demikianlah kegiatan gue sehari2 di rumah ya makan, tidur, nonton tv (untung ada Roland Garros jd mayan terhibur), baca2, kipas2 kegerahan terutama di area paha dan selangkangan hahaha, main2 game di HP, buka2 socmed, browsing dr HP, udh deh gitu2 doang.. Keluar rumah cuma ke bank, dianterin bokap dan nebeng ngeceng di ITC Permata Hijau krn pas nyokap bokap lg mau kesana.. Pokoknya membosankan deh..

Semoga aja semua lancar, gue cuma pgn anak gw cepet lahir soalnya gue udh bosen dan eneg parah, maaf ya Nak, huhuhu walopun agak ga rela sih ni anak harus “dipaksa” keluar ama opung dokter. Semoga dia lahir sehat selamat ga kurang suatu apa, dan gue juga selamat melewati prosesnya huaaaaa *komatkamit*

Posted from WordPress for Android

Perdana Nyoba Senam Hamil di RSB Asih

Akhirnya kesampean juga nyoba senam hamil..

Dari dulu udah penasaran ama senam yang satu ini tapi entah kenapa dari bulan ke 7 klo bahas ke dokter soal senam ditanggepinnya biasa aja, belum perlu katanya. Baru deh pas dedek di USG trus ketauan melintang posisinya, dokter kasih PR suruh nungging2 minimal 20 menit dengan sekali nungging 5 menit.. Trus pas gue ungkit lagi soal senam hamil baru dese bilang, boleh.. bahkan ditambah pertanyaan, apakah ada senam hamil yg bisa dilakukan di RS dekat rumah? Emang deh dokter Alwin tau aja pikiran gue.. dari dulu mau senam hamil udah googling2 sih beberapa RS selain Budi Kemuliaan yg emang lebih deket jaraknya untuk niatin senam disitu. Karena males kan seuma senam 1 jam-an harus balik lagi ke Budi Kemuliaan huff hari libur pula (mengingat gue masih masuk kerja jd pasi cari senam yg hari Sabtu).
Begitu dokter udah kasih lampu ijo, langsung mantep mau coba di RSB Asih.

Gue udah browse2 dan nyatet2 jadwal bbrp RS utk senam hamil, salah satu yg deket rumah itungannya, adalah RS Puri Indah, kelasnya Sabtu pagi juga Cuma 1 sesi tapi.. gue belom sempet nelpon sih baru baca blog2 orang aja.. Trus ada RS Premiere Bintaro, ga bisa dibilang deket juga sih, itungannya ke Bintaro sama ke Puri sama ke Blok M beda2 tipis ongkos dan capenya kan.. Googling2 RS Sari Asih Ciledug, ko info soal senam hamilnya dikit ya, dan ga gitu rame recommended gitu di blog2, alhasil drpd nanggung ya skalian deh ke Asih aja langsung.. beberapa temen jg lahiran disana dan udh pernah nyoba senam disana pun kayaknya membuat gw cukup tertarik utk ikut mencoba.

Akhirnya tepat 2 Mei, pas akhir minggu ke 35, gue datang mengikuti kelas senam hamil. Sempet agak ketar-ketir takut telat karena kepengen ikut sesi yang pertama jam 8 pagi, Alhamdulillah ga macet… berangkat sama Dodot dan begitu sampe Asih langsung ke bagian Administrasi utk daftar, trus bayar dan dikasih kartu anggota senam hamil. Oya, tiap kedatangan, bayarnya 40,000. Dan senangnya mereka terbuka bgt dengan ibu2 dari rumah sakit lain seperti gue ini wakakak.. (parno aja takut dianggap sebelah mata). Begitu udh beres, langsung disuruh kearah poli anak karena ruang senamnya ada di deket situ. Sampe deket poli anak, dipanggil suster lagi untuk ukur tensi dan berat badan. Trus datanglah seorang suster senior (yang belakangan gue baru tau kalo ternyata dia adalah bidan dengg, bukan suster, dan setelah gue browsing saking niatnya, gue baru tau kalo namanya ya Bidan Penny.)

kartu senam hamil

kartu senam hamil

Bu bidan suruh gue langusng nunggu dulu di ruang senam, dan bahkan Dodot dibolehin masuk, padahal dari rumah dia udah niat mau nongkrong di bawah aja sambil cari jajanan huuuuuu, akhirnya krn penasaran jg kali ya, Dodot ikutan nunggu di dalem. Gue waktu itu orang ke-2 yg dateng. Total yg senam hamil sekitar 5-6 orang, dan pas minggu pertama ini, semuanya kompak lagi pada bawa suaminya masing2. Ruangannya cukup dingin, ga ngegerahin gitu lah pokoknya, trus cahaya redup dan bikin pewe. Well, actually gue suka sih sama aura RS Asih yg lebih kayak rumah yaa drpd RS, jd pas senam pun sama juga, suasananya tenang gitu… jadinya konsen bgt sama arahan Bu Bidan. Di senam hamil ini diajarin gerakan kaki biar ga kram, cara napas yg bener kalo mulai kontraksi, posisi tidur miring kanan kiri, dsb dsb.. setiap gerakan ada tujuan dan fungsinya dan itu dijabarkan dengan sangat jelas. Gue sampe terbengong2 kayak anak sekolah baru dpt ilmu baru gitu hehehe.. dan pas nengok ke Dodot pun, ternyata dia juga nyimak lho setiap perkataan bu Bidan, pasti deh nih norak mode on juga sama ky gue hehehe..

Pas mendekati akhir, ada sesi latihan mengejan (ngeden), tapi baru boleh utk yg hamilnya minimal 36 minggu. Nah gue pas pertama kesana, masih jd pengamat, eh pas pertemuan kedua Sabtu lalu, akhirnya bisa latihan juga. Si Dodot dari awal udah penasaran dgn latihan ngeden ini karena kan suami diminta ikut bantu pegangin istrinya yah dari belakang, nah dia seneng bgt pas akhirnya bisa mempraktekkin… bahkan dari minggu pertama senam sampe pertemuan minggu depannya itu, Dodot selalu bahas, “nanti aku bantuin kamu latihan ngejan dong yaaa sabtu besok??” hehehe semangat bgt pak..

Oya, gue juga sempet nanya ke bidan Penny bhw posisi bayi gue melintang dan bahkan terkahir kontrol malah jd sungsang dgn tali puser melilit lehernya. Trus bu bidan tetap nenangin gw kalo you still have plenty of time utk olahraga dan membuat posisi bayi jd turun ke bawah.. dan dia anjurin untuk latihan nungging kayak yg tadi diajarin, yang mana ternyata memang sama dgn gerakan yang disuruh sama dokter gue. Cuma durasinya aja ygmusti lebih lama. Nahhh ini nih PR gue sampe skrg.. klo di rumah masihhh aja males nungging krn keburu capek, masih kenyang krn abis makan (melulu), dsb dsb.. Hufff.. semoga klo nanti udah cuti, bisa lebih intensif..

  1. Berikut sekilas rangkuman hasil 2x senam hamil di RSB Asih :
    Jadwalnya : (klo ga salah dgr ya), yg pagi itu, Rabu dan Sabtu. Kalo Sabtu ada 3 gelombang, jam 8, trus jam 09:30, sama 12:30. Cuma yg sesi berikutnya gue ga prnh tau rame apa ga, soalnya ga pernah sesalipan ama bumil2 lain.. better sih shift pagi yah, jd bisa brgkt pagi2, belom macet, belom keringetan hehe
  2. Ongkos per kedatangan : Rp. 40,000
  3. Bawa kostum hamil sendiri, biasanya gw pake legging dan kaos gombrong sih..
  4. Suami boleh masuk. Tp klo suaminya ga dateng, trus mau dateng sendirian sih cuek2 aja gpp kok..
  5. Abis senam dapet the hangat sama air putih. Mayan..
  6. Akses untuk bertanya ke bidannya sangat terbuka lebar. Bisa nanya sepuasnya klo ada pertanyaan2 bodoh di kepala..
  7. Selama kemarin ikut 2x, ada aja gerakan yang baru sih, yg dikasih tau. Ga full semua baru, tp di-combine.. jd referensi kita ga itu2 aja..

Jadi kesimpulannya dari hasil 2x ikutan senam :

  • GUE KETAGIHAN.
  • Of course akan datang lagi, cuma jadwalnya minggu pertengahan Mei ini jd agak kacau karena bnyk tgl merah dan bidan Penny kasihtau klo dia cuti panjang sampe tgl 20-an Mei. Jadilah gue kayaknya baru bisa mule dateng senam lagi di tgl 20-an Mei, karena sampe tgl 13 (Rabu), ga bs ikut sesi pagi krn masih kerja)…
  • In my opinion, senam hamil ini efeknya sih lebih ke psikologis yaa ke gue.. maksudnya: gue jd lebih hepi, lebih rileks, dan pengalaman baru bangettt buat gue, dimana gue dijejerin smaa ibu2 hamdun lainnya, jadi ada rasa senasib sepenanggungan gitu.. efeknya di Dodot pun demikian, dia seneng krn itu new experience buat dia dan berasa semakin “bapak-bapak”. Hehehe. Jadi, walopun misalnya (jangan sampe sih ya), dedek harus lahir lewat operasi, gue akan mematangkan niat utk tetap dateng senam sampe semaksimal usia kandungannya dedek nanti.. intinya, selama belom brojol2, gakue akan dateng.
  • Senam hamil itu ternyata penting ya, buat nambah wawasan kita terutama yg hamil anak pertama dan bloon kayak gue. Minimal gue jd kebayang apa yg akan gue hadapi pas bersalin nanti. Semoga aja gak lupa ya.. Dodot sih untungnya inget bgt latihan napasnya, jd semoga dia bisa ngingetin gue klo gue nanti panik hehehe *gue gitu lho*
  • Dodot naksir suasana rumah sakit Asih. Iya sih emang homey banget. Gue pun sempat terpikri, apa nanti kalo hamil lagi kontrol dan lahirannya di Asih aja ya??… gue bilang ke Dodot, kalo dikasih rejeki anak kedua, pasti usia gue makin menua (lebay), kynya udah ngap-ngapan klo ke Budi Kemuliaan lagi, jd mungkin aja pindah ke Asih. Sisa nantinya pilih2 dokter obgyn lagi dr awal, kok ya masih ragu2 hehehee udah sreg ama dr. Alwin soalnya. Ya kita liat nanti deh yaa..
  • Sekarang lagi coba cari jdwl alterntaif di RS lain, jd bisa ikut jdwl dr 2 RS yg berbeda (oke, gue kerajinan).. soalnya gue merasa gue telatt bgt nih ikutan senam. Hiks.. mengingta dedek kayaknya udah mau brojol aja kan.. belom puas gituuu… 😀

So, merangkum semuanya, gue simpulkan bahwa : nyoba senam hamil itu very recommended buat bumil2 baru khususnya, trus senam hamil di Asih itu penilaian gue very satisfying deh, skala 8/10. Belom nyoba RS lain sih jd ga bisa compare, tp dgn segala effort yg gue keluarkan, mule dr bangun pagi, uang, tenaga, semua terbayar dan gue ga nyesel.

Tentang Lipstik dan Mitos Hamil Anak Perempuan

Pada dasarnya gue adalah tipe orang yang masih sanggup hidup bahagia dengan 1 (satu) lipstick aja sih.
Gue pun bukan tipe yang mudah tergoda sama lipstick-lipstik yang berjejer di counter mall-mall terkemuka. Tapi semua itu berubah sejak gue hamil hehehe..
Gue gatau sih apa bener ada hubungannya atau nggak, dulu tuh, dulu means itungannya pas masa-masa remaja, single, kuliah, kerja pokoknya sebelum nikah deh.. beli lipstick itu kebutuhan tersier banget buat gue, setelah nonton bioskop, makan, baju baru, jins, sepatu, tas, dsb dsb.. bukannya tomboy apa gimana, ya ga juga sih, gue masih dandan keles, cuma kan skrg kayaknya dimana2 cewek hebooh dgn koleksi lipstiknya yah, nah gue agak heran dan menunjuk diri sendiri gitu, apakah ada yang salah dgn gue??
Sampe akhirnya gue hamil dan sejak usia kandungan 3 atau 4 bulan, gue mulai suka sama benda bernama lipstick. (ini yg gue blg, ada hubungannya apa ga ya, kehamilan dengan lipstick).
Dimulai sbnrnya dari ada temen sekantor yg masih abg muda kiyis2 yang kerjaannya mantengin instagram khusus untuk OL shop belanja make up, gituuu.. gue yg ga pny Instagram kan kepo ya, trus mulai suka ikut2 liat dan terhibur dengan foto2 aneka merk lipstick dan warna warninya, walopun belom sampe beli sih..
Sebelum nikah, pas masih kerja, kuliah di Depok, gue punya lipstik itu cuma 1. Eh 2 ding, yang 1 itu sisaan lipstick adek gue / nyokap gue yg udah setengah potong, trs mgkn udh bosen jd dihibahi ke gue (karena eneg kali ya , gue mintain terus, maklum deh klo kondangan kan pikiran gue klo mau beda warna ya gue minta punya mereka dong, toh bbrp oles doang).. Untungnya gue selalu kerja di kantor yang ga menuntut karyawannya untuk rapi dandan medok setiap hari sampe jam pulang ya, kalo iya kan amsyong bgt scaraa gue ga betah dandan yg medok2 apalagi buat kerja zzzz (kecuali ada interview atau psikotes, gue baru deh agak2 cakep dikit ha ha ha)..
Nah berbekal 1 lipstik milik sendiri ditambah 1 lipstik lungsuran, gue menjalani hidup dengan damai sentosa. Bahkan lipstick lungsuran itu bener2 udah habiss tumpul poll yg sisanya lo harus ambil pake jari telunjuk trus lo olesin ke bibir (karena gue la yaaa, mana punya kuas lipstick ceuu).. I mean, segitu malesnya beli lipstick baru klo ga bener2 habiss biss..
Sampe akhirnya nih yang keinget aja yaaa.. lipstick baru yg gue punya adalah LIpstik Wardah yang manapun paketan dari kado sesrahan pas lamaran hahahaahahahaha.. itu jg gue belinya asal aja, main tunjuk, karena kebutuhan seserahan dl emang ga niat2 amet, belinya dadakan jd ga pilih2 warna, beli yg netral aja gue main tunjuk si Dodot sisa bayar. Sampe skrg, udah hamper setahun, tu lipstick masih awet. Di awal2 pemakaiannya, gue malah mensakralkan liptik itu khusus untuk kondangan doang, pdhl daya tahannya juga biasa aja sih, jd pasti abis makan2 di pesta, udah pudar warnanya dan gue ga touch up HAHAHA.. sampah banget.. baru deh pas lipstick lungsuran yg gue sebut tadi udah sekarat, si Wardah naik kasta jd lipstick sehari-hari, anak tunggal kesayangan yang gue bawa kemana2..
Sampe akhirnya gue hamil dan mulai seneng liat2 instagram lipstick di OL shop (as I told you before), dan yang ini yg paling gong : tiap ke mall dan lewatin gerai kosmetik di Sogo, Centro atau Metro gitu, bawaannya pgn liat2 lisptik. Liat2 dan nyoba testernya dioles2in ke tangan gituuuuu!! Wakakaka.. kayaknya ada kebahagiaan tersendiri lhoh semacam syenanggg kayak abis digurah gitu bokk.. padahal mah ga jadi beli juga, Cuma sok2 asik nanya2, nyoba2, trus udah belepotan tangannya, baru gue pamit ke mbak2nya…
Sampe akhirnya gue dgr, baca dan jd tau sama merk Bourjois yg red velvet seriesnya laris manis dimana-mana. Agak kepo, gue pun ke counternya dan waktu itu gue disodorin 3 jenis warna yg beda.. coba coba tester eh ga jadi beli. Trus entah wangsit dr mana, merasa perlu punya warna lipstick yg lebih kentara emrahnya, soalnya yg Wardah kan warna netral bibir banget yaa.. alhasil belilah itu Borjouis, dan lucunya, belinya malah lewat online di Blibli.com, bukan beli di counternya wakakak, asal tau warnanya merah tanpa mikir gradasinya dsb dsb langsung tekan tombol BUY. Trus pas lisptiknya sampai, gue pake ke kantor dan gue inget sampe bos gue terheran2 kenapa anak buahnya ini jd centil berat. Waktu itu dia dan temen2 sekantor menduga hal yg sama : bawaan jabang bayi.
Gue sih menanggapinya nyengir-nyengir aja. Mulailah hari2 gue dengan 2 lipstik. Karena harganya lumayan mahal (bagi gue yg ga pernah beli lisptik seharga itu), gue pun irit2 makenya. Untung daya tahannya lama, bahkan gue cuci muka pake facial wash trus tambah cleanser dan toner masih suka ada bekasnya.. bener2 puas sih makenya dan I am happy indeeeeed…
Trus kepengen liat series lainnya Bourjois tp krn sold out ya udah lah yaaa.. sampe akhirnya gue ke PS suatu hari ama Dodot, trus tiba2 aja ga ada angina ga ada hujan, pengen ke counternya NYX. Wakaka.. Dodot sampe bingung, tp diiyain aja ama dia. Pas ke counternya di Metro PS, kondisinya saat itu lagi rame bgt ada segerombolan mbak2 cancikk modis yg lg milih2 lipstik dengan serunya. Si mbak2nya mau gam au fokus ke mereka ya, apalagi kayaknya mbak2 cancik ini hapal mati ama series dan nomer lisptik yg mereka mau, waooww berasa kayak di planet dan gue disamping mereka, seorang diri, bunting pula, dan cuma oles2 tester di tangan sambil manggut2 doang dan Dodot yg awalnya disamping gue malah melipir menjauh hahahahaaha.. langsung deh peran gender gue merasa bukan perempuan sejati gitu..
Karena merasa gue ga gt diprioritaskan, gue coba2 tuh semua testernya sampe setengah jam.. trus bingung sendiri akhirnya capciscus aja beli 1 warna merah agak marun gimana gitu dan kata Dodot sih oke (hadeuh di amah oke2 aja yaaah scara bagi dia warnanya sama2 aja ama lipstik Bourjois gue hahaha).. Trus abis beli tu lipstick rasanya super happy kayak abis dihipnotis dan diterapi gituu.. sampe rumah gue niat cobain pake acara cuci muka dulu, wah sesuatu yg ga pernah terjadi seumur2 deh.. Dodot bahkan nanya, “kamu dulu emang klo beli lipstick kemana sih? Ama siapa?” saking menurut di ague ga suitable bgt ama counter NYX tadi, ketauan bgt cengok-nya hahaha ya maap deh gue kan beli lipstick di Giant juga udah sukur yaa…
Si NYX ini awalnya gue pake khusus kondangan doang krn warnanya mudah mencolok gitu dengan sekali olesan. Oke, gue skrg punya 3 lipstik. Cuma karena gue taro di pouch yg gw bawa2 ke kantor, akhirnya jd suka digilir juga ama si Wardah dan Bourjois.. trus belakangan tu lipstick udh bbrp kali jatoh ke lantai dan pecah kemasannya, lipstiknya sih masih awet tapi tutupnya udah retak hikss.. tapi masih gue simpen (biasa.. prinsip ekonomis hehehe)…
Nah barusan pas makan siang, gue mampir ke Centro Plangi dan ngeliat counter2 kosmetik. Dari iseng2 laper mata, entah kenapa kebeli juga satu buah lipbalm Moisture Boost-nya Silky Girl 59,000 Rupiah saja.. hahahha warnanya pun merah merona.. enak sih dipakenya. Pas sampe kantor gue langsung cuci muka bersihin bibir dan make tu lipstick wakakak..
Jadilah ini stok lipstik2 gue untuk 10 tahun ke depan.

lipstik yang gue pake saat ini

lipstik yang gue pake saat ini

Gue bahkan belom kepikiran beli stroller yg cocok buat anak gue atau another baby’s stuff walopun belanja keperluan bayi sih udah yg primer2 doang. Jadi, dengan ini, gue terima kado bayi apa aja deh, hahahaha (secara dananya udh dialokasikan buat lipstick banget mbak?)
Kalo kata nya siiih, katanya anak gue cewek mamaknya gue jd suka dandan dan genit2 gitu. Di USG emang cewe sihhh, tapi gatau apakah soal jenis kelamin dan kelebayan gue sama lipstick ini memang ada hubungannya apa gak, y ague sih hepi2 aja.. gatau deh nanti klo anak gue udah lahir, jangan2 ni lipstick malah lupa gue pake dan berdebu kadaluwarsa =D

Pertempuran Menumpas Stretch Marks

Sebelum perut gue keliatan bump-nya, sebenernya gue udah mulai jaga-jaga kalo nantinya akan ada stretchmarks dengan cara olesin minyak zaitunnya Mustika Ratu secara rutin tiap abis mandi. Trus kadang gue ganti-ganti sama cream stretch marks nya Vienna yang membawa nuansa dingin dingin adem gimana gituu..buat preventif aja sih. Trus nyokap cerita klo anak tetangga ada yang abis lahiran dan pake baby oil untuk ngilangin stretch marks, maka pun gue ikutan coba pake baby oil, gue pake johnsons and johnsons (biasanya baby oil ini gue beli kemasan kecil jd bisa gue bawa2 ke kantor dan gue olesin kalo2 mule kering kulitnya), intinya dari trimester pertama sebenernya udah jaga-jaga.

Namunn…

Kondisi parah dimana stretch marks itu menyerang ada di minggu ke 21 (gue sampe catet di agenda gue bahwa hari itu gue terserang gatal2 luar biasa yg disinyalir adalah bakal2 stretchmarks), ditandai juga dgn keinginan menggaruk yang sangat hebat. Kejadiannya tentu saja di kantor ya, karena pas lagi hari kerja. Pas di ruangan sih gue tahan2 untuk garuk dr luar aja atau ga gue usep2 perut padahal lg ngegaruk.. serius guatelll bgt, plus ditambah kuku gue kan emg ga panjang ya tp justru tajem yg mana biasa kalo kondisi normal trus gatel2 suka ninggalin bekas kayak cakaran kebaret2 gitu (ga dlm kondisi hamil), nah jd kebayang deh saat kejadian gatel2 gue udah takut bakal ninggalin bekas cakaran yg hebat di perut. Dan ternyata benar. Karena pas pulangnya, malemnya, ngaca dhuarrr.. perut semerah-merahnya. Gue aja ampe ngeri liatnya. Merah kayak biduran campur digigit ulet bulu gitu lhooo.. and still gatell bgt. Karena udah keliatan baby-bumpnya, jadi berasa susah ngegaruknya apalagi (sori) di bagian perut bawah yang hamper nyentuh bikini line situ.. hhhhhhh… akhirnya pertolongan perdana nya diolesin minyak zaitun dengan bar-bar sampe tidur lengket2 minyak. Lumayan lah membantu meredakan walopun ga 100%. Paginya, udah ga begitu gatel, tapi Voila, bekas merah2 masih ada dan kayaknya akan permanen, hiksss… hari pun berlalu dan gue masih setia dengan 3 pilihan “obat stretch marks” yg gue pake tersebut. Pas kontrol ke dokter gue juga blg soal gatel2 gue dan menurutnya itu wajar plus emg dia ga suka kasih obat aneh2 ya tipenya jadilah dia ga masalah gue pake minyak zaitun Mustika Ratu. Yo wes…

Sampe tibalah minggu ke 27-28, pokoknya sekitar 7 bulan lewat lah, sampe detik ini.

Diawali dengan kejadian gatal2 ga nahan pengen garuk dan akhirnya emang gue garuk2 sih (salah gue juga), cuma ini kadarnya dobel drpd pas yang pertama kali. Sambil kerja di kantor gue browsing2 mengenai krim2 kulit yg biasa dipake ibu2 yg kena stretch marks. Trus, gue memutuskan untuk mencoba beberapa diantaranya. Yes, beberapa. Jadi nih, dalam seminggu gue nyoba merk A, trus merk A belom abis gue latah nyoba merk B, eh ada merk C juga akhirnya beli juga huehuehue… ini beberapa yang udah gue coba :

beberapa produk yang gue pake

beberapa produk yg gue pake

  1. Minyak zaitun Mustika Ratu
    Ini produk paling perdana yang gue beli untuk nyembuhin stretch marks. Oke sih. Jadi dia bisa buat skalian pijet gitu lho, multifungsi klo pas lagi ada tukang pijet dating ke rumah hehehe.. wanginya enak trus emg berasa ngelembabin banget dan mungkin klo kondisi normal emg melembutkan kulit kali ya.. gue rutin pake ini pas trimester2 awal sperti yg gw ceritain diatas. Kalo dipake kebanyakan emang jd lengket gitu yaiyalah namanya juga minyak hehee.. sampe skrg usia kehamilan mau 9 bulan, masih ada di lemari, walopun penggunaannya lagi dikalahkan ama merk2 lain nih maklum namanya jg laper mata. Gue sih akan repurchase lagi kalo2 ni minyak nanti abis.
  2. Johnsons & Johnsons Baby Oil
    Ini gue pake sbg subtitusi dr minyak zaitun, karena rempong yaa bawa2 tu minyak ke kantor, alhasil gue belilah johnsons and Johnsons ini yg ukuran kecil biar muat masuk tas make up dan biasnaya gue olesin pas lg di kantor. simply ngelembabin aja. Efeknya sih gue ga gt kerasa gmn bgt ya, lebih ke ngelembabin, so I don’t expect much. Ada yg bilang sih emang buat bbrp org bisa ngilangin stretch marks, Cuma kayaknya di gue ga sampe seampuh itu. Keuntungannya ini wanginya pure oil bgt gue suka.. ya namanya jg buat bayi ya.. Sampe skrg masih ada sih di kotak make up cuma kayaknya gue ga akan repurchase ini lagi, biar dedek yg mae aja deh klo nanti dia lahir hehehe…
  3. Vienna stretch Mark Cream
    Ini belinya ga sengaja, pas lagi nginep di rumah mertua, gue kan males ya bawa2 minyak zaitun mustika ratu itu kemana2 takut tumpah dsb dsb jadi pas nginep ini, gue mampir ke toko Dan-dan dan nemu stretchmarks cream ini.. bentuknya kayak lotion tp agak padet teksturnya, dalam tube gitu.. efeknya klo diolesin dingin2 adem. Suka deh. Apalagi klo abis mandi jd kerasa enak di perut. Cuma sejak hamil 7 bulan, sejak terakhir kali nginep di sana, gue ga pernah pake lg, tu cream ada di rumah mertua gue … gue ga purchase lebih karena gue jarang nemu di Indomaret atau Giant gatau kenapa trus gue pgn coba yg lain juga sih.
  4. Palmer’s Skin Therapy Oil
    Nah ini sbnrnya karena darurat, dan pas lagi ada duit sih secara harganya 140 ribuan untuk ukuran yang paling kecil huff.. Gue tadinya pgn beli yg anti gatalnya palmer’s, gue pernah liat di Hero PS tapi waktu liat itu, ga beli..agak nyesel. Belom sempet2 ke PS lagi dan gue beli ini deh di Guardian sejak kasus gue gatel2 di kantor sampe biduran gitu. Overall, efeknya sangat bagus di gue. Jadi, di perut yg tadinya merah2 semua, jd ilang merah2nya, agak menghitam skrg, masih ada sih stretch marksnya tp mending lah yaa.. wanginya enak, gue beli yg warna merah, ada aroma agak2 wangi bunga gitu… trus kalo diolesin di bekas cakaran gue yg tajem2 kayak kebaret, dia ga bikin perih. Oya, sampe skrg, stretch mark gue udah merambah ke paha bagian atas lohhh gila deh.. sama pantat2 segala.. bener2 sampe malu gue ke dokter klo kontrol. Tapi dokter gue cuek sih krn mnurut dia itu wajar dan ga ganggu si dedek bayi jd perawatannya dia serahkan ke gue, alias dia ga kasih salep2 atau obat tertentu.. Karen mahal, gue irit lah makenya hehehe. Tapi kalo nanti oil ini abis, gue mau ganti Palmer’s yg lotion khusus stretch marks aja sbg gantinya. *latah again*
  5. The Body Shop Olive Body Butter
    Gue belinya iseng sih, karena lagi ada promo, jd gue dapet edisi kemasan kecilnya. Dari dulu gue ga pernah suka ama series nya TBS apalagi hand body lotionnya karena bikin lengket. Nah klo body butter gue belom pernah coba jd si Olive ini adalha cinta pertama gue ama TBS body butter. Enaaaaakkk bgt. Wanginya enak, dan ngelembabinnya tahan lama. Trus ga kayak oil2 based yang lain, ini ga ninggalin bekas basah di baju, jd nyaman bgt deh. Apa mgkn krn kulit2 gue yg terserang stretch marks lagi meregang luar biasa, jd berasa terobati dgn body butter itu. cuma setelah gw browsing2, ada baiknya nyoba yg shea body butter klo buat stretch marks, jadi pas Olive ini habis (yg mna ga nyampe seminggu udah abis gue pake terus hahaha), gue nunda beli lagi dang anti shea body butter.
  6. The Body Shop Shea Body Butter
    Actually inilah awal kebangkrutan gue dalam hal menumpas stretch marks. GImana gak? Ini produk harganya aja 229,000 yahh.. emang sih tobb banget gue akuin deh. Gue ga heran kenapa jd best seller dan ga pernah kena diskon tiap TBS lg promo2 di storenya. Shea ini rekomendasi temen kantor yg emang udh pernah nyoba dan enak. Bukan khusus rekomendasi buat stretch marks sihhhh… tp klo Googling, bayak yg coock pake seri Shea ini biar mulus kulitnya. Di gue??? Ya ga lantas jd mulus sih, tp gue suka sama lembabnya. Kalo abis mandi selalu gue olesin dengan bertubi2 alhasil dlm 2 minggu langsung ludesssssss (there goes my money) hahaha. Efeknya lumayan sih, jd klo diolesin pagi2 sebelum ke kantor, di kantor gue anteng bgt ga berasa gatel, mgkn krn celana hamil gue ketat membungkus juga dan kelembabannya yang ekstra jd gatel2nya ilang.
  7. The Body Shop Cocoa Body Butter
    Ini baruuu bgt gue pakenya. Gara2 shea-nya sebotol2 gt abis cepet bgt, gue beli lagi ke store trus mbak2 SPG nya rekomenin yg seri Cocoa lebih afdol untuk ibu hamil. Ya udha terbujuklah gue, ada diskon 10% pula… Wanginya enakkk juga kok, pokoknya untuk merawat kulit pas hamil, gue rekomen deh 3 varian TBS body butter ini (olive, shea, cocoa). Walopun ekspektasinya jgn langsung ngarep stretchmarknya ilang yaa.. of course gue akan repurchase sih..
  8. Nivea Cream (yang biru)
    Ini juga belinya kemakan salah satu blog pas lg blogwalking hahahaha.. katanya sih resep nenek2 jaman dl kalo stretch marks. Di gue ga gt keliatan efeknya, selain suka kalah pesona ama TBS, gue kurang suka ama tekstur creamnya hahahah basi bgt. Tau kan nivea cream yang biru ini suka dipake buat tabir surya sun block kalo lagi rennag pas jaman SD?? Padahal ga ada SPF nya ga paham dehh.. Kalo pas gue pake, akan ninggalin efek putih gt di kulit, melembabkan sih iya, tp bukan yang nyerep gitu.
    Yang ini gue ga akan repurchase.
  9. Caladine lotion cair anti gatal
    Ini gue makenya pas di rumah ternyata gue sadar gue punya, karena Dodot juga suka keringet buntet gitu kan. Alhasil gue coba pake. Oya, ini bukan buat stretchmarknya tp buat gatel2nya. Jd kalo tu gatel2 menyerang, gue langsung olesin ini aja sbg pertolongan pertama. Yah anggeplah ky lagi biang keringet. Efeknya bagus, jd adem dan gatel2nya berhenti. Tapi gue pake ini bukan buat perawatan ya, lebih klo pas gatel aja. Of course akan repurchase secara sampe 35 weeks masih aja gatel2.

Nah itu yg udah gue pake, banyak ya? Hahaaha itupun gue belom puas dan masih kepengen coba-coba produk lain. Gue pengen coba body butternya Palmer’s, Body butter Zaitunnya Mustika Ratu (yg mana dua2nya lebih murah dr TBS), gue penasaran ama Bio Oil yg ada di Guardian, Stretch Marks Creamnya Mothercare, ama satu produk dr hasil online browsing namanya Cocona Nature Stretch Mark Cream. Hehe…banyak deh. Mungkin efek centil juga kali ya selama hamil bawaannya ga tahan liat perawatan kulit macem body lotion ama body butter, apalagi klo yg ditambah embel2 bisa ngilangin stretch marks 😀

Pregnancy Update #3

Jadi, apa aja yang sudah gue persiapkan menjelang trimester ketiga?

Tentunya di luar drama kumbara dgn pertanyaan kapan idealnya ambil cuti melahirkan yang ora uwis-uwis sampe skrg yaaah..

Pas gue nulis blog ini, gue udah masuk minggu ke-30. Hmm.. belom begitu ketara ekstrimnya sih dgn minggu-minggu sebelumnya, Alhamdulillah, di perut dedeknya masih aktif gerak2, kadang tengah malem as in diatas jam 1 malem, kadang pas gue pulang kantor, kadang pagi2.. random aja sih gue juga ga pernah ngitungin yg detil macem pake aplikasi Android apaaa itulah namanya, tp gue sadar diri aja, ohh gerak2 nih jam2 segini, blabla..
Gue belum nimbang berat badan lagi, karena jadwal ke dokter masih 1 bulan sekali, jadi nanti baru pas minggu ke 33 ke dokter lagi.. secara garis besar sih, berat badan bayinya sudah sesuai usia kandungan, Cuma kok dr analisa sotoy gue, kayaknya lemaknya banyak yg nempel di gue drpd bayinya gitu.. but everything’s normal sih semoga seterusnya yaaa aminnn. Oya, sampe minggu ini gue belom pernah USG 4D, antara pengen dan ga pengen karena kok mahal yaa *medit* trs klo mau ke dokter yg bagus hasil browsing2 di internet, waiting list nya parah2, jadi males.. tp di sisi lain sbnrnya setengah puas sama hasil USG setiap ke dokter. Karena gambar print nya kurang jelas (apa gw yg ga bisa baca kali ya? Haha), trus posisi dedek di perut sampe saat ini kepalanya masih diatas gitu, jd tiap di print ya cuma kepala doang, atau kaki doang, ga pernah utuh kayak badan bayi gituu.. jd belum berasa “uuuwwwww unyu amet”-mode on seperti ibu2 lain mungkin yaa (pada umumnya). Jadi, kesimpulannya, Bismillah aja lah ya , positive thinking walopun masih ngandelin USG jadul hehe..

Hmm, belanja perlengkapan bayi udah??
Jawabnya….UDAHHHH…
Tapiiiiii…. Mungkin masih banyak yg kurang. Duh gatau juga sih, klo dipikir2 gue ini sangatlah cuek sama urusan belanja perlengkapan bayi. Sukaaa sih ama belanjanya, tapi makin gue browsing mana yg penting mana yg gak, makin gue pusing, alhasil ya patokan gue adalah nyokap sendiri yang mana adalah Ibu-ibu era Orde Baru alias ketinggalan jaman ceuuu.. suatu weekend ke ITC Kuningan sama nyokap dan adek dan Dodot, milih bbrp (yg katanya) kebutuhan dasar, dan yg akhirnya kebeli itu : popok kain, baju lengan pendek, celana pop, terusan jumper yg buat tidur itu, perlak, gurita bayi, bedong, selimut tebel yg ada hoodienya kalo abis keluar RS, tempat tidur bayi yg kayak tudung saji gitu (udah se set ama bantal guling) karena memang gw pgn dedek anti tidur satu kasur ama gue dan bapaknya.. Oh, gue juga udah beli breastpump Unimom mezzo (harganya yg mursidah aja dulu yaaa, dan pas gue google mayan banyak rekomendasi positif soal merk ini), trs handuk bayi, hmm apalagi yaa. Topi bayi, guntingan kuku bayi, kaos tangan dan kaki, washlap, aduhh lupa apa lagi, ga begitu banyak sih, kecuali popok kaen, sisanya minimal 1 lusin, yang mana kalo kata nyokap, dia udah niat mulia mau langsung cuciin once si dedek ngompol, jd ga usah banyak2 popoknya hahahahaha hadeuhhh iyain aja deh yaaa.. Trs 2 minggu setelahnya, nyokap pas lg jalan sama temennya, nambahin beli bak mandi bayi sama baby bathernya..
Untuk soal belanja ini, gue sih berprinsip hemat2 dan irit aja soalnya bayi kan cepet gede, jd kebutuhan primernya dulu dehh diutamain (gatau deh list diatas itu udh itungannya primer apa bukan).. toh nanti bisa browsing2 lagi klo dedek lahir dan kita ga tau kan ya perkembangan berat badannya akan sepesat apa, jd nanti2 aja deh… (ibu pemalas). Beberapa barang ga dibeli karena….ngarep dikadoin. Wakakakak.. cetek bgt yaa.. tp ada 1 bouncer yg rencan emg minta disodorin ke slh satu tante untuk jd kado, akrena dia juga nanya gue maunya apa 😀
Stroller belum beli sampe skrg karena galau, mau minjem apa beli, mau beli baru apa second aja (brb ke Pasar Rumput).. TRs mau beli buat gendong2 bayi yg kayak bayi kemulan gituu tuh tp kok mahal ya, yowes ngarep dikadoin aja deh, cooler bag jg ngarep dikadoin hahahaha..miris

Kalau tujuh bulanan??
Hmm, atas diskusi dengan nyokap, sekeluarga memutuskan untuk ga ngadain tujuh bulanan as in pengajian atau upacara adat ala2.. karena sesederhana : repot ceuu.. plus kan ga yang wajib jg kan yaaa.. gue pun sbnrnya ga enak sama nyokap karena pasti ujung2nya dia yg akan jd seksi repot dan ujung2nya akan minta bala bantuan tante2 gue yg mencar2 di penjuru Ibu Kota utk ke rumah dan itu malah bikin rempong dobel, jd inget pas nikahan dulu hahaha.. jadi karena gak enak itu lah, pas ngajak ngobrol nyokap untungnya dia jg mau ngaku kalo udah agak2 ga sanggup yaa musti urus sendiri walopun cuma pengajian. Nah, gue sama Dodot udah ada plan B kita berdua, jadi ceritanya ada laaah sejumlah dana yg kami sisihkan khusus buat memperingati 7 bulanan ini. Aslinya, dana ini akan digunakan klo memang mau ada pengajian, dsb jd buat biaya2 ke sana, nah berhubung ga jadi, kami mau alihkan ke yayasan yatim piatu aja buat disumbangin, sekalian minta doa dsb semacam itu.. kebetulan deket rumah ada panti asuhan.. Insya Allah awal bulan depan bisa terwujud, aminn..

Trus apa lagi ya,
Oya, emang ya menjelang 8 bulan ini, gue membenarkan apa kata pepatah, tiap anak ada rejekinya.. atau istilah “rejekinya bayi”.. karena pas bulan ini, bonus tahunan turun, mayannn deh yaaaa, trus bulan lalu Dodot jg dapet insentif, mayann bangettt… trus gue dpt kabar lagi untuk jd assessor weekend (stlh sekian lama), jd semangat lagi walopun deg degannnn karena usia kandungan semakin menua tp masih nerima kerjaan weekend hehehe ya bismillah ya dek semoga emang rejeki kamu…

Trus PR dari dokter : kurangi makan sambel (biar kaki ga bengkak karena garamnya) yg mana ini bikin gw ama Dodot suka rebut cuma masalah sambel hahahaha biasa deh gue kan istri durhaka suka ga nurut.. wkwkwkwk. Trus order untuk ikutan senam hamil belum turun2 nih, gatau kenapa dokternya ga urge banget suruh gue senam, apa karena belum ya??? *guenya yg ga sabar* kita confirm lagi kontrol berikutnya deh.. Guer malah disuruh banyak2 nungging atau sujud biar kepala bayinya turun.. yg mana ini belum rutin jg gue lakuin huaaaa gue males banget yaa gatau knp, belom berasa insafnya kalo dedek akan lahir dlm bbrp minggu ke depan.. ampun dijeee..

Oya, Bra menyusui baru beli 1 doang itupun beli di CBD Ciledug tanpa merk wakakakak.. bingung takut toket membesar dan merasa (lagi2 merasa) masih bisa ntar2 aja deh.. yailahh..
Segitu dulu updatenya ya.